Tips Mudah Menjaga Sweater Rajut Agar Tidak Mudah Rusak

0
943

Apakah sahabat muslimah mempunyai sweater rajut? Ya, hampir sebagian besar wanita mempunyai yang namanya sweater rajut ini, karena memang fungsinya yang lumayan penting untuk menghangatkan badan saat dinginnya musim hujan atau jika di luar negeri adalah saat masuknya musim dingin. Dan biasanya para wanita tidak hanya mempunyai satu buah sweater namun bisa dua atau lebih. Hal ini karena selain berfungsi untuk menahan dingin, juga banyak yang menyukai corak dan warnanya yang bermacam-macam sehingga mereka tidak sayang untuk memilikinya.

Namun sebagian besar wanita juga kurang mengerti akan perawatan terhadap sweater rajut ini, sehingga banyak yang rusak walaupun baru dipakai beberapa kali saja. Hal ini memang terkait dengan perawatan dari sweater rajut ini yang agak memerlukan perhtian khusus sehingga tidak mudah melar dan serat rajutannya longgar.

Terus bagaimana cara untuk perawatan dari sweater rajut ini? Nah berikut ini kami berikan tips mudah untuk merawat sweater rajut agar tidak cepat rusak. Tips ini dilansir dan diterjemahkan secara bebas dari website wikihow.

Tips Mudah Menjaga Sweater rajut Agar Tetap Bagus dan Tidak Mudah Rusak

tips menjaga sweater rajut
Inilah Tips Menjaga Sweater Rajut Arag Awet dan Tidak Mudah Rusak
  1. Mencuci sweater rajut dengan mesin cuci? Jangan deh

Sweater rajut memiliki serat benang rajut yang tidak serapat bahan kain biasanya. Hal ini membuat busana ini mudah untuk melar dan longgar saat tertarik-tarik, apalagai jika dicuci dengan menggunakan mesin cuci.

Sebaiknya sahabat muslimah mencuci sweater rajut kesayangan ini dengan menggunakan tangan saja.Dengan menggunakan tangan sendiri maka akan lebih berhati-hati sehingga serat rajutannya tidak cepat rusak.

Hal lain dalah jangan terlalu sering mencucinya. Lebih baik jika sehabis memakainya dan ternyata sweater rajut ini masih bersih, maka gantunglah dengan menggunakan hanger, dan tempatkan di ruangan yang banyak anginnya. Dengan menggunakan metode ini akan cepat mengeringkan sweater rajut tanpa perlu kuatir warnanya cepat enjadi pudar.

  1. Gunakan Hanya Sabun Cair yang Lembut saja

Sweater rajut ini sebaiknya mencucinya dengan menggunakan tangan atau secara manual saja. Sebaiknya gunakanlah deterjen yang lembut yaitu sabun cari saja, jangan menggunakan deterjen biasa yang panas dan kasar. Hal ini untuk menghindari kasarnya deterjen yang akan mengakibatkan bahan sweater rajut menjadi rusak.

  1. Dalam Menjemur, Jangan di Bawah Terik Matahari Langsung

Dalam menjemur sweater rajut yang habis dicuci, sedapat mungkin jangan menjemurnya di bawah terik matahari langsung. Hal ini karena  warna sweater akan menjadi lebih cepat pudar dan lusuh. Sahabat muslimah dapat menjemurnya ditempat yang terlindung dari sinar matahari, namun terjangkau oleh angin yang akan mempercepat proses pengeringan.

  1. Menyeterika Sweater Rajut Dengan Suhu Yang Sedang

Karakteristik dan sifat dari sweater rajut adalah tidak kuat panas. Oleh karena itu lebih baik sahabat muslimah menyeterikanya dengan suhu yang tidak terlalu panas. Hal ini akan menjadikan sweater rajut Anda lebih awet. Atau jika tidak diseterika juga tida apa-apa, karena sweater rajut tidak begitu mudah kusut.

  1. Dalam Penyimpanan Lebih Baik dilipat saja

Seperti sudah sahabat muslimah ketahui bahwa sebagian besar muslimah sekarang ini banyak yang mempraktekkan cara menyimpan busana seperti yang banyak disharing melalui situs youtube. Dan sebagian besar merekomendasikan untuk menyimpn sweater rajut dengan cara dilipat. Hal ini akan memperkecil peluang benang rajutannya terlepas atau melar karena berat busananya.

Baca Juga:  Busana Gamis Syar’i, Gamis Anggun yang Banyak Diminati

Nah demikianlah 5 tips mudah untuk menjaga sweater rajut sahabat agar awet dan tidak mudah rusak. Selain itu sahabat muslimah dapat mambaca tips dan artikel lainnya hanya di GamisJilbabSyari.com.

Leave a Reply