Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Dunia Fashion Apakah Bahan Wolfis Itu? Inilah Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Harganya

Apakah Bahan Wolfis Itu? Inilah Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Harganya

0
446629

GamisJilbabSyari.com – Bahan wolfis, kain wolfis atau woolpeach memang beberapa tahun belakangan ini banyak disebut-sebut sebagai salah satu bahan kain untuk membuat busana muslimah yang banyak dicari oleh muslimah. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya apa bahan wolfis itu dan bagaimana karakteristiknya? Nah dalam artikel berikut akan kami coba untuk menjelaskan apa dan bagaimana bahan wolfis atau woolpeach itu dana bagaimana pemakaiannya.

Pengertian Bahan Kain Wolfis

Bahan Woolpeach atau wolfis adalah suatu bahan kain yang terbuat dari campuran antara katun,sutra, dan tambahan campuran serat sintetis. Nama asal kain wolfis ini adalah Woolpeach namun karena lidah orang Indonesia yang agak susah dalam pengucapannya maka akhirnya menjadi kain Wolvis atau wolfis.

bahan wolfis
bahan wolfis . image: jzfabric . com

Sifat Bahan wolfis ini umumnya adalah mempunyai ketebalan dibawah bahan jersey sehingga relatif lebih tipis dan ringan. Akan tetapi walaupun tipis, kelebihan bahan woolpeach ini adalah tidak tembus pandang. Karakteristiknya halus, adem, ringan, namun tidak transparan, sehingga cocok untuk wilayah tropis seperti di Indonesia. Bahan ini sering dipakai sebagai busana muslimah. Bahan kain ini juga mempunyai kelebihan yang lain yaitu karena dibuat dari campuran serat sintetis, warna printing pada Woolpeach bisa lebih hidup daripada kain jenis lainnya seperti chiffon, sutera, saten, katun,dan kain lainnya.

Bahan yang satu ini terkadang disebut sebagai Woolpeach, Wolfis, Wolfiz, Kain Arab, dan juga Kain Arob. Woolpeach adalah jenis kain yang bisa langsung menjadi busana tanpa perlu furing lagi, bisa juga dibuat sebagai sax dress, khaftan mini, jilbab atau hijab dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan Sahabat. Lebar dari kain wolfis ini bervariasi, mulai dari ukuran 115 cm dan ada juga yang berukuran 150 cm.

inilah bahan wolfis atau woolpeach dan karakteristiknya
inilah bahan wolfis atau woolpeach dan karakteristiknya

Kain atau bahan wolfis termasuk jenis kain atau bahan chiffon tetapi tidak melalui proses lining. Yang dimaksud dengan proses lining adalah bahan pelapis berupa kain yang melapisi bahan utama baik sebagian maupun seluruhnya. Bahan lining sering juga disebut dengan furing. Bahan lining yang sering dipakai diantaranya yaitu: kain hero; kain HVL; kain abutai; kain satin; kain yasanta; kain dormeuil England; dan lain-lain.

Bahan wolvis sering juga disebut sebagai salah satu jenis kain arab. Tapi penyebutan disini bukan berarti kain ini diproduksi di Arab, namun penyebutan kain arab di sini adalah untuk menggolongkan bahan ini yang biasa di ekspor ke Timur Tengah. Lebar kainnya 150 cm jadi pas untuk membuat Abaya Ra’s tanpa menyambung kain.

Baca Juga:  Inilah Bahan Kain Koshibo, Karakteristik, Harga dan Penggunaannya

Karakteristik dan Ciri-ciri Bahan Kain Wolfis atau Woolpeach

Karakteristik dan ciri-ciri serta sifat bahan kain wolfis memiliiki ini antara lain:
1.memiliki serat yang halus dan rapat
2.bahannya tebal tetapi ringan
3.tidak panas sehingga nyaman dipakai
4.tidak mudah kusut
5.tidak transparan
6.tidak licin
7.hargnya terjangkau
8.kain atau bahan wolfis mudah disetrika, tetapi harus hati-hati jangan terlalu panas karena kain dan bahan ini tidak tahan panas.

Bahan Jet Black Dan Hubungannya Dengan Kain Wolfis

Apakah sahabat muslimah mengetahui nama bahan kain jet black? Bagi yang menyukai abaya model Timur Tengah pasti mengerti dengan istilah kain ini, karena abaya Saudi banyak yang menggunakan bahan jet black ini. Nah terus apa hubungannya dengan bahan wolfis?

Untuk warna, bahan kain wolfis ini sebenarnya mempunyai banyak warna pilihan yang dapat Sahabat pakai sesuai dengan selera, mulai dari warna cerah hingga warna-warna gelap. Nah untuk pasar Timur Tengah, orang daerah sana biasanya lebih memilih warna hitam sebagai bahan Abaya, sehingga kain wolfis yang diekspor ke Timur Tengah biasanya berwarna hitam. Setelah sampai di sana kemudian kain ini dicelup lagi dengan warna hitam pekat untuk menjadi kain Jet Black. Warna hitam ini banyak sekali dipakai oleh orang Arab menjadi busana wanita, karena warna hitam adalah “warna wanita” sedang kebalikannya warna putih untuk kaum laki-laki.

Meskipun kain Jet Black ada yang dibuat dari bahan wolfis, ternyata kain ini sendiri ada beberapa macam dan dinamakan berbeda-beda sesuai dari bahan kain pembuatnya. Salah satunya adalah kain Wolvis ini yang setelah melalui proses pencelupan dinamakan menjadi Jet Black Sahara.

bahan super jet black sahara
bahan super jet black sahara. image: tokopedia

Kemudian ada lagi Jet Black Torino yang bahan dasarnya adalah kain Yoris. Kain ini karakteristiknya lebih tebal dengan serat kain yang lebih timbul. Kemudian ada Jet Black Beauty yang ukuran bahannya lebih lebar dari Jet black Sahara dan Torino. Lebarnya sekitar 170 cm dan lebih tipis lagi dari kain Wolvis. Tapi meski lebih tipis kain ini hitamnya pekat jadi lebih gelap daripada kain hitam biasa.

Jenis Bahan Kain Wolfis

Seperti jenis bahan kain lainnya, jenis bahan kain wolfis ini secara umum terbagi menjadi 3 kategori, yaitu bahan wolfis grade A, grade B dan grade C. Perbedaannya antara lain:

Baca Juga:  Tips dan Cara Mudah Merawat Gamis Bahan Wolfis

1. Bahan wolfis Grade A, memiliki kualitas paling halus dan paling jatuh.
2. Grade B memiliki kualitas kurang halus dan kurang jatuh
3. Grade C memiliki kualitas agak kasar dan kurang jatuh.

Perbedaan antara bahan wolfis Grade A, grade B dan grade C ini adalah banyaknya material campuran yang digunakan untuk membuatnya. Semakin tinggi dan halus kualitasnya maka semakin mahal juga harganya. Sehingga dari ketiga grade tersebut, bahan wolfis Grade A harganya paling mahal, namun tentunya dengan kualitas yang paling bagus. Jadi jika Sahabat muslimah akan membeli atau berbelanja bahan kain wolfis, ada baiknya ditanyakan dulu ke penjual kainnya apakah itu masuk grade a, b atau c. Sahabat juga bisa berbelanja online di berbagai toko online atau internet yang menjual berbagai macam bahan kain ini. Tentunya sahabat harus berhati-hati dalam bertransaksi secara online karena sahabat tidak berhadapan secara langsung. (Baca: Pesan baju gamis online? Inilah tipsnya agar sahabat tidak kecewa).

contoh jilbab wolfis segiempat
contoh jilbab wolfis segiempat. image: tokosausan

Harga Bahan Wolfis Grade A

Untuk harga bahan kain wolfis ini lumayan beragam tergantung dari lokasi penjual dan juga grade atau kualitas bahan wolfis yang dijual. Secara umum para penjual di toko online membandrol kain wolfis grade A ini dengan harga antara Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 35.000,- per meter dengan lebar kain 150 cm. Namun jika Sahabat muslimah akan membeli bahan ini secara online, ada baiknya untuk dicek detail mengenai kualitas bahan wolfis, warna yang akan dibeli dan juga ukuran lebar, serta ketersediaan barang dan juga lama waktu pengirimannya. Dan untuk penjualnya juga sahabat harus lebih teliti untuk menjamin kepuasan sahabat dalam mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan.

Nah Sahabat, itulah beberapa keterangan tentang bahan kain wolfis atau woolpeach yang dapat kami sampaikan. Dengan mengetahui jenis dan karekteristik kain wolfis ini semoga Sahabat tidak akan rancu dan bingung lagi sehingga tidak mudah tertipu saat membeli busana muslim dengan bahan wolfis ini. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai bahan ini silahkan baca: Kelebihan dan Kekurangan Bahan Wolfis Untuk Busana Muslimah Yang Harus Sahabat Ketahui dan Cara Mudah Merawat Gamis Dengan Bahan Wolfis

Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: