Inilah 10 Penghambat Rezeki yang Harus Dijauhi

Allah subhanahu wa ta’ala telah membagi rezeki dengan ketinggian ilmu-Nya. Dia memberikannya kepada siapa saja dengan hikmah-Nya, dan Dia pula yang menahan rezeki dengan keadilan-Nya.

“Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” QS. An-Nahl 97

rezeki

Inilah 10 Penghambat Rezeki yang seharusnya kita hindari

Ada 10 macam penghambat rezeki yang jarang disadari oleh manusia, bahkan banyak yang mengabaikan hal-hal ini. Dan banyak juga yang malah menjadikan hal-hal dibawah ini untuk sengaja mencari tambahan rezeki. Selengkapnya simaklah berikut ini:

1. Syirik

Mencari rezeki melalui kesyirikan adalah sebab utama sempitnya rezeki, datangnya bencana, tertimpanya musibah dan kerusakan bumi. Sungguh aneh ketika semua orang mengakui bahwa Allah yang mengatur urusan rezeki, kemudian mereka meminta rezeki kepada selain Allah, dengan cara yang membuat Allah murka.

2. Kufur Nikmat

Mengingkari nikmat Allah adalah salah satu sebab sempitnya rezeki dan sulitnya rezeki. Namun sayang, hal ini banyak dilakukan oleh kebanyakan manusia. Sebagian mereka menyadari dan sebagian yang lain tidak menyadari dan mereka menganggap bahwa hal ini suatu hal yang ringan dan biasa saja, seolah-olah tidak ada dosa akibat dari apa yang mereka perbuat berupa mengingkari nikmat Allah.

“Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduknya) mengingkari nikmat-nikmat Allah, karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan disebabkan apa yang selalu mereka perbuat,” QS. An Nahl: 112

Sesungguhnya kesehatan dan kesempurnaan anggota badan adalah salah satu bentuk nikmat dari Allah yang diberikan kepada hambaNya. Namun, kenikmatan ini diabaikan oleh kebanyakan manusia dan sedikit orang yang mensyukurinya.

3. Bakhil dan Kikir

Jelas bagi kita, bahwa orang yang kikir dan bakhil terhadap harta, maka Allah akan memusnahkan hartanya dalam waktu sekejap dan datangnya yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bakhil dan kikir terhadap harta kekayaannya, maka lambat laun Allah akan menghancurkan harta kekayaannya, dan Dia akan mempersulit urusan rezekinya.

4. Tidak membantu anak yatim dan orang miskin

Salah satu penghalang rezeki adalah tidak membantu anak yatim dan orang miskin, padahal Allah telah menyediakan berbagai balasan bagi orang yang menggunakan hartanya untuk membantu anak yatim dan orang miskin. Diantaranya adalah:

  • – Surga
  • – mendapatkan kebaikan yang melimpah
  • – melembutkan hati
  • – mendapatkan ampunan
  • – meraih cinta Allah
  • – menuai pahala
  • – kelak akan mendapatkan naungan
  • – termasuk pejuang di jalan Allah
  • – pahalanya sederajat dengan shalat malam dan puasa
  • – bersama Rasulullah di surga

5. Mencari Rezeki dengan Cara yang Haram

Penghambat rezeki yang kelima adalah berusaha mencari rezeki dengan cara-cara yang tidak dibenarkan (haram).

6. Maksiat

Kemaksiatan dapat memicu turunnya musibah dan bencana, seperti wabah penyakit, kehancuran, rezeki seret, sengsara, kelaparan, dll.

Carilah rezeki dengan cara yang membuat Allah cinta dan ridha, yakni dengan cara menyibukkan diri dengan ketaatan. Dan jauhilah semua perkara yang membuat Allah murka, yakni dengan cara menjauhkan diri dari perbuatan maksiat.

7. Enggan menunaikan zakat

Sikap enggan mengeluarkan zakat dapat mengakibatkan paceklik. Rasulullah bersabda yang artinya;
“Dan tidaklah suatu kaum enggan membayar zakat melainkan ALlah menahan hujan atas mereka” HR. Baihaqi dan Hakim.

8. Meninggalkan Sholat

Di antara perbuatan yang menjadi penghalang rezeki adalah meninggalkan sholat.

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan sholat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa” QS. Thaha: 132

9. Menolak Syariat Allah

Seseorang dapat dikatakan menolak syariat Allah bila ia mengesampingkan kebenaran serta tidak menerimanya. Dan, barangsiapa yang menolak kebenaran, maka ia adalah orang yang sombong.

Ketahuilah bahwa orang yang menolak syariat Allah, mendustakan dan mengabaikannya, maka ALlah akan menimpakan terhadap orang tersebut kesengsaraan dalam hidup.

“Jikalau penduduk negeri beriman dan bertakwa pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya,” QS Al A’raf: 96

10. Tidak Amanah dalam Mengelola Rezeki

Seseorang dikatakan tidak amanah atas rezeki yang diberikan oleh Allah kepadanya manakala orang tersebut membelanjakan hartanya untuk kemaksiatan atau untuk kesia-siaan. Atau, memberikan harta tersebut kepada orang yang tidak bisa memegang amanah.

Inilah 10 penghambat rezeki yang harus kita jauhi supaya rezeki bisa kita raih dengan penuh keberkahan dan diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala.

*dirangkum dari buku 10 penghambat rezeki karya Mubasysyiroh binti Mahrus Ali

Leave a Reply