27.3 C
Jakarta
Monday, April 22, 2024

Buy now

spot_img

Inilah 16 Jenis Bahan Katun dan Ciri-cirinya Yang Wajib Sahabat Ketahui

Gamisjilbabsyari.com – Berbagai jenis bahan katun yang beraneka ragam di pasaran membuat Sahabat bingung saat akan berbelanja busana muslim? Jangan kuatir, dengan beraneka ragamnya bahan katun di pasaran memang terkadang membuat kita bingung mengenali jenis-jenisnya dan mana bahan kain katun yang cocok untuk kita. Apalagi dengan kualitas yang berbeda dan harga yang juga berbeda, jika kita tidak hati-hati dalam membelinya ada kemungkinan kita ditipu oleh penjualn busana atau penjual kain katun dengan memberikan kualitas kain katun yang rendah dan harga yang tinggi.

Sebagai wanita muslimah tentunya Sahabat harus mengenakan busana muslim yang menutup aurat. Dengan kondisi iklim di Indonesia yang tropis dan cenderung panas, tentunya sahabat akan memilih busana dari bahan yang tidak menyebabkan kegerahan atau keringat, salah satunya yang banyak disukai orang adalah bahan katun atau cotton ini. Bahan katun banyak dipilih karena memang adem dipakai, halus dan enak dipakai. Namun bagaimana saat kita berbelanja dan memilih busana muslim dari bahan katun agar cocok dengan keinginan kita? Apalagi dengan banyaknya toko busana muslimah online yang bertebaran di internet yang menjual busana dari bahan katun ini. Jika kita tidak waspada dalam memilih maka tidak jarang kena tipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Nah, untuk menghindari hal seperti itu, Sahabat harus mengetahui dengan jelas jenis-dan ciri-ciri bahan katun. Di blog ini kami di GamisJilbabSyari.com akan mencoba mengulas secara lengkap apa itu bahan katun, ciri khas dan juga jenis-jenisnya.

Tips Mengetahui Ciri-ciri dan Jenis Bahan Katun Dengan Mudah

Bahan katun pada dasarnya adalah kain yang dibuat dari bahan serat kapas, sehingga dalam bahasa Inggris dinamakan dengan cotton yang artinya adalah kapas. Karena bahan utama dari bahan kain ini adalah kapas maka ciri-ciri utama pada bahan ini adalah sebagai berikut:

1.Bahan katun mempunyai tekstur yang halus dan lembut
2.Bahan ini sifatnya kuat dan tahan lama.
2.Terasa nyaman di badan
3.Cocok untuk dipakai di segala cuaca karena adem dan tidak panas.
3. Perawatan busana dari bahan katun ini relatif lebih mudah.
4. Karena terbuat dari serat alami maka kain katun tidak membuat alergi.

16 Jenis Kain Katun Yang Harus Sahabat Ketahui

Seperti yang sudah dijelaskan secara umum bahwa bahan katun memiliki kelebihan dimana bahannya adem dan sangat cocok dipakai di daerah tropis seperti di negara Indonesia tercinta ini, maka bahan katun menjadi banyak macamnya. Nah dengan beraneka ragamnya jenis kain katun yang ada di pasaran, sebagai muslimah yang selalu memakai busana muslim yang identik dengan kegerahan dan berkeringat, maka Sahabat wajib mengetahui jenis kain katun yang banyak beredar di pasaran ini agar mudah untuk mendapatkan sesuai dengan jenis dan harganya di pasaran. Jenis-jenis kain katun ini adalah sebagai berikut:

1. Bahan Kain Katun Biasa

Bahan kain katun biasa ini adalah kain katun dengan grade bawah dimana kualitas dan harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan jenis kain katun lainnya. Dari segi ketersediaan di pasaran, kain katun biasa juga teredia secara umum di toko-roko penjual kain. dengan kata lain Sahabat bisa mendapatkannya secara mudah di pasaran.

contoh bahan kain katun biasa atau lokal
contoh bahan kain katun biasa atau lokal. images: internet

Ciri-ciri dari bahan kain katun biasa ini antara lain:

– mempunyai motif yang macam-macam seperti polos, garis, kotak, bunga atau abstrak, maupun polkadot
– dari segi harga relatih lebih murah.
– pada gulungan kain dan di pinggir kain tidak ada ciri khusus seperti kode warna.
– daya serap keringat sedang sampai dengan bagus, tergantung prosentasi bahan katunnya.
– warnanya bermacam-macam dan awet meskipun masih dibawah keawetan kain katun Jepang.
– jenis kain katun ini mudah didapatkan di toko-toko kain

Ingin lebih detail mengenai kain katun biasa? Silahkan baca:

Bahan Kain Katun Biasa, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya Serta Cara Perawatannya

2. Kain Katun Rayon

Kain katun rayon banyak dibuat sebagai bahan dasar untuk memproduksi busana muslim, terutama untuk wanita dan anak-anak. Bahan katun rayon ini banyak digunakan karena teksturnya yang licin, ringan, dan adem ketika dikenakan.

bahan kain katun rayon
bahan kain katun rayon. images: internet

Bahan kain katun rayon memiliki ciri-ciri antara lain:

– tekstur bahannya agak licin dan ringan
– mudah jatuh
– terasa adem digunakan.
– bahan kain katun rayon sama dengan katun umumnya yaitu mudah menyerap keringat.
– salah satu kelemahan katun rayon ini adalah mudah kusut.

Baca Juga:  Cara Merawat Busana Berbahan Poliester dengan Mudah

Untuk pembahasan detail kami telah menulis artikel lengkap tentang kain katun rayon, kelebihan dan kekurangan serta harga di pasaran.

3. Kain Katun Bangkok

Kain katun Bangkok, dinamakan demikian karena asal mulanya berasal dari sana. Ciri-ciri dari kain katun bangkok yang paling menonjol adalah motifnya yang berbau-bau khas Thailand seperti gambar gajah, istana khas bangkok dan sejenisnya.

contoh busana dari kain katun bangkok
contoh busana dari kain katun bangkok. images: internet

Selain itu ciri-cri lainnya adalah:

– memiliki tekstur yang agak sedikit kasar
– katun bangkok biasanya lebih tipis dari katun biasa, bahkan ada pula katun bangkok yang agak transparana atau menerawang.
– Katun bangkok biasanya dibuat untuk kemeja atau jenis blouse yang biasa dikenakan perempuan.

4. Katun Silk Sutera

Katun sutera merupakan kain katun yang bahannya terbuat dari kepompong ulat sutra. Sedangkan katun Silk tidak lain adalah campuran atau kombinasi kain sutra dan kain katun. Karena perpaduan tersebut, katun silk sutera menjadi licin, lembut, dan halus. Kain katun silk sutera juga terkenal dengan kualitas kain yang awet, kuat, dan mudah dibentuk.

bahan kain katun silk sutera
bahan kain katun silk sutera. images: internet

Ciri-ciri dari kain katun sutera ini adalah:

– memiliki bahan yang ringan dengan tekstur licin khas sutra.
– nyaman digunakan,
– permukaannya halus dan kuat
– meski ringan, dan berkilau, katun ini kuat dan tahan lama

5. Kain Katun Cina.

Kain katun cina ini ada pula yang menyebutnya dengan bahan katun twill. Katun twill memiliki kualitas yang hampir sama dengan katun Jepang.

contoh bahan kain katun cina
contoh bahan kain katun cina. images: aliexpress

Katun twill biasanya lebih tipis dan warnanya kurang kuat. Katun cina sering digunakan untuk bahan membuat sprei, sarung bantal, dan sarung guling. Di pasaran, banyak sprei yang memakai bahan katun twill ini, tapi dengan katun twill yang kualitasnya rendah. Jenis kain ini biasa hadir dengan warna-warna pastel yang tidak terlalu mencolok. Ingin mengetahui lebih detil tentang bahan ini, sahabat dapat membaca artikel kami tentang Bahan Katun Twill atau Katun Cina, Inilah Karakteristik dan Ciri-cirinya.

6. Kain Katun Satin Jepang.

Dinamakan katun satin jepang karena memang katun ini berasal dari Jepang. Jadi kalau sudah ada katun jenis ini dindonesia itu artinya import, sama halnya dengan film kartun. Ada pula yang menyebutnya dengan hanya Katun jepang. Jenis kain ini memiliki tekstur lembut dan adem sehingga nyaman dikenakan untuk pakaian sehari-hari.

contoh bahan kain katun jepang
contoh bahan kain katun jepang. images: internet

Ciri-cirinya dari kain katun jepang ini antara lain:

– terasa dingan dan adem di kulit
– teksturnya lembut
– memiliki warna yang kuat
– memiliki pilihan warna yang banyak

Untuk mengetahui lebih banyak tentang bahan ini, Sahabat juga dapat membaca artikel  kami tentang bahan Katun Jepang, Kelebihan dan Kekurangannya yang Harus Sahabat Ketahui.

7. Kain Katun Paris

Kain katun paris ini merupakan jenis kain katun yang hampir sama dengan katun biasa. Katun paris, atau katun Paris Polos punya ciri-ciri lebih tipis dari katun biasa. Meski begitu, harga kain ini nyaris sama dengan yang lain yaitu diatas kain katun biasa.

contoh bahan kain katun paris
contoh bahan kain katun paris. images: internet

Bahan katun paris biasanya digunakan untuk membuat blouse wanita, gamis syar’i dan bahan kerudung atau jilbab.

8. Kain Katun Minyak

Dinamakan dengan kain katun minyak karena memang terlihat mengkilat atau berminyak. Namun di Indonesia masih jarang yang mengetahui tentang katun minyak ini. Katun minyak hampir sama dengan katun lainnya, hanya saja katun ini punya permukaan yang terkesan berminyak. Seperti slik sutra, hanya saja katun minyak memiliki kilap lain dengan katun silk sutra. Sayangnya, tekstur mengkilap ini perlahan luntur selama beberapa kali proses pencucian.

contoh bahan kain katun minyak
contoh bahan kain katun minyak. images: internet

Selain mengkilap, kain katun minyak juga memiliki ciri-ciri yang lain yaitu:

– harga sama dengan katun biasa.
– daya serap keringat lumayan.
– kilap akan berkurang setelah beberapa kali pencucian.

9. Katun Silk/ India/ Zada

Katun silk atau india atau zada ini ada 2 jenis yaitu yang tipis dan tebal.

contoh baju koko dibuat dari kain katun india
contoh baju koko dibuat dari kain katun india. images: internet

Ciri-ciri kain katun ini adalah :

– permukaan kain lebih mengkilap.
– harga sedikit lebih mahal diatas katun biasa, namun tidak semahal katun Jepang.
– daya serap keringat paling rendah.
– warna kilapnya awet meskipun sering dicuci.

10. Bahan Katun Ima

Bahan Katun ima adalah salah satu jenis kain katun yang tentunya dibuat dari bahan dasar serat kapas. Bahan ini memiliki sifat yang halus, rapi, dan jika digunakan menjadi busana akan memberikan efek dingin yang menyejukkan. Dan jika sahabat memperhatikan permukaan kain ini secara cermat maka akan terlihat garis-garis kecil yang memiliki warna senada dengan warna dasar kain.

Baca Juga:  Ingin Belajar Membatik? Inilah Alat dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis

Ciri-ciri dari bahan katun ima antara lain:

  • Adanya tulisan “Pure Cotton Japanese” yang berarti asli memakai serat katun 100% tanpa tambahan serat sintetis terlihat di bagian paling ujung katun import dari Negeri Sakura.
  • Katun ima memiliki tekstur yang tidak berbulu, lebih ringan, dan relative lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis katun lainnya.
  • Serat katun alami yang dijadikan bahan utama katun Ima dapat menyerap keringat dengan sangat baik

    contoh gulungan kain katun ima di toko kain
    contoh gulungan kain katun ima di toko kain. image: tokopedia
  • Dilihat dari sisi harga, katun ima memiliki harga yang terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan katun biasa.
  • Banyak yang mengatakan jika katun ima memiliki tampilan fisik yang shiny atau mengkilap, tetapi ternyata katun yang yang shiny tersebut lebih disebut dengan katun sateen. Sateen dan satin adalah jenis kain yang berbeda. Sateen menggunakan struktur tenun satin tetapi menggunakan jenis benang yang berbeda yakni benang pintal bukan benang filament.

Untuk lebih jelasnya mengenai bahan ini silahkan sahabat baca artikel kami tentang Bahan Katun Ima , Kelebihan dan Kekurangan Serta Penggunaannya.

11. Kain Katun Combed

Kain katun combed merupakan bahan kain jenis katun yang dibuat dengan cara combing atau sisir yang menjadikan kain ini memiliki tekstur halus dan lembut. Proses combing merupakan proses menyisirserat kain. Dengan cara ini dihasilkan serat-serat panjang sehingga menjadi benang untuk membuat kain.

contoh kain katun combed
contoh kain katun combed. image credits: medium.com

Banyak jenis kaos yang dibuat dari bahan kain katun combed ini karena bersifat meyerap keringat dengan baik. Ada 3 tingkatan ketebalan pada jenis katun combed:

  • Katun combed 24s yang paling tebal
  • Katun combed 30s dengan ketebalan sedang
  • Katun combed 40s yang paling tipis.

12. Kain Katun Carded

Berbeda dengan bahan kain katun combed, kain katun carded dibuat dengan cara carding yang menjadikan kain ini memiliki tekstur tidak sehalus kain katun combed. Proses carding yaitu menggunakan proses garuk yang menghasilkan serat-serat pendek menyatu, tak heran jika seratnya cenderung kasar.

contoh kain katun carded
contoh kain katun carded. image credits: pusatkonveksi.com

Seperti halnya dengan kain katun combed, jenis kain ini memiliki daya serap keringat yang baik. Katun carded biasa digunakan untuk membuat kaos dengan berbagai warna dan ukuran.

13. Kain Katun Denim

Kain katun denim mempunyai ciri khas teksturnya yang cenderung kasar dan kuat sehingga menghadirkan kesan tegas dan maskulin. Oleh karena itu biasa katun denim dimanfaatkan untuk bahan dasar membuat jaket, celana, dan rok.

contoh kain katun denim
contoh kain katun denim. image credits: aliexpress.com

Di pasaran sendiri kain katun denim lebih terkenal dengan sebutan bahan Jeans, padahal Jeans sendiri merupakan merek dagang pakaian yang menggunakan katun denim sebagai bahan dasarnya.

14. Kain Katun Flanel

Katun flanel biasanya identik dengan motif kotak-kotak. Oleh karena itu jenis kain ini banyak dimanfaatkan sebagai kemeja. Salah satu ciri lainnya adalah kain katun flanel memiliki tekstur berbulu di salah satu sisinya.

contoh kain katun flanel
contoh kain katun flanel. image credits: tokopedia.com

Jenis kain ini juga memiliki permukaan yang lembut karena proses penyikatan atau brushed selama pembuatannya.

15. Kain Katun Strecth

Dari sisi pembuatannya kain katun stretch dihasilkan dari kombinasi serat alami kapas dengan lycra atau spandek sehingga menghasilkan kain yang melar atau elastis.

contoh kain katun stretch
contoh kain katun stretch. image credits: shanehijab.com

Selain sifatnya yang elastis, katun stretch juga memiliki daya serap keringat yang baik. Karena karakteristik tersebut maka katun stretch banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan busana seperti legging, celana, kaos, pakain dalam, hingga gamis.

16. Kain Katun Supernova

Jenis kain katun supernova banyak dikenal dengan ciri khas bahan yang halus, lembut, adem dan dan juga cenderung ringan.

contoh kain katun supernova
contoh kain katun supernova. image credits: garudaprint.com

Jenis kain ini banyak dipakai sebagai bahan dasar membuat baju koko, gamis syar’i, jilbab, dan juga pakaian formal lainnya.

Demikianlah Sahabat Gamisjilbabsyari 16 jenis bahan kain katun dan juga karakteristiknya yang bagus yang banyak beredar di pasaran. Dengan mengetahuinya maka Sahabat akan lebih mudah dalam memilih busana muslimah seperti baju gamis syar’i atau jilbab yang ter buat dari bahan katun dengan melihat jenis kain dan juga harga jualnya. Semoga bermanfaat.

Maryam
Maryam
Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Artikel Terkait

26 COMMENTS

  1. itu bukan ‘katun’ tapi kain kaleee – kain rayon, sutra, paris. katun tuh dari cotton (kapas).
    Rayon dari bambu, silk dari serat ulat sutera, dsb.

  2. Kalo kain katun yang biasanya di pakai buat celana harem casual yang motif garis samping biasanya import dari korea, itu kira” katun apa ya kak?

  3. Assalammualaikkum, Kak kalau kain yang agak tebal tapi adem dan nyerap keringat itu jenis kain katun apa ya? Saya cari pengertian di internet belum ketemu yang pas. Terimakasih

    • maaf sis, untuk katun kasiana ini kami masih belum mendapatkan info detailnya sehingga belum berani menuliskannya di blog. Barangkali sis ada contoh produk yang bisa kami lihat dengan bahan katun kasiana ini?

Leave a Reply

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

%d