32.3 C
Jakarta
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Tips Siaga Menghadapi Demam, Batuk, Pilek dan Sakit Tenggorokan

Bulan Agustus – September pada tahun ini 2022 banyak teman-teman yang mengeluhkan kondisi staminanya yang kurang fit. Sebagian besar yang dirasakan adalah mirip gejala flu seperti batuk, pilek, pusing, pegal-pegal bahkan demam. Sedihnya, anak-anak juga tak luput dari serangan batuk, pilek dan demam.

Nah, bagaimana sikap yang haruskita lakukan sebagai langkah awal menghadapi mampirnya si batuk, pilek, demam dan sakit tenggorokan ini?

  1. Siapkan termometer

Termometer berfungsi untuk memantau suhu tubuh di kala ibu atau anak ibu demam. Jangan mengandalkan sentuhan tangan, karena terkadang terasa di tangan hangat namun ternyata ketika dicek menggunakan termometer, suhu tubuh sudah tinggi.

  1. Siapkan paracetamol

Paracetamol merupakan obat yang cukup ampuh untuk mengatasi keluhan demam yang dirasa. Sedia selalu paracetamol tablet untuk dewasa dan paracetamol sirup untuk anak-anak. Harga untuk obat paracetamol ini cukup terjangkau. Untuk tablet ada di kisaran harga Rp3000-Rp 5000 per strip (isi 4 tablet) tergantung merknya.

Untuk anak-anak, ibu bisa menyediakan paracetamol sirup dengan pilihan rasa buah untuk mengurangi pahitnya obat.

Apabila suhu tubuh sudah mencapai di atas 37,6 berikan segera paracetamol sesuai dosis yang disarankan.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Bukan hanya di saat sehat, ketika sakit pun diusahakan untuk memperbanyak minum air putih. Air putih hangat sangat dianjurkan karena mampu menghangatkan tenggorokan serta memberikan rasa nyaman ketika sedang batuk dan atau sakit tenggorokan.

Minum air putih juga menjaga tubuh supaya tidak kekurangan banyak cairan karena demam.

  1. Sediakan Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bermanfaat untuk mencegah perut kembung dan masuk angin yang biasa menyertai kondisi tubuh yang sedang tidak sehat. Aroma minyak kayu putih juga mampu melegakan hidung yang tersumbat.

Baca Juga:  Tips Menumbuhkan Kecintaan Anak pada Buku dan Dunia Bacaan

Untuk anak-anak yang kurang suka dengan aroma minyak kayu putih yang kuat, bisa memakai minyak telon sebagai penggantinya.

  1. Siapkan madu dan kurma

Seringkali ketika sakit, nafsu makan menjadi berkurang drastis. Hal ini bisa disiasati dengan konsumsi madu dan atau kurma. Ibu bisa membuat minuman segar dan menyehatkan dengan cara menambahkan satu sendok makan madu murni ke dalam segelas air putih hangat. Aduk sambil bacakan al fatihah dan doa memohon kesembuhan kemudian minum dengan 2-3 tegukan. Jangan lupa untuk membaca basmallah dan minum sambil duduk.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya: “Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit” (HR. Bukhari).

Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak serta segudang manfaat yang baik untuk membantu tubuh sehat kembali. Sedangkan kurma, bermanfaat untuk membantu supaya tubuh tidak lemas dan lebih bertenaga.

  1. Rempah-rempah dan bumbu dapur

Beberapa rempah dan bumbu dapur yang bisa ibu manfaatkan ketika ada anggota keluarga yang sakit di antaranya;

  1. Bawang Merah

Iris tipis bawang merah, campurkan dengan minyak kayu putih atau minyak telon, kemudian usapkan sambil berikan sedikit pijatan di telapak kaki, dada dan juga punggung. Pijatan menggunakan ramuan ini bermanfaat untuk membantu menurunkan demam/panas pada tubuh serta mencegah terjadinya kejang demam. Apabila telapak kaki terasa dingin dan pucat, usap berulang kali menggunakan minyak kayu putih sampai terasa hangat dan pakaikan kaos kaki atau selimut sampai menutup telapak kaki.

Baca Juga:  Mengapa Wanita Terlihat Lebih Cepat Tua Dibandingkan Pria? Inilah Faktor-faktor Penyebabnya

2. Kunyit

Rempah berwarna kuning yang satu ini bisa ibu gunakan sebagai anti virus dan atau anti bakteri. Caranya, kupas dan cuci bersih kunyit (cukup seukuran 1 ruas jari) kemudian parut dan peras sampai mendapat saripati kunyit sebanyak ¾ sendok makan. Tambahkan sedikit madu dan silakan dikonsumsi. Jangan lupa baca basmallah sebelum konsumsi kunyit madu ini.

3. Jahe

Sudah menjadi rahasia umum kalau jahe adalah obat batuk segala zaman. Siapkan air panas dalam sebuah cangkir, cuci bersih jahe, belah menjadi dua bagian memanjang, kemudian geprek memakai ulekan. Masukkan ke dalam cangkir berisi air panas yangsudah disiapkan sebelumnya. Tunggu beberapa menit sampai saripati jahe keluar dan bercampur dengan air. Tambahkan madu untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

4. Jeruk Nipis

Resep turun temurun yang (mungkin) masih sering dipraktekkan karena bahannya mudah didapat serta praktis cara pembuatannya. Peras jeruk nipis di atas sebuah sendok makan, berikan sedikit kecap manis, panaskan sebentar di atas lilin kemudian bismillah minum. Resep tersebut dipercaya mampu mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Namun, bila mau sedikit memodifikasi, air perasan jeruk nipis dicampurkan ke secangkir air putih hangat, tambahkan madu, maka tak kalah hangat dan nyaman sensasi yang didapat ditenggorokan. Selamat mencoba.

 

 

 

Maryam
Maryam
Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru