Home Dunia Fashion Bahan Balotelli, Karakteristik, Jenis dan Penggunaannya Yang Harus Sahabat Ketahui

Bahan Balotelli, Karakteristik, Jenis dan Penggunaannya Yang Harus Sahabat Ketahui

5
128583

GamisJilbabSyari.com – Hai sahabat muslimah, bertemu lagi dengan tim GamisJilbabSyari untuk membahas bahan-bahan kain yang biasa sahabat pakai untuk membuat berbagai macam busana muslimah. Kalau membahas busana muslimah dan berbagai pernikanya memang sangatlah banyak dan sangat menyenangkan untuk mengupas satu persatu dengan detil sehingga akan banyak ilmu pengetahuan tentang fashion dan tentunya jenis bahan kain yang akan didapatkan. Dengan menambah ilmu pengetahuan ini nantinya dapat sahabat aplikasikan pada saat membutuhkannya.

Pada kesempatan sebelumnya sudah kami uraikan secara lengkap tentang bahan wolfis, kelebihan dan kekurangannya serta bagaimana penggunaannya yang mesti sahabat ketahui. Namun sebelumnya kami juga sudah mengangkat artikel tentang berbagai jenis bahan katun yang beredar di pasaran mulai dari jenis katun biasa sampai jenis katun jepang yang berkualitas premium (baca: Inilah Jenis Bahan Katun Dan Ciri-cirinya yang Wajib Sahabat Ketahui).

Nah pada artikel kali ini kita akan menjelaskan tentang pengertian bahan kain balotelli yang nampaknya sudah mulai familiar di telinga namun sepertinya masih belum diketahui olah banyak orang. Padahal bahan ini mempunyai ciri dan karakteristik yang khas sehingga banyak desainer yang menyukainya. Hal ini menjadikan para desainer banyak yang mengaplikasikannya di busana muslimah yang dibuatnya.

Namun sebelumnya apakah sahabat sudah mengetahui tentang bahan kain ini? Nah jika sahabat muslimah belum begitu mengetahui banyak hal mengenai jenis bahan kain balotelli ini, maka ini adalah saat yang tepat untuk mendapatkan banyak informasi mengenai bahan kain ini.

Apakah Bahan Kain Balotelli Itu?

Bahan Balotelli adalah jenis bahan kain yang mempunyai ciri khas yaitu berupa tekstur kotak-kotak kecil yang membentuk garis-garis. Jika sahabat melihat pola garis-garis tersebut kalau dari kejauhan maka akan kembali membentuk skema kotak-kotak yang lebih besar. Skema kotak-kotak ini juga membentuk pola dan tersusun secara teratur.

Jika dilihat dari bahan penyusunnya maka jenis bahan balotelli ini sebenarnya adalah bahan tekstil yang masuk kedalam kategori kain katun. Namun karena beberapa perbedaan sifat diantara keduanya maka banyak yang menyebutnya sebagai bahan balotelli atau kain balotelli saja tanpa menambahkan istilah “katun”.

Contoh Bahan Kain Balotelli
Contoh Bahan Kain Balotelli image: internet

Karakteristik dan Keunggulan dari Bahan Balotelli

Saat ini bahan balotelli sudah menjadi salah satu bahan pakaian yang sangat populer bagi kaum muslimah. Bahan ini digunakan untuk bahan pembuatan busana muslimah seperti gamis syar‘i, blouse formal, kemeja dan juga celana panjang. Nah bagi Sahabat muslimah yang mempunyai banyak koleksi baju gamis dari bahan ini tentunya perlu perhatian ekstra agar awet dan tidak mudah rusak, silahkan baca: Tips Mudah Merawat Gamis Dengan Bahan Kain Balotelli.

Baca Juga:  16 Model Gaun Pengantin Muslimah Terbaru

Bahan kain balotelli ini mempunyai karakteristik dan ciri-ciri yang istimewa dan tidak didapatkan pada bahan kain jenis lainnya. Keunggulan dan kelebihannya ini menjadikannya banyak disukai dan dipakai sebagai bahan pembuat pakaian.

Hal yang membedakan antara bahan balotelli dengan bahan kain lainnya adalah jika diterawang bahan ini memiliki tekstur garis pada seratnya. Sehingga untuk memastikan apakah bahan yang ditawarkan adalah bahan baloteli atau bukan, sahabat tinggal meraba dan merasakan teksturnya. Jika diraba maka kain balotelli sedikit kasar karena garis garis yang terdapat pada teksturnya.

Selain keistimewaan dari sifat kain balotelli ini yang membuatnya banyak digunakan untuk busana muslimah, ternyata ada sifat lainnya yang sesuai dengan syariat Islam dalam memakai busana muslimah yaitu bahan yang dipakai tidak menerawang dan juga tidak mudah melekat ke tubuh atau menampilkan lekuk tubuh. Nah dari bahan baloteli ini bisa memenuhi persyaratan tersebut sehingga makin banyak yang menggunakannya sebagai busana muslimah seperti gamis syar’i ini.

Permukaan serat bahan balotelli
Permukaan serat bahan balotelli. image: internet

Hal lain yang berpengaruh pada kepuasan pengguna busana yang berasal dari bahan balotelli ini adalah bahan ini mempunyai warna yang banyak macamnya, mulai dari polos dan motif serta warna-warna yang cerah. Itulah mengapa kain ini diianggap sebagai salah satu bahan pakaian terbaik yang disukai oleh para desainer.

Keunggulan dan karakteristik bahan balotelli

Kelebihan yang dapat sahabat dapatkan dari jenis bahan baloteli ini antara lain:

  • – mempunyai serat kain yang rapat
  • – tidak menerawang
  • – bahannya tebal namun ringan ketika dibawa
  • – adem ketika digunakan

Dengan sifat dan kelebihannya yang disebutkan diatas ini membuat kain balotelli banyak yang menyukainya. Karakter dan sifatnya sangat cocok untuk dibuat berbagai macam pakaian dan busana muslimah seperti hijab, gamis, jubah, rok dan celana serta busana muslim lainnya.

Namun sebagaimana semua jenis bahan kain, jika ada keunggulan yang ditampilkan maka bahan tersebut juga pasti mempunyai kekurangan dari aspek yang lain yang belum bisa dihilangkan. Dan para peneliti hanya bisa mengurangi atau meminimalisir kekurangannya tersebut dengan mengeluarkan jenis bahan kain lainnya.

Kekurangan dari Bahan Kain Balotelli

Salah satu kekurangan dari jenis bahan balotelli ini adalah sifatnya yang agak kaku dan tidak jatuh seperti bahan wolfis. Namun bagi sahabat muslimah hal ini dapat disiasati dengan membuat model baju gamis dan pakaian yang longgar lainnya seperti jubah dan baju koko bagi laki-laki. Hal ini menjadikannya tidak akan terasa membentuk lekukan anggota tubuh.

Baca Juga:  Inilah Bahan Ceruti, Karakteristik, Ciri-cirinya dan Contoh Penggunaannya

Jenis Bahan Balotelli Yang Harus Sahabat Kenali

Sahabat muslimah, seperti halnya bahan kain lainnya maka jenis bahan kain balotelli ini juga mempunyai beberapa macam jenis yang dibedakan dari kualitasnya, mulai dari jenis yang paling bagus sampai dengan yang paling kasar. Setelah meriset di berbagai portal informasi tentang bahan kain maka kami dapatkan untuk jenis terbaik biasanya dinamakan dengan kain Zegna Italiano.

Bahan Zegna Italiano mempunyai model tekstur kain yang lebih jatuh dan lebih nyaman daripada bahan Balotelly biasa. Dari segi kualitasnya juga bahan kain Zegna Italiano benar-benar terasa unggulnya dibanding bahan yang biasa. Dimana bahan Balotelli biasa akan terasa lebih kaku dan mudah kusut. Hal ini akan berbeda dengan bahan Zegna Italiano. Sahabat muslimah akan merasakan kainnya lebih lemas, jatuh, tidak mudah kusut dan lebih lembut. Oleh karena itu bahan Zegna Italiano bisa dibilang sebagai bahan balotelli grade A+.

Namun kualitas memang berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan, seperti pada istilah Jawa “ono rego ono rupo.” Untuk bahan Zegna Italiano ini mempunyai harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan bahan baloteli grade dibawahnya. Dan sebagai perbandingan lagi, antara harga bahan balotelli Zegna Italiano juga lebih mahal dibandingkan dengan harga bahan wolfis.

Penggunaan Kain Balotelli

Penggunaan dari bahan baloteli ini banyak macamnya. Sahabat dapat menemukannya sebagai bahan busana muslimah terutama gamis syar’i, hijab, blouse dan juga rok, serta baju koko untuk laki-laki. Karena bahan ini cukup tebal namun lembut dan tidak transparan maka banyak yang menjadikannya sebagai bawahan.

Demikian sahabat muslimah artikel tentang Bahan Balotelli, Karakteristik dan Penggunaannya. Semoga dapat menambah wawasan tetang jenis kain yang akandipakai sebagai busana muslimah. Dan setelah membaca artikel ini jangan sampai sahabat keliru pada saat membelinya di pasaran ya?

Namun hal yang paling penting dalam memilih dan membeli bahan untuk busana muslimah adalah yang sesuai dengan syari’at Islam (silahkan baca: Busana Muslimah, Mengapa Harus Syar’i? ). Syariat Islam jika kita mematuhinya insya Allah akan menjadikan hati lebih tenang dan nyaman. Semoga bermanfaat.

5 COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: