Inilah Batik Sutra Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah sahabat muslimah mempunyai busana batik di rumah? Ya sepertinya setiap orang mempunyai busana yang berbahan batik, karena Indonesia merupakan pusatnya kain batik dengan berbagai macam motif dan juga tingkatan kualitasnya. Nah pada artikel ini kami tim GamisJilbabSyari.com akan mencoba mengangkat tentang bahan batik sutra, yang mana kain ini sangat digemari oleh para pecinta batik.

Apakah Batik Sutra Itu?

Batik sutra adalah bahan kain yang terbuat dari sutra, baik sutra alami yang mana proses pembuatannya menggunakan kepompong ulat sutra. Selain itu ada juga jenis sutra sintetis yang merupakan hasil dari proses kimia. Ciri khas dari bahan sutra ini adalah berkilau seperti mutiara ketika ada sinar yang mengenai permukaannya. Hal ini disebabkan karena adanya lapisan-lapisan fibroin (sejenis protein yang dihasilkan ulat sutra). Sedangkan batik sutra yaitu motif batik yang dibuat diatas kain sutra sehingga dinamakan kain batik sutra. Dikenal sebagai salah satu bahan kain yang cukup populer di kalangan pecinta batik, kain batik sutra memang memiliki kualitas yang sangat bagus karena menawarkan kenyamanan dan kelembutan.

kain batik sutra
kain batik sutra. image:internet

Karena sebab itulah, tidak jarang kain atau pakaian batik yang dibuat menggunakan kain sutra ini hampir semuanya dijual dengan harga yang cukup tinggi. Hal ini mengingat tampilan bahannya pun juga tidak kalah eksklusif jika dibandingkan dengan jenis kain premium lain.

Proses Pembuatan Batik dari Kain Sutra

Proses pembuatan batik dari kain sutra kebanyakan dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan melukis kain batik dengan menggunakan tangan untuk kemudian diwarnai dan dihias sesuai dengan pola yang sudah direncanakan oleh sang pembatik. Selain manual ada juga batik dari sutra yang dibuat dengan menggunakan mesin, namun dari perbandingan keduanya, harga dari batik sutra manual jauh lebih tinggi karena eksklusifitasnya yang biasanya setiap pembatik memiliki ciri khas motif sendiri yang tidak dimiliki oleh pembatik lain atau daerah lain.

Baca Juga:  Inilah Jenis dan Bahan Kerudung Pashmina Yang Layak Anda Pilih

Kelebihan Kain Batik Sutra

Sesuai dengan namanya yaitu batik sutra maka sahabat muslimah tentu sudah berpikiran bahwa kain ini adalah kain yang premium atau istimewa. Ya, sesuai dengan namanya dan kualitasnya maka batik sutra ini mempunyai kelebihan sebagai berikut:

  •  Batik sutra hampir semuanya dibuat secara manual dengan cara dilukis atau dibatik dengan menggunakan tangan, sehingga motifnya pun cukup unik dan eksklusif sesuai dengan keinginan sang pembatik.
  •  Kain ini sudah terkesan mewah dan elegan meskipun digunakan tanpa aksesoris berlebih.
  • Selain menawarkan kemewahan, batik sutra juga menawarkan kenyamanan tersendiri karena terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit. Kenyamanan ini tentu akan meningkatkan rasa percaya diri pada pemakainya.
  • Sesuai dengan karakteristik dari kain sutra, batik sutra memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk menyerap keringat sehingga sangat cocok untuk dikenakan sebagai busana pesta, baik di dalam ataupun luar ruangan.
  •  Selain mudah menyerap keringat dan terasa lembut, kain sutra pada batik sebenarnya juga memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari cuaca panas.
  • Keuntungan lainnya bagi kesehatan adalah kain ini mampu menangkal radiasi sinar ultraviolet dan menjaga kesehatan kulit.

Kekurangannya

Seperti bahan kain lainnya, setelah ada kelebihan yang ditawarkan, tentunya juga dari batik sutra ini ada hal-hal yang tidak diinginkan dan menjadi kekurangan dari batik ini, yaitu:

  •  Harga kain batik dari sutra ini memang sangat mahal, apalagi jika motif batiknya adalah motif keratin yang hanya dibuat oleh orang tertentu yang sudah dipercaya oleh pihak keratin untuk membuat batik.
  • Karena dibuat dari serat khusus kepompong jadi batik berbahan sutra ini perlu dirawat secara khusus dan teliti. Untuk mencucinya pun harus menggunakan tangan dan detergen khusus agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik.
  • Kain batik ini mempunyai sifat yang lembut, oleh karena itu kelembutannya ini harus tetap dijaga agar tidak rusak. Caranya adalah dengan segera mencucinya setelah dipakai dan cara penyimpanannya dengan digantung, bukan dilipat seperti pada busana lainnya.
Baca Juga:  Inilah Model Jilbab Instan Terbaru 2016 Yang Anda Harus Ketahui

 Penggunaan Batik Sutra

Sesuai dengan sifat eksklusif dan kemewahan yang ditawarkan oleh bahan batik yang terbuat dari kain sutra ini maka busana yang dibuat dari bahan ini sebagian besar adalah busana resmi, busana pertemuan atau pesta. Sangat jarang bahan kain batik berbahan sutra ini dibuat menjadi bahan gamis syar’i misalnya, karena akan membutuhkan kain yang panjang/ lebar sehingga membutuhkan biaya yang sangat mahal.

bahan batik sutra
bahan batik sutra yang dijual secara eklsklusif. image: intenet

Demikianlah sekilas tentang batik sutra, kelebihan dan kekurangannya, serta penggunaanya. Semoga dapat menambah wawasan tentang bahan kain bagi sahabat muslimah semua.

sumber: fitinline.com dan beberapa sumber lain

Leave a Reply