29.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Buy now

spot_img

Cara Memilih Busana Muslim Yang Cocok Bagi Kita

Halo, teman-teman! Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu, ya. 😊

Pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi pengalaman pribadi saya tentang cara memilih busana muslim yang cocok bagi kita. Mungkin ada di antara kalian yang merasa bingung atau kesulitan dalam menentukan pakaian muslim yang sesuai dengan gaya, ukuran, dan kesempatan. Nah, saya juga pernah mengalami hal yang sama, lho. Makanya, saya ingin berbagi tips-tips yang sudah saya terapkan dan berhasil membuat saya lebih percaya diri dalam berbusana muslim.

cara memilih busana muslim. image credits: blibli.com

Cara Memilih Busana Muslim Yang Cocok Bagi Kita

Sebelum kita mulai, ada satu hal yang harus kita ingat: busana muslim bukan hanya sekadar pakaian saja. Tetapi busana ini juga merupakan identitas dan ekspresi diri kita sebagai muslim. Oleh karena itu, kita harus memilih busana muslim yang tidak hanya menutup aurat, tetapi juga mencerminkan kepribadian dan nilai-nilai kita. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kenyamanan, kualitas, dan kecocokan busana muslim yang kita pilih. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian coba:

1. Sesuaikan Dengan Bentuk Tubuh

Tips pertama yang harus kita lakukan adalah menyesuaikan busana muslim dengan bentuk tubuh kita. Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda, ada yang langsing, gemuk, tinggi, pendek, berdada besar, berpinggul lebar, dan sebagainya. Tentu saja, kita tidak bisa sembarangan memilih busana muslim yang kita suka. Kita harus mempertimbangkan apakah busana muslim ini cocok atau tidak dengan bentuk tubuh kita.

Salah satu cara untuk mengetahui bentuk tubuh kita adalah dengan mengukur lingkar dada, pinggang, dan pinggul kita. Dari situ, kita bisa menentukan apakah kita termasuk dalam kategori bentuk tubuh jam pasir, pir, apel, atau persegi. Setelah itu, kita bisa mencari referensi busana muslim yang sesuai dengan bentuk tubuh kita. Misalnya, jika kita memiliki bentuk tubuh jam pasir, kita bisa memilih busana muslim yang menonjolkan lekuk tubuh kita. Contohnya adalah menggunakan dress yang berpotongan A-line atau peplum.

Baca Juga:  Suka Memakai Kaos? Cek Jenis Bahan Kain Kaos Katun Yang Sahabat Punya Disini!

Jika kita memiliki bentuk tubuh pir, kita bisa memilih busana muslim yang menyeimbangkan bagian atas dan bawah tubuh kita. Contohnya dengan menggunakan atasan yang longgar dan bawahan yang fit. Jika kita memiliki bentuk tubuh apel, kita bisa memilih busana muslim yang menyamarkan bagian perut kita. Untuk bentuk ini contohnya adalah seperti atasan yang berkerah V atau tunik. Jika kita memiliki bentuk tubuh persegi, kita bisa memilih busana muslim yang memberikan ilusi kurva pada tubuh kita, seperti atasan yang berdetail ruffle atau lace.

2. Cara Memilih Busana Muslim dengan Menyesuaikan Dengan Warna Kulit

Tips kedua yang bisa kita lakukan adalah menyesuaikan busana muslim dengan warna kulit kita. Warna kulit juga berpengaruh terhadap penampilan kita, karena bisa membuat kita terlihat lebih cerah atau lebih gelap, lebih segar atau lebih pucat, lebih muda atau lebih tua. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar memilih warna busana muslim yang cocok dengan warna kulit kita.

Salah satu cara untuk mengetahui warna kulit kita adalah dengan melihat urat nadi di pergelangan tangan kita. Jika urat nadi kita berwarna biru atau ungu, berarti kita memiliki warna kulit dingin. Apabila urat nadi kita berwarna hijau atau olive, berarti kita memiliki warna kulit hangat. Sedangkan jika urat nadi kita berwarna biru dan hijau, berarti kita memiliki warna kulit netral. Setelah itu, kita bisa mencari referensi warna busana muslim yang sesuai dengan warna kulit kita. Misalnya, jika kita memiliki warna kulit dingin, kita bisa memilih warna busana muslim yang berwarna biru, ungu, pink, atau silver. Jika kita memiliki warna kulit hangat, kita bisa memilih warna busana muslim yang berwarna kuning, oranye, merah, atau emas. Jika kita memiliki warna kulit netral, kita bisa memilih warna busana muslim yang berwarna putih, hitam, abu-abu, atau cokelat.

contoh kaftan, busana muslim. image credits: tokopedia

3. Sesuaikan Dengan Kesempatan

Tips ketiga yang harus kita perhatikan adalah menyesuaikan busana muslim dengan kesempatan yang akan kita hadiri. Setiap kesempatan memiliki tema, suasana, dan aturan tersendiri, yang harus kita hormati dan ikuti. Tentu saja, kita tidak bisa memakai busana muslim yang sama untuk semua kesempatan, karena bisa membuat kita terlihat tidak sopan, tidak sesuai, atau tidak percaya diri.

Baca Juga:  Busana Muslimah, Mengapa Harus Syar'i?

Salah satu cara untuk mengetahui busana muslim yang cocok dengan kesempatan adalah dengan melihat undangan, poster, atau informasi lainnya yang berkaitan dengan acara tersebut. Dari situ, kita bisa mengetahui apakah acara tersebut bersifat formal, semi-formal, atau casual, serta apakah ada dress code atau tema khusus yang harus kita ikuti. Setelah itu, kita bisa mencari referensi busana muslim yang sesuai dengan kesempatan tersebut. Misalnya, jika kita akan menghadiri acara pernikahan, kita bisa memilih busana muslim yang elegan, glamor, dan berwarna cerah, seperti gaun atau kebaya. Jika kita akan menghadiri acara seminar, kita bisa memilih busana muslim yang rapi, profesional, dan berwarna netral. Contohnya adalah menggunakan busana seperti blazer atau kemeja. Jika kita akan menghadiri acara santai, kita bisa memilih busana muslim yang nyaman, simpel, dan berwarna pastel, seperti kaos atau hoodie.

Demikian sahabat Gamisjilbabsyari.com, itulah tiga tips yang bisa saya bagikan tentang cara memilih busana muslim yang cocok dipakai. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam berbusana muslim. Jangan lupa untuk selalu berdoa, bersyukur, dan bersabar dalam menjalani hidup ini, ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. 😊

Kamilia
Kamilia
Just an ordinary muslimah who like blogging, traveling and play with kids.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru