Tips Mudah Merawat Gamis dengan Bahan Kain Balotelli

0
11473

Busana muslimah terutama gamis syar’i dan hijab dengan bahan kain balotelli atau balotelly adalah hal yang tak asing lagi tentunya bagi sahabat muslimah. Hal ini karena karakteristik dan sifat kain yang tebal dan tidak menerawang dan juga adem sehingga nyaman dipakai. Untuk lebih jelasnya tentang bahan balotelli ini sahabat dapat membaca artikel kami sebelumnya: Inilah Bahan Balotelli, Karakteristik dan Penggunaannya.

Contoh baju gamis dengan bahan balotelli
Contoh baju gamis dengan bahan balotelli. image: internet

Namun walaupun bahan balotelli ini memang mampunyai sifat yang adem dan enak dipakai, sahabat juga harus mengetahui bagaimana cara merawat busana dari bahan ini agar awet dan tidak cepat rusak. Karena kalau sahabat salah dalam proses perawatannya maka bukan tidak mungkin kalau gamis yang sahabat sukai akan cepat rusak, warna menjadi tidak menarik dan juga serat kainnya menjadi kasar, dan lainnya. Nah untuk menghindari hal tersebut, dalam artikel ini kami jelaskan bagaimana tips mudah merawat gamis dengan bahan kain balotelli.

Cara Mencuci Gamis Berbahan Balotelli

Bahan kain balotelli ini adalah salah satu jenis bahan kain katun sehingga agak rentan dengan pencucian yang kasar atau ekstrim. Cara mencucinya adalah dengan menggunakan air dingin, hindarilah menggunakan air panas walaupun banyak yang menyebutkan bahwa air panas akan mudah melarutkan kotoran atau noda yang membandel. Namun apabila memang tidak ada pilihan lain, sahabat bisa menggunakan air panas dengan ekstra hati-hati.

gamis berbahan kain balotelli
gamis berbahan kain balotelli. image: bundaaisyah.com

Cara mencucinya apabila menggunakan tangan atau manual, kuceklah dengan pelan, hindari terlalu keras dalam menguceknya. Atau jika menggunakan sikat, gunakan sikat yang lembut sehingga tidak akan merusak serat kain balotelly ini.

Menjemur Gamis

Setelah dicuci, langkah selanjutnya adalah dengan menjemur busana dari bahan baloteli ini. Cara menjemurnya adalah dengan mengangin-anginkan saja atau letakkan di tempat yang teduh dan terlindungi dari sengatan sinar matahari secara langsung. Hal ini dimaksud agar warna dari busana muslimah yang sahabat jemur tidak mudah pudar.

Baca Juga:  Inilah Bahan Spandek, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Penggunaan Kain Spandex

Saat menjemurnya sebaiknya pergunakan hanger atau gantungan baju agar gamis tidak terlipat dan juga tidak berubah bentuk.

Menyeterika

Setelah dijemur, langkah berikutnya adalah menyeterika gamis berbahan balotelli ini agar licin dan tidak kusut. Cara menyeterikanya adalah dengan menggunakan panas sedang, jangan terlalu panas yang akan mengakibatkan serat kain menjadi rusak. Atau jika sahabat mempunyai seterika jenis uap, hal ini akan lebih baik lagi karena uapnya akan menjadikan busana lebih cepat licin dan juga menjaga bahan tetap halus dan tidak kasar. Dengan serat busana yang tetap terjaga akan menjadikan gamis ini akan nyaman dan adem digunakan.

Penyimpanan Gamis Berbahan Kain Balotelli

Langkah terakhir dari proses perawatan busana gamis dengan bahan kain balotelli ini adalah menyimpannya agar siap dipakai kapan saja.

Meskipun kain Balotelli banyak di sukai karena bahannya yang nyaman di pakai, namun kain Balotelli termasuk jenis kain yang mudah kusut. Untuk itu, sebaiknya sahabat menggunakan gantungan pakaian untuk menyimpannya di lemari. Jika sahabat melipatnya, maka hal ini akan sedikit menyusahkan sahabat karena harus menyetrikanya dua kali, yaitu sebelum dan sesudah di simpan di dalam lemari. Penggunaan gantungan pakaian juga akan memudahkan sahabat ketika harus mengambil pakaian secara cepat atau terburu-buru, dibandingkan jika ditumpuk dengan busana lain.

Demikianlah tips mudah dalam perawatan gamis dan busana muslimah lainnya yang berbahan kain balotelli. Semoga dapat menambah wawasan sahabat tentang bahan kain dan juga bagaimana cara merawatnya agar kain tetap awet dan tidak mudah rusak.

Leave a Reply