Inilah Bahan Balotelli, Karakteristik dan Penggunaannya

0
31032

Hai sahabat muslimah, bertemu lagi dengan tim GamisJilbabSyari untuk membahas bahan-bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat busana muslimah. Nah kali ini kita akan menguraikan tentang bahan kain balotelli yang nampaknya juga banyak yang menyukainya serta mengaplikasikannya di busana muslimah yang dipakainya. Namun sebelumnya apakah sahabat sudah mengetahui tentang bahan kain ini? Jika belum maka artikel ini sangat bagus untuk sahabat baca.

Apakah Bahan Kain Balotelli Itu?

Sebelum mengetahui secara mendalam tentang bahan balotelli ini, sebaiknya sahabat mengetahui jenis dari bahan ini. Bahan balotelli ini sebenarnya adalah bahan tekstil yang masuk kedalam kategori kain katun, namun karena beberapa perbedaan sifat diantara keduanya maka banyak yang menyebutnya sebagai bahan balotelli saja, tanpa menambahkan istilah katun.

Contoh Bahan Kain Balotelli
Contoh Bahan Kain Balotelli image: internet

Saat ini bahan balotelli sangat populer bagi kaum hawa. Bahan ini digunakan untuk bahan pembuatan busana muslimah seperti gamis syar‘i, blouse formal, kemeja dan juga celana panjang.

Karakteristik Bahan Balotelli

Bahan kain balotelli ini mempunyai karakteristik yang istimewa sehingga banyak disukai dan dipakai sebagai bahan pembuat pakaian. Dengan ciri serat kain yang rapat, tidak menerawang, sifatnya lemas jatuh, bahannya tebal namun ringan ketika dibawa dan adem ketika digunakan merupakan beberapa kelebihan dari kain ini. Dengan sifat diatas ini membuat kain balotelli memiliki karakter yang sangat cocok untuk dibuat hijab, gamis, jubah dan busana muslim lainnya.

Permukaan serat bahan balotelli
Permukaan serat bahan balotelli. image: internet

Hal yang membedakan antara bahan balotelli dengan bahan kain lainnya adalah jika diterawang bahan ini memiliki tekstur garis pada seratnya. Sehingga untuk memastikan apakah bahan yang ditawarkan adalah bahan baloteli atau bukan, sahabat tinggal meraba dan merasakan teksturnya. Jika diraba maka kain balotelli sedikit kasar karena garis garis yang terdapat pada teksturnya.

Selain keistimewaan dari sifat kain balotelli ini yang membuatnya banyak digunakan untuk busana muslimah, ternyata ada sifat lainnya yang sesuai dengan syariat Islam dalam memakai busana muslimah yaitu bahan yang dipakai tidak menerawang dan juga tidak mudah melekat ke tubuh atau menampilkan lekuk tubuh. Nah dari bahan baloteli ini bisa memenuhi persyaratan tersebut sehingga makin banyak yang menggunakannya sebagai busana muslimah seperti gamis syar’i ini.

Hal lain yang berpengaruh pada kepuasan pengguna busana yang berasal dari bahan balotelli ini adalah bahan ini mempunyai warna yang banyak macamnya, mulai dari polos dan motif serta warna-warna yang cerah. Itulah mengapa kain ini diianggap sebagai salah satu bahan pakaian terbaik yang disukai oleh para desainer.

Penggunaan Kain Balotelli

Bahan baloteli ini banyak sekali digunakan sebagai bahan busana muslimah terutama gamis syar’i, hijab, blouse dan juga rok. Karena bahan ini cukup tebal namun lembut dan tidak transparan maka banyak yang menjadikannya sebagai bawahan.

Demikian sahabat muslimah artikel tentang Bahan Balotelli, Karakteristik dan Penggunaannya. Semoga dapat menambah wawasan tetang jenis kain yang akandipakai sebagai busana muslimah. Namun hal yang paling penting dalam memiih bahan untuk busana muslimah adalah sesuai dengan syari’at Islam, dimana jika kita mematuhinya insya Allah akanmenjadikan hati lebih tenang dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply