Gamis Jilbab Syar'i Kesehatan Inilah Buah Alpukat, Kandungan Gizi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Kita

Inilah Buah Alpukat, Kandungan Gizi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Kita

GamisJilbabSyari.comInilah Buah Alpukat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Kita. Buah alpukat ini merupakan salah satu jenis buah yang popular karena banyak yang menyukainya. Selain rasanya yang enak ternyata banyak sekali manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan kita lho. Nah bagi Sahabat yang penasaran dengan buah ini, berikut ini kami kupas dengan lengkap informasinya.

Buah Alpukat, Buah Lezat banyak Manfaat

Jika melihat dari asalnya, alpukat atau avokad adalah tumbuhan yang menghasilkan buah dan mempunyai nama latin Persea americana. Tumbuhan alpukat ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Dengan berkembangnya kebutuhan akan buah ini, kini pohon alpukat banyak di budidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur. Selain itu alpukat juga banyak yang menanamnya sebagai tanaman pekarangan terutama di daerah-daerah beriklim tropis lainnya di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri buah ini di bawa oleh Hindia Belanda pada sekitar tahun 1920-1930. Belanda pada saat itu membawa alpukat ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan lemak masyarakat yang tinggal di pegunungan.

ilustrasi pohon alpukat
ilustrasi pohon alpukat. image credits: surabaya.bisnis.co.id

Alpukat merupakan tumbuhan berkayu dengan batang mencapai ketinggian 20 meter dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Saat berbunga, bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan mempunyai panjang antara 5 hingga 10 milimeter.

Ukuran buah alpukat bervariasi mulai dari 7 hingga 20 sentimeter dan mempunyai berat antara 100 hingga 1000 gram. Buah ini mempunyai biji yang besar di dalam buahnya dengan diameter antara 5 hingga 6,4 sentimeter. Buah alpukat bertipe buni yang memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan tergantung pada varietasnya. Daging buahnya berwarna hijau muda dekat kulit luar dan kuning muda dekat biji. Daging buah alpukat mempaunyai tekstur yang lembut.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Sebagaimana telah kita ketahui ada banyak sekali kandungan gizi dan vitamin dalam daging buah alpukat ini. Berikut dapat Sahabat cek apa saja kandungan dalam buah tersebut:

ilustrasi buah alpukat
ilustrasi buah alpukat. image credits: bola.net

Di dalam satu porsi sajian buah alpukat atau sekitar 40 gram mengandung 64 kalori, 6 gram lemak, 3.4 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula, 3 gram serat dan sekitar 1 gram protein. Selain itu terdapat juga berbagai macam vitamin seperti C, B6, E dan K juga mengandung mineral penting seperti magnesium dan potassium sebagai berikut:

  • Vitamin B5: Mengkonsumsi buah ini dapat membantu Sahabat dalam menurunkan tingkat stress, meringankan rasa sakit dari arthiritis dan juga menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
  • Vitamin B6: Dapat membantu Sahabat dalam perawatan diabetes, pendarahan menstruasi, insomnia, dan morning sickness juga car sickness.
  • Vitamin E: Buah alpukat memiliki anti-aging properties dan mendorong perawatan kulit alami, sehingga mengkonsumsi buah ini dapat memperbaiki serta merawat kulit sehingg alebih sehat.
  • Vitamin K: Dapat membantu mencegah terjadinya internal bleeding, biliary obstruction, dan juga osteoporosis.
  • Vitamin C: Banyak memakan buah alpukat dapat membantu meringankan dalam beberapa kelainan mata (eye disorders), menurunkan kadar kolesterol jahat, dan penyakit jantung.
  • Folat/Folate: Buah ini dapat membantu perbaikan dan fungsi DNA.
  • Potassium K: Dapat membantu meringankan stroke dan tekanan darah tinggi.
  • Omega-9 Fatty Acid: Berfungi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh.
  • Omega-6 Fatty Acid: Memegang peranan yang krusial dalam fungsi otak sehingga dapat menyehatkan dan menambah kecerdasan otak.
Baca Juga:  3 Tips Mudah Menghilangkan Komedo Secara Alami

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah alpukat yang sangat menguntungkan badan kita antara lain:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah alpukat mempunyai kandungan potassium yang tinggi. Jika Sahabat selama ini mengetahui kalau pisang mempunyai kandungan tinggi potassium, ternyata daging buah alpukat justru memiliki kandungan potasium lebih tinggi lagi. Potasium merupakan senyawa yang berguna untuk menurunkan tekanan darah yang jadi sebab dari penyakit serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

2. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ manusia yang sangat sangat vital keberadaan dan fungsinya bagi kesehatan. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan berikutnya adalah untuk kesehatan jantung. Alpukat adalah makanan berlemak tinggi yang mempunyai 77% kalori di dalamnya berasal dari lemak. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu makanan nabati paling berlemak yang ada di dunia.

Namun buah alpukat tidak hanya mengandung lemak saja. Mayoritas lemak dalam alpukat terdiri dari asam oleat atau asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tak jenuh tunggal ini sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga menjadi komponen utama dari minyak zaitun. Segabaimana kita ketahui bahwa minyak zaitun terkenal sebagai minyak yang di gunakan untuk berbagai jenis pengobatan penyakit.

3. Menjaga Berat Badan

Buah alpukat mengandung karbohidrat dan serat. Hal ini mengakibatkan jika kita mengonsumsi buah ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Walaupun mengandung banyak lemak, alpukat tidak menyebabkan berat badan cepat meningkat karena jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal.

Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat alpukat yang satu ini, Sahabat lebih baik untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini mengingat kalorinya yang cukup tinggi yaitu sektiar 150–200 kalori per buahnya. Selain itu, untuk menurunkan berat badan, Sahabat juga di sarankan untuk rutin berolahraga.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah alpukat banyak mengandung lutein dan zeaksantin. Fungsi dari lutein dan zeaksantin adalah untuk meminimalkan kerusakan mata, terutama dari sinar ultraviolet. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan, seperti beta-karoten.

Jika Sahabat mengonsumsi buah alpukat secara rutin akan dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan yang disebabkan oleh faktor penuaan.

5. Rasanya Lezat dan Mudah Dikombinasikan ke Dalam Menu Diet

Tak hanya bergizi, buah alpukat rasanya yang lezat dan mudah dikombinasikan dengan berbagai makanan lainnya. Sahabat bisa menambahkan daging alpukat ke dalam salad, digabungkan dengan yoghurt, es buah, ataupun dimakan langsung. Teksturnya yang empuk dan mudah meleleh membuatnya mudah melebur dengan bahan makanan lain.

6. Mencegah Osteoporosis

Jika Sahabat tak terlalu menyukai susu, mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu mendapatkan asupan kalsium, vitamin D, bahkan vitamin K. Ketiga nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang sehingga mampu mencegah osteoporosis.

7. Mencegah dan Membantu Pengobatan Kanker

Tidak hanya lemak sehat yang terkadung dalam buah alpukat, buah ini juga dapat menjadi asupan folat yang baik. Karena itu alpukat juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker lambung, kanker pankreas, hingga kanker serviks.

Baca Juga:  8 Kiat Mudah dan Simpel Meredakan Nyeri Haid

Dalam berbagai studi ditemukan, folat mampu melindungi tubuh dari mutasi DNA yang tidak diinginkan. Bahkan, alpukat dapat berperan dalam pengobatan kanker.

Fitokimia yang di ambil dari alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker, dalam waktu bersamaan juga meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

8. Mengurangi kolesterol Jahat

Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol seperti LDL dan tringliserida. Kolesterol jahat sendiri selama ini jadi penyebab utama penyakit jantung yang merupakan penyakit paling mematikan di dunia. Selain itu, manfaat buah alpukat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL hingga 11%.

9. Mencegah dan mengatasi sembelit

Sahabat suka mengalami sembelit? Sembelit bisa terjadi karena tubuh kita kekurangan asupan serat atau kurang minum air putih. Oleh sebab itu, untuk mencegah atau mengatasi sembelit Sahabat bisa mengonsumsi makanan tinggi serat yang salah satunya adalah daging buah alpkukat.

Untuk memaksimalkan manfaat buah alpukat untuk mengobati sembelit ini Sahabat juga di anjurkan minum air putih yang cukup dan rutin berolahraga.

10. Mencegah Radang Sendi

Buah alpukat merupakan salah satu sumber antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh.

Bahkan, sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat mencegah terjadinya radang sendi (arthritis). Namun, manfaat buah alpukat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

11. Membantu Penyerapan Nutrisi

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan berikutnya adalah buah ini membantu sistem pencernaan dalam penyerapan nutrisi makanan. Ini karena kandungan lemaknya yang besar.

Beberapa nutrisi yang masuk ke tubuh hanya bisa larut dalam lemak, artinya perlu dicampur dengan lemak agar bisa dimanfaatkan. Vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak, bersama dengan antioksidan seperti karotenoid.

12. Membantu Meringankan Gejala Arthritis

Sebagaimana kita ketahui jika Arthritis adalah salah satu masalah kesehatan umum terutama di negara-negara maju. Ada banyak jenis gejala penyakit ini, yang seringkali merupakan masalah kronis yang dialami orang selama sisa hidup mereka atau di masa tua.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak minyak alpukat dapat mengurangi osteoartritis. Ini sebabnya, alpukat sangat direkomendasikan untuk para lansia.

13. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya

Selain kaya akan folat, alpukat juga kaya kandungan serat, yang dibutuhkan bagi para wanita yang sedang hamil muda. Manfaat alpukat bagi ibu hamil dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir akibat perubahan hormonal yang umum terjadi saat hamil.

14. Meningkatkan Kesehatan Otak

Alpukat mengandung vitamin E yang dapat membantu melindungi Anda dari penyakit Alzheimer, perlambatan dalam kemampuan berpikir dan mengingat.

Manfaat alpukat ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam vitamin E. Antioksidan bisa melawan kerusakan sel yang terjadi akibat paparan polusi dan radiasi sinar matahari.

15. Mencegah Penyakit Kronis

Menurut Department of Internal Medicine and Nutritional Sciences Program of the University of Kentucky, Amerika Serikat, asupan serat yang tinggi mampu menurunkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, dan diabetes. Karena buah alpukat mengandung serat yang tinggi maka mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mencegah penyakit kronis.

Demikianlah Sahabat Muslimah kupas tuntas tentang buah alpukat mulai dari pohonnya sampai dengan kandungan gizinya dan manfaatnya bagi kesehatan kita. Semoag bermanfaat.

1 Likes

Author: Maryam

Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Leave a Reply

%d bloggers like this: