Adab Interaksi dengan Lawan Jenis

0
196

Gamisjilbabsyari.com – Di dalam kehidupan sehari-hari, seorang manusia pasti membutuhkan adanya interaksi sosial, yakni hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi. Di dalam agama Islam, proses interaksi sosial ini sudah diatur sedemikian rupa, termasuk interaksi antar lawan jenis; laki-laki dan perempuan. Apabila kita sering mendengar tentang etika, maka di dalam ajaran Islam, hal ini (etika) disebut dengan adab. Etika pergaulan atau adab dalam bergaul lawan jenis ini, diatur dengan indah dan rapi di dalam agama Islam dengan tujuan untuk menjaga kemuliaan antara keduanya (laki-laki dan perempuan).

Sebagian etika atau adab interaksi dalam pergaulan lawan jenis yang telah diatur dalam agama Islam adalah sebagai berikut.

adab berinteraksi dengan lawan jenis
adab berinteraksi dengan lawan jenis. image credits: umma.id

Adab Interaksi dengan Lawan Jenis

1. Tidak Berdua-duaan

Jika seorang laki-laki dan seorang wanita bukan mahram hanya berdua-duaan saja, maka yang ketiga adaah setan. Setan akan sangat mudah untuk terus menggoda dan membisikkan kepada mereka berdua untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama. Lalu bagaimana solusinya apabila sahabat muslimah memiliki keperluan dengan teman laki-laki? Maka ajaklah keluarga atau saudara atau teman perempuan lain untuk menemani.

2. Menundukkan Pandangan

Menundukkan pandangan atau bisa disebut dengan ghadul bashar merupakan salah satu adab dalam berinteraksi dengan lawan jenis. Mengapa harus menundukkan pandangan? Karena dari pandangan mata bisa memunculkan fitnah terhadap lawan jenis. Apabila kita senantiasa menundukkan pandangan insyaAllah akan terhindar dari fitnah lawan jenis dan hati tetap terjaga.

Imam Ibnul Qoyyim mengatakan, “Pandangan pertama yang sesaat adalah pandangan pertama kali yang terjadi tanpa kesengajaan orang yang memandang. Selama hatinya tidak sengaja, dia tidak mendapatkan hukuman. Jika dia melihatnya untuk yang kedua kali dengan sengaja, dia berdosa. Oleh karena itu, Nabi memerintahkan untuk memalingkan pandangan dan tidak boleh terus menerus menikmati apa yang dipandang. Karena memandanganya dengan lama, sama seperti mengulanginya.”

Baca Juga:  Karakter Para Pendidik Sukses

3. Menghindari Sentuhan Fisik

Dalam berinteraksi dengan lawan jenis yang bukan mahram, seharusnya tidak ada sentuhan fisik, meskipun hanya sekedar bersalaman. Larangan ini merupakan aturan dalam agama Islam yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasulullah.

4. Menjaga Kehormatan Diri

Hendaknya, seorang muslimah selalu menjaga kehormatan dirinya. Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menjaga kehormatan diri diantaranya adalah dengan menutup aurat secara sempurna, tidak melembut-lembutkan suara apabia berbicara dengan lawan jenis (berbicara dengan tegas dan intonasi yang datar, biasa saja), berbicara seperlunya dan berbicara hanya tentang hal yang penting saja.

Nah, poin-poin di atas adalah sebagian etika atau adab dalam agama Islam saat harus berinteraksi dengan lawan jenis (non mahram). Ingat, selama kita masih belum berkeluarga, maka kita masih berada dalam tanggungan orang tua kita. Jadi, komunikasikan selalu dengan orang tua apabila ada hal-hal yang perlu pertimbangan orang lain yang lebih dewasa.

Previous article8 Kiat Mudah dan Simpel Meredakan Nyeri Haid
Next article10 Tips Mudah Merawat Busana Berbahan Kain Tenun
Maryam
Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Leave a Reply