Membedakan Patchwork dan Quilting

GamisJilbabSyari.comMembedakan patchwork dan quilting. Apakah sahabat muslimah memiliki segudang kain perca sisa menjahit? Jika iya, sahabat tidak perlu pusing, ayo segera manfaatkan sisa kain perca menjadi barang kerajinan bernilai seni tinggi dan pastinya sangat bermanfaat. namun sebelum membahas lebih dalam, mari kita bahas dulu apa itu sebenarnya patchwork.

Apa Itu Patchwork

Patchwork dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kain perca atau kain tambal seribu. Sebuah karya jahit menjahit yang menyatukan perca-perca kecil hingga menjadi kain yang besar berdesain unik. Desain ini biasanya terbentuk dari pola-pola berulang dari kain-kain yang berbeda warna dan motif. Potongan-potongan kain perca tadi diukur dan digunting dengan rapi, bertepi lurus dan berbentuk geometris. Setelah itu potongan kain yang sudah digunting tadi disatukan sehingga mudah dijahit menjadi satu sambungan sempurna dan menghasilkan patchwork yang rata tanpa menggelembung disana sini.

sarung bantal dari patchwork
sarung bantal dari patchwork. image: sitges.bz

Setelah patchwork jadi, ia dapat dibuat menjadi quilt, pelapis tempat tidur yang terdiri dari tiga lapis kain yang disatukan dengan teknik quilting. Biasanya, quilt merupakan kreasi menarik dari desain-desain yang dekoratif. Lapisan paling atas adalah patchwork itu sendiri, lapisan tengah berupa isi atau bantalan quilt dari kapas atau dacron, sementara lapisan bawah merupakan penguat yang terbuat dari kain polos.

contoh hasil patchwork
contoh hasil patchwork. image: tailak.com

Nah dalam prakteknya ada tekhnik khusus supaya bantalan atau isi tidak mudah bergeser, yakni patchwork dijahit lagi menggunakan tangan atau mesin dengan memakai teknik jelujur/running stitch. Jahitan ini dapat dibuat mengikuti jahitan patchwork, atau justru berbeda dari komposisi semula. Semua bisa Sahabat kreasikan sendiri sesuai dengan keinginan.

Sekalipun paling banyak digunakan untuk membuat quilt, ternyata patchwork juga dapat dimanfaatkan untuk membuat tas, penghias ruangan berupa wall hanging, atau bahkan pakaian seperti jaket, rok dan jenis busana lainnya. Dalam perjalanannya, teknik patchwork ini sering pula digabungkan dengan bordir dan bentuk jahitan lainnya sehingga menjadi suatu kreasi seni yang sangat menarik dan berharga tinggi.

Membuat Patchwork

Ketika membuat patchwork, kombinasi warna perlu dipilih dengan cermat. Pemilihan yang tepat akan menghasilkan patchwork yang Indah. Namun sebaliknya bila keliru memilih warna dan pola maka akan diperoleh warna yang suram. Meminjam ucapan Whitney Otto dalam bukunya “How to Make an American Quilt”, tidak ada aturan baku untuk membuat patchwork. Sahabat hanya perlu mengikuti naluri saja, dan bertindaklah ‘berani’. Dan biasanya orang yang sudah terbiasa membuat patcwork ini akan lebih mudah dan cepat dalam membuat dan mengkombinasikan warna dan pola sehingga menjadi sebuah patchwork yang indah.

Patchwork Blocks

Patchwork blocks adalah perca berbentuk kotak, bentuknya mengikuti pola di dalam kotak. Misalnya terang dan gelap atau warna kontras. Blok-blok ini dapat mengulangi pola serupa, atau memakai pola yang berbeda. Bentuknya bujur sangkar dengan ukuran 8 sampai 10 inchi. Blok dijahit sambung berbaris untuk membuat komposisi yang lebih besar. Seringkali potongan kain lain digunakan untuk memisahkan blok-blok antara satu dengan yang lainnya.

Blok dapat disambung secara acak atau mengikuti aturan baku untuk menghasilkan motif yang khas, misalnya warna dari terang hingga gelap, atau motif khas, misalnya warna dari terang hingga gelap atau motif “papan catur”.

Apa itu Quilt dan bagaimana Cara Membuatnya

Kata quilt berasal dari kata Latin, culcita yang berarti kasur berbantalan yang diikat. Cara membuat quilt adalah dengan menyatukan tiga lapis bahan untuk menghasilkan quilt yang tebal. Quilt dikerjakan mulai dari tengah, kemudian bergerak ke sisi-sisinya.

hasil quilt yang indah
hasil quilt yang indah. image: chitalou.com

Karya quilt bisa sangat dekoratif, terdiri dari desain dan pola yang rumit. Namun bisa juga sederhana, dengan pola geometris yang diambil dari pola quilt atau gambar yang diikuti bentuknya. Pembuat dapat memperjelas desain dengan menggunakan benang aneka warna, atau yang kontras warnanya dari kain. Sebaliknya, pembuat quilt dapat pula menyamarkan quiltingnya dengan menggunakan benang berwarna transparan atau menjahit di atas sambungan patchwork.

Membuat quilt dapat dilakukan dengan tangan atau manual, mesin jahit biasa atau mesin khusus yaitu longarm quilting machine. Membuat quilt dengan tangan artinya, membuat jahit jelujur ke seantero kain yang akan dijadikan quilt. Sebuah bingkai biasanya digunakan untuk membantu ‘memegang’ kain. Bila menggunakan mesin jahit biasa, ketiga lapisan quilt itu ditempel menjadi satu dahulu sebelum diproses quilt dengan bantuan jarum pentul. Bila menggunakan mesin longarm, lapisan-lapisan ini diletakkan di bingkai khusus. Kain patchwork, bantalan dan penguat dimasukkan ke dalam bingkai. Bingkai ini bisa sampai 14 kaki panjangnya, yang cukup besar untuk sebuah quilt tempat tidur king size. Pada awal penggunaannya, mesin ini masih dipandu dengan tangan, yang berarti sang operator harus menyesuaikan kecepatan tangannya dengan motor mesin. Namun seiring dengan perkembangan teknologi maka mesin longarm sudah dilengkapi dengan pengatur jahitan. Bahkan hebatnya sekarang ini tersedia pula mesin-mesin berkomputer yang artinya akan semakin sedikit pekerjaan manual yang dilakukan oleh seorang operator. Namun, tentu saja operator harus tetap mengawasinya, selain memprogram mesin tersebut dan mempersiapkan semuanya sebelum proses quilting dimulai.

6 Langkah Penting Quilting

Berikut ini adalah 6 langkah yang paling penting dalam proses quilting yang harus Sahabat kerjakan dengan cermat yaitu:

1.Memilih pola, kain, dan bantalan
2.Mengukur dan memotong kain untuk membuat blok
3.Piecing. Menjahit-sambung kain untuk membuat patchwork.
4.Melapisi patchwork dengan bantalan dan kain penguat
5.Membuat quilt dengan tangan atau mesin
6.Binding. Merapikan dan menjahit pinggiran ke lapisan penguat. Kain yang panjang dipotong serong dan dijahit ke pinggiran quilt. Biasanya dijahit dengan mesin ke tepi quilt, dilipat, kemudian dijahit dengan tangan ke arah belakang quilt.

hasil quilt patchwork untuk kasur anak
hasil quilt patchwork untuk kasur anak. image: aliezpress.com

Nah demikianlah edisi pertama dari serial craft atau kerajinan yang kami persembahkan untuk sahabat muslimah di GamisJilbabSyari.com. InsyaAllah artikel-artikel kerajian dan craft berikutnya akan kami posting untuk sahabat semua. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silahkan hubungi kami via form kontak kami.

 

 

 

Leave a Reply