Pahala di Balik Hijab

Hijab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah yang sudah baligh atau dewasa. Memakai hijab diwajibkan atasnya apabila seorang muslimah berada di depan non mahramnya. Hijab wajib diulurkan menutup seluruh tubuh kecuali muka dna telapak tangannya. Pahala apa saja yang bisa didapatkan ketika seorang muslimah memakai pakaian hijab yang sempurna sesuai syariat?

1. Pahala mendengar, taat, rela, dan berserah kepada perintah Allah dan Rasul-Nya. Artinya adalah kemenangan surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.
“Itulah hukum-hukum Allah dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya maka Allah akan memasukkannya ke dalam jannah-jannah yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Dia di dalamnya dalam keadaan kekal dan itulah kemenangan yang besar.” QS. An Nisa [4]: 13

2. Pahala ibadah yang anda gunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Karena Anda berharap akan meraih cinta yang disebutkan dalam firmanNya dalam hadits qudsi:
“Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya satu hasta. Jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta, maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa. Jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendatanginya dengan berlari.” HR Muslim no.2675

3. Meraih cinta Allah. Allah mencintai hijab, karena itu berharaplah agar Anda mendapatkan cinta dan ridha Allah lantaran Anda telah mengerjakan apa yang dicintai-Nya. Dalam sebuah hadits qudsi, Allah berfirman:
“Siapa yg memusuhi wali-KU, maka Aku umumkan perang kepadanya, & hamba-Ku tak bisa mendekatkan diri kepada-Ku dgn sesuatu yg lebih Aku cintai daripada yg telah Aku wajibkan, jika hamba-Ku terus menerus mendekatkan diri kepadaKu dgn amalan sunnah, maka Aku mencintai dia, jika Aku sudah mencintainya, maka Akulah pendengarannya yg ia jadikan untuk mendengar, & pandangannya yg ia jadikan untuk memandang, & tangannya yg ia jadikan untuk memukul, & kakinya yg dijadikannya untuk berjalan, jikalau ia meminta-Ku, pasti Kuberi, & jika meminta perlindungan kepada-KU, pasti Ku-lindungi. Dan aku tak ragu untuk melakukan sesuatu yg Aku menjadi pelakunya sendiri sebagaimana keragu-raguan-Ku untuk mencabut nyawa seorang mukmin yg ia (khawatir) terhadap kematian itu, & Aku sendiri khawatir ia merasakan kepedihan sakitnya.” [HR. Bukhari No.6021].

Baca Juga:  Jilbab, Benarkah Hanya Sekedar Penutup Rambut Kepala Saja?

4. Pahala sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah dan menjauhi maksiat kepada-Nya. Bersabar dari hinaan kaum yang tercela dan panasnya cuaca saat memakai hijab. Alangkah mulianya tetesan keringat yang mengalir di pipi Anda untuk memenuhi wajah Anda dengan kesucian ketika Anda mengharapkan pahala itu di sisi Allah. Keringat itu tidak akan membuat Anda gelisah selamanya karena itu tidak berarti bagimu sama sekali. Sebab, orang yang mencintai itu akan bersabar demi mendapatkan ridha yang dicintainya. Panasnya cuaca tidak akan pernah menjadi penyebab Anda meremehkan hijab selamanya karena Anda mengetahui dengan baik makna firman Allah sbb;
“..katakanlah, ‘Api neraka jahannam itu lebih sangat panas (nya), jika mereka mengetahui.” QS At Taubah [9]: 81

5. Pahala menolong Islam, yakni dengan cara menolong penerapan hijab syari dengan memperbanyak jumlah orang-orang yang mengamalkannya di dalam masyarakat. Maka bergembiralah dengan kemuliaan dan kemenangan. Allah berfirman;
“… Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong agamaNya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” QS Al Hajj [22]: 40

6. Pahala mencontoh para wanita shalihah.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra, bahwa seorang laki-laki mendatangi Rasulullah lalu berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang engkau katakan tentang seseorang yang mencintai suatu kaum, namun ia belum pernah bertemu dengan mereka?” Rasulullah menjawab, “Seseorang itu bersama orang yang ia cintai.” HR Bukhari

7. Pahala menjaga kesucian.
Karena Anda diperintahkan untuk menjaga kehormatan dan diri Anda. Ini merupakan ibadah yang mendatangkan pahala bagi Anda. Hijab akan memabantu Anda untuk menunaikan ibadah ini.

8. Pahala menjaga masyarakat dari percampuran antara laki-laki dan perempuan. Karena bila Anda komitmen untuk berhijab yang sesuai syariat secara sempurna, maka Anda bersama muslimah lainnya yang ia juga berhijab akan berperan sebagai pencegah yang menghalangi laju kerusakan di negara Anda. Adapun bila jumlah muslimah yang berhijab di negara Anda hanya sedikit, maka ingatlah bahwa aliran besar itu dimulai dengan satu tetesan air. Maka pakailah pakaian hijab dan berharaplah pahala dengan Anda menjadi satu tetes air itu.

Baca Juga:  Makhorijul Huruf Hijaiyah, Materi Kelas Tahsin Pemula

9. Pahala menghidupkan dan membudayakan sebuah keutamaan. Sebab masyarakat yang semua wanitanya berhijab, maka itu lebih besar kemungkinan bahwa kebanyakan adalah wanita yang suci dan terjaga kehormatannya. Hijab Anda merupakan satu batu bata utama dalam bangunan keutamaan itu. Karena itu peganglah dengan keyakinan ini kuat-kuat karena badai di sekitar Anda.

10. Pahala menyelisihi yahudi dan nasrani. Berharaplah pahala karena hijab itu merupakan salah satu tanda yang membedakan umat Islam. Dan merupakan bentuk penyelisihan terhadap yahudi, nasrani, dan selain mereka.

11. Pahala tolong menolong dalam kebajikan dan takwa. Hal itu karena dengan Anda memakai hijab yang islami, maka Anda telah menolong dengan muslimah lain yang berhijab untuk membantu para pemuda muslim dalam menjaga dirinya hingga tidak terfitnah dengan Anda.

Leave a Reply