8 Kiat Mudah dan Simpel Meredakan Nyeri Haid

0
320

Gamisjilbabsyari.com – Teman-teman shalihah, apakah teman-teman mengalami nyeri perut pada saat haid? Setiap wanita memang mengalami berbagai macam kondisi yang berbeda satu sama lain pada saat haid. Tingkat nyerinya pun berbeda-beda, namun ada juga yang tidak merasakan nyeri perut pada saat haid. Namun, 8 tips mudah meredakan nyeri haid berikut tetap bermanfaat untuk dibaca dan dibagikan ke teman-teman yang lain. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa teman-teman pelajari dan coba apabila nyeri haid melanda.

ilustrasi mengatasi nyeri haid
ilustrasi saat merasakan nyeri haid. image credits: tribunnews

8 Kiat Meredakan Nyeri Haid

1. Berbaring

Berbaring dengan rileks dapat mengurangi nyeri pada bagian punggung, karena dengan berbaring, otot-otot punggung kita juga ikut beristirahat, dengan demikian nyeri bisa dikurangi dengan cara berbaring.

2. Mengompres Perut dengan Air Hangat

Mengompres perut dengan air hangat dapat membuat otot perut rileks dan tidak tegang. Caranya, masukkan air hangat ke dalam botol kaa atau bantalan karet yang khusus untuk mengompres, kemudian kompreskan ke bagian perut yang nyeri dan sekitarnya. Jangan lupa sambil baca doa ya supaya nyerinya berkurang.

3. Menjaga Pola Makan

Pada saat nyeri haid melanda, sebaiknya hindari dulu makanan yang berlemak, soda, dan makanan yang banyak mengandung garam. Hindari juga teh dan kopi, ya. Sebaiknya perbanyaklah minum air putih hangat.

4. Olahraga Ringan

Meskipun sedang haid, teman-teman masih bisa berolahraga lho, karena olah raga ringan juga salah satu cara untuk memperlancar haid dan otomatis bisa meredakan nyeri haid. Teman-teman bisa mencoba dengan berjalan cepat, atau melakukan olahraga peregangan. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan membuat tubuhmu menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini merupakan anti nyeri alami.

5. Jangan Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap hanya akan menekan perutmu sehingga bisa memperparah rasa nyeri di kala haid.

Baca Juga:  6 Cara Mudah Mengangkat Sel Kulit Mati Diwajah Secara Alami

6. Konsumsi Vitamin Penambah Darah

Jika teman-teman merasa sangat lemas dan atau lelah pada saat haid, boleh juga mulai konsumsi vitamin penambah darah. Karena bisa jadi pada saat itu darah haid yang keluar sedang deras-derasnya. Selain makan makanan yang bergizi tinggi, vitamin penambah darah juga bisa menjadi pilihan apabila teman-teman merasa lemas dan tidak berenergi.

7. Minum Jamu Kunyit Asam

Kandungan curcumin pada kunyit, dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri. Jamu kunyit asam ini mudah dibuat sendiri. Teman-teman bisa mencari di mesin pencarian resep membuat jamu kunyit asam. Buat sekaligus banyak dan simpan di dalam botol plastik taruh di lemari pendingin, insyaAllah bisa tahan kurang lebih satu pekan.

8. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika tips-tips di atas masih belum mengurangi nyeri haid teman-teman, alternatif berikutnya adalah meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

Nah sahabat, beberapa tips di atas bisa dicoba untuk meredakan nyeri di kala haid. Rasa nyeri haid sebenarnya merupakan hal yang norma. Biasanya nyeri haid akan menghilang seiring dengan ertambahnya usia. Namun, teman-teman perlu memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami kondisi-kondisi sebagai berikut:

  1. Nyeri haid terasa sakit luar biasa
  2. Merasakan nyeri di luar siklus haid
  3. Keluar cairan vagina yang kental dan berbau
  4. Demam disertai nyeri pinggul
  5. Darah haid sangat banyak sehingga perlu mengganti pembalut setiap 1-2 jam.

Demikianlah sahabat  8 tips dan kiat mudah dalam meredakan sakit nyeri saat haid. Semoga dapat bermanfaat.

Previous articleInilah Bahan Kain Sutra, Ciri-cirinya, Kelebihan dan Kekurangannya Yang Perlu Anda Ketahui
Next articleAdab Interaksi dengan Lawan Jenis
Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Leave a Reply