31.9 C
Jakarta
Monday, May 27, 2024

Buy now

spot_img

Karakteristik Bahan Koshibo: Kelebihan dan Kekurangannya

Karakteristik bahan koshibo yang harus Anda ketahui sebagai muslimah. Pertama, bahan kain ini adalah salah satu jenis kain yang sedang populer di kalangan pecinta fashion, khususnya hijabers. Bahan koshibo banyak digunakan untuk membuat jilbab, gamis, blus, dan busana muslim lainnya. Setelah itu bahan koshibo memiliki tekstur yang lembut, ringan, jatuh, dan bercahaya. Bahan koshibo juga memiliki karakter crepe dengan sandy effect yang membuatnya terlihat unik dan elegan.

karakteristik bahan koshibo. image credits: alibaba

Karakteristik Bahan Koshibo: Kelebihan dan Kekurangannya

Namun, apakah Anda sudah tahu apa itu bahan koshibo, bagaimana proses pembuatannya, apa saja kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana cara merawatnya? Jika belum, maka artikel ini akan memberikan informasi lengkap tentang karakteristik bahan koshibo yang perlu Anda ketahui. Simak panduan lengkap kami berikut ini!

Apa Itu Bahan Koshibo?

Bahan koshibo adalah salah satu jenis kain woven fabric yang terbuat dari serat polyester 100%. Serat polyester adalah serat buatan yang dibuat dari bahan-bahan kimia tertentu yang dicampurkan dan diproses hingga berbentuk cairan kental. Cairan ini kemudian dimasukkan ke dalam mesin melt spinning untuk dijadikan serat polyester.

Bahan kain koshibo dibuat dengan teknik woven atau tenun, yaitu teknik pembuatan kain dengan menyilangkan benang pakan (horizontal) dan benang lungsin (vertikal) secara berselang-seling. Bahan koshibo menggunakan teknik woven sateen-weave, yaitu teknik tenun yang membuat permukaan kain bercahaya dan lembut di tangan.

Bagaimana Proses Pembuatan Bahan Koshibo?

Proses pembuatan bahan koshibo meliputi beberapa tahap, yaitu:

  1. Pembuatan serat polyester, yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan kimia tertentu, seperti ethylene glycol, terephthalic acid, dan antimony trioxide, dalam reaktor kimia. Campuran ini kemudian dipanaskan hingga berbentuk cairan kental yang disebut polimer.
  2. Pembuatan benang polyester, yaitu dengan memasukkan polimer ke dalam mesin melt spinning, yang berfungsi untuk menarik dan mendinginkan polimer hingga berbentuk serat halus. Serat ini kemudian dipintal menjadi benang polyester dengan mesin ring spinning atau open end spinning.
  3. Pewarnaan benang polyester, yaitu dengan menggunakan pewarna sintetis yang sesuai dengan warna yang diinginkan. Pewarnaan bisa dilakukan sebelum atau sesudah pembuatan benang, tergantung pada jenis dan kualitas pewarna yang digunakan.
  4. Penenunan kain koshibo, yaitu dengan menggunakan mesin tenun yang berfungsi untuk menyilangkan benang pakan dan benang lungsin secara berselang-seling. Penenunan menggunakan teknik woven sateen-weave, yaitu teknik tenun yang membuat permukaan kain bercahaya dan lembut di tangan.
  5. Pemotongan dan penyelesaian kain koshibo, yaitu dengan menggunakan mesin pemotong dan mesin jahit untuk memotong dan menjahit kain koshibo sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Pemotongan dan penyelesaian juga meliputi proses finishing, seperti pencucian, pengeringan, penyetrikaan, dan pelipatan kain koshibo.
Baca Juga:  Busana Gamis Syar’i, Gamis Anggun yang Banyak Diminati

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Koshibo?

Sesuai pada umumnya, karakteristik bahan koshibo memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Kelebihan bahan koshibo:

  • Teksturnya lembut, ringan, jatuh, dan bercahaya, sehingga cocok untuk membuat busana muslim yang nyaman dan elegan.
  • Karakternya crepe dengan sandy effect, sehingga terlihat unik dan tidak monoton.
  • Tidak mudah kusut, sehingga tidak perlu disetrika terlalu sering.
  • Tidak mudah luntur, sehingga warnanya tetap awet dan cerah.
  • Tidak mudah menyerap keringat, sehingga tidak mudah bau dan basah.

Kekurangan bahan koshibo:

  • Tidak mudah menyerap keringat, sehingga bisa membuat gerah dan panas jika dipakai di cuaca yang terik.
  • Tidak mudah menyesuaikan suhu tubuh, sehingga bisa membuat dingin jika dipakai di cuaca yang sejuk.
  • Tidak mudah menyesuaikan bentuk tubuh, sehingga bisa membuat kurang pas jika dipakai di tubuh yang berlekuk.
  • Tidak mudah menyesuaikan gerak tubuh, sehingga bisa membuat kurang nyaman jika dipakai untuk beraktivitas yang banyak.

Bagaimana Cara Merawat Bahan Koshibo?

Bahan koshibo memerlukan perawatan yang tepat agar tetap awet dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips cara merawat bahan koshibo yang bisa Anda lakukan:

  • Cucilah bahan koshibo dengan air dingin atau hangat, dan gunakan deterjen yang lembut dan tidak mengandung pemutih. Jangan mencuci bahan koshibo dengan air panas, karena bisa membuat kain menyusut dan warna pudar.
  • Jangan merendam bahan koshibo terlalu lama, karena bisa membuat kain melar dan warna luntur. Cukup rendam bahan koshibo selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih hingga tidak ada busa yang tersisa.
  • Jangan menjemur bahan koshibo di bawah sinar matahari langsung, karena bisa membuat kain kering dan warna pudar. Jemur bahan koshibo di tempat yang teduh dan angin, dan balikkan sisi dalam kain ke luar agar warna tidak cepat pudar.
  • Jangan menyetrika bahan koshibo dengan suhu yang terlalu tinggi, karena bisa membuat kain rusak dan berubah warna. Setrika bahan koshibo dengan suhu yang rendah atau sedang, dan gunakan kain penutup atau kertas koran agar kain tidak langsung terkena panas setrika.
  • Jangan menyimpan bahan koshibo di tempat yang lembab, karena bisa membuat kain berjamur dan bau. Simpan bahan koshibo di tempat yang kering dan bersih, dan gunakan plastik atau kantong kain untuk melindungi kain dari debu dan kotoran.
Baca Juga:  Inilah Bahan Kain Koshibo, Karakteristik, Harga dan Penggunaannya

Kesimpulan

Sahabat Gamisjilbabsyari.com, sebagaimana penjelasan di atas bahan koshibo adalah salah satu jenis kain yang populer di kalangan pecinta fashion, khususnya hijabers. Bahan busana muslimah jenis ini memiliki tekstur yang lembut, ringan, jatuh, dan bercahaya. Dan kabar baiknya bahan ini juga memiliki karakter crepe dengan sandy effect yang membuatnya terlihat unik dan elegan.

Bahan kain ini terbuat dari serat polyester 100% yang dibuat dengan teknik woven sateen-weave. Selain itu bahan ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui, serta memerlukan perawatan yang tepat agar tetap awet dan berkualitas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi lengkap tentang karakteristik bahan koshibo yang perlu Anda ketahui. Selamat mencoba!

Maryam
Maryam
Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru