Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Dunia Fashion Tips Mudah Merawat Pakaian Dari Bahan Rayon

Tips Mudah Merawat Pakaian Dari Bahan Rayon

Tahukah Anda bahwa merawat pakaian ternyata tidak dapat dilakukan secara serampangan atau pukul rata? Hal ini karena berbeda bahan kain yang digunakan maka akan berbeda juga perlakuan dan perawatannya. Nah dalam artikel kali ini tim GamisJilbabSyari.com akan mencoba menjelaskan kepada sahabat muslimah bagaimana tips mudah dalam merawat pakaian yang berasal dari bahan rayon.

Contoh Bahan Rayon
Contoh Bahan Rayon. image: alibaba.com

Semoga setelah membaca artikel ini sahabat akan lebih jeli dalam memilah pakaian sesuai dengan karakteristiknya sehingga dalam melakukan perawatan akan tepat. Dengan ketepatan perawatan tentunya akan menjadikan pakaian sahabat lebih awet dan tetap cerah seperti baru. Namun jika sahabat muslimah masih belum mengetahui tentang bahan ini, sahabat dapat membaca Inilah Bahan Rayon, Karakteristik dan Jenisnya.

Merawat Busana Muslimah dari Bahan Rayon

Berbeda dengan bahan katun yang cenderung lebih mudah dalam perawatannya, bahan rayon merupakan bahan kain yang termasuk ke dalam jenis kain yang dibuat dari bahan selulosa murni, dan biasanya dibuat dari bubur kayu. Karena dibuat dari hasil olahan produk alami, kain rayon mudah rusak dalam keadaan basah karena kekuatannya akan berkurang. Selain itu bahan kain rayon ini juga mudah terbakar sehingga sahabat harus lebih berhati-hati saat menyeterika bahan ini. Nah untuk menjaga bentuk dan kualitas pakaian berbahan rayon supaya tetap awet maka sahabat muslimah dapat mencoba beberapa tips merawat pakaian berbahan rayon berikut ini:

  1. Pencucian Bahan Kain Rayon

  • dalam pencucian pakaian berbahan rayon akan lebih baik jika menggunakan air dingin atau hangat, karena bahan rayon cenderung mudah rusak dan tidak kuat pada suhu yang panas.

    Bahan rayon jersey
    Bahan rayon jersey. image:stylishfabric.com
  • untuk hasil terbaik maka dapat dilakukan pencucian dengan angan atau manual sehingga dapat kita pilih bagian mana yang kotor sehingga kita kucek sampai bersih, dan bagian mana yang tidak perlu kita kucek dengan keras. Selain itu metode pencucian dengan dry clean juga dapat dilakukan.
  • saat memisahkan air setelah mencuci, hindarkan memeras terlalu kencang karena akan merusak strukstur dan dapat merubah bentuk. Hal ini terjadi karena dalam kondisi basah, bahan rayon akan kehilangan kekuatannya sampai dengan 50% saja sehingga mudah rusak.
  • gunakan deterjen yang tidak terlalu kuat karena dikuatirkan warna dari bahan rayon akan cepat pudar.
  1. Menjemur Pakaian Berbahan Rayon

  • Dalam menjemur pakaiaan berbahan rayon ini akan lebih baik jika kita menjemurnya dengan cara diangin-anginkan saja sehingga warna kain akan lebih awet.
  • saat menjemur juga lebih baik gunakan hanger sehingga bentk dari pakaian tidak akan berubah.
  1. Menyeterika

  • Dalam menyeterika kain rayon ini sebaiknya sahabat muslimah mengatur panas sesuai dengan petunjuk penggunaan, karena bahan rayon mudah terbakar. Dengan mengikuti petunjuk insya Allah pakaian akan licin dan rapi.
  • Untuk memperbaiki tampilan pakaian rayon yang sudah terlanjur kusut, sahabat muslimah bisa menyeterika bagian dalam pakaian. Hal ini penting untuk dilakukan agar permukaan bagian baik kain tidak berubah warna menjadi mengkilap karena bersentuhan langsung dengan panas setrika.
  • menyeterika pakaian dalam kondisi masih agak basah akan memudahkan sahabat dalam menghilangkan kerutan pada bahan rayon. Untuk menjaga supaya warna awet maka sahabat dapat menyeterika bagian dalam bahan rayon ini.
  1. Menyimpan pakaian Berbahan Rayon

Sewaktu menyimpan pakaian dari bahan rayon ini sebenarnya mudah saja. Sahabat muslimah tinggal menyimpan di lemari atau tempat penyimpanan busana lainnya, namun perlu diperhatikan agar tempat penyimpanan pakaian harus kering, bersih dan tidak berdebu.

Demikian sahabat muslimah, tips mudah merawat pakaian dari bahan rayon. Semoga setelah mengetahui tips ini shaabat tidak akan salah dalam melakukan perawatan yang akan mengakibatkan busana menjadi rusak, lecek dan warnaya pudar. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: