Untuk Menjaga Kesehatan Wanita, Inilah 8 Jenis Makanan Yang Wajib Dikonsumsi

0
227

Sahabat Gamisjilbasyari.com, sebagai wanita muslimah kita wajib menjaga tubuh kita tetap sehat sehingga dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan nyaman dan penuh semangat. Memang pada saat sehat kita seperti tidak bisa merasakan manfaat dari kesehatan ini, namun beda halnya saat Allah memberikan kita sakit. Kita sangat merasa kehilangan akan nikmat sehat ini dan sangat berharap agar tubuh kita segera pulih dari sakit.

Untuk menjaga kesehatan ini, setiap orang membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi bagi wanita, sumber makanan yang penuh dengan vitamin dan nutrisi sangat penting untuk melindungi tubuh wanita dari berbagai penyakit seperti pengeroposan tulang (osteoporosis), masalah kehamilan, kanker payudara, dan masalah kesehatan wanita lainnya. Nah apakah sahabat sudah mengetahui makanan apa saja yang kaya dengan vitamin dan minera yang sangat dibutuhkan oleh wanita untuk dapat tetap sehat? Simaklah daftarnya berikut ini.

Inilah 8 Jenis Makanan Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Wanita

1. Kacang Edamame

Kacang edamame beberapa waktu terakhir ini terkenal setelah banyak yang mengulas kandungannya yang sangat berguna bagi tubuh. Edamame mengandung banyak serat dan lemak baik yang dapat menjaga fungsi organ tubuh wanita tetap bekerja secara maksimal, meskipun usia terus bertambah.

kcang edamame
kcang edamame. pic: detikhealth

Ternyata tidak hanya itu saja, edamame juga mengandung isoflavon, yaitu senyawa mirip estrogen yang bisa membantu Sahabat saat masuk usia menopause. Isoflavon ini diteliti manaatnya ternyata sangat membantu wanita dalam mengatasi hot flashes atau sensasi panas dalam tubuh saat menopause.

2. Ikan Sarden

Kabar baik bagi sahabat yang sedang aktif menyusui buah hatinya, bisa rutin mengkonsumsi ikan sarden. Hal ini karena di dalam ikan sarden diketahui mengandung banyak asam lemak sehat, vitamin D, serta kalsium. Unsur-unsur tersebutsangat baik buat para ibu menyusui karena dapat meningkatkan kualitas ASI.

ikan sarden
ikan sarden. pic: sehatq

Ikan sarden juga sangat baik dikonsumsi oleh sahabat yangs edang mengandung. Ikan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang secara khusus terdiri dari DHA dan EPA. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak pada bayi dalam kandungan.

Baca Juga:  Inilah Cara Ruqyah Syar'iyyah yang Benar

Selain itu, manfaat sarden ternyata masih banyak lagi. Untuk wanita yang tidak sedang hamil dan menyusui, ikan sarden juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini sangat bermanfaat bagi wanita yang memiliki masalah hipertensi atau diabetes. Jika sahabat menderita sakit tersebut, ada baiknya sahabat mengonsumsi banyak kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang kaya serat dan rendah lemak ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah.

kacang-kacangan
kacang-kacangan. pic: detikhealth

Untuk sahabat yang kolesterolnya tinggi, cobalah untuk mengonsumsi secara rutin kacang merah, kacang kenari, atau kacang almond. Jenis kacang ini diketahui aman untuk menjaga kolesterol tubuh sahabat tetap stabil. Selain itu, dengan mengonsumsi 12 buah kacang kenari setiap harinya, sahabat akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

4. Buah Alpukat

Kalau buah yang ini pasti sahabat sudah banyak yang mengetahui manfaatnya. Ya, alpukat adalah salah satu buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) terbaik untuk menjaga kesehatan wanita. Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet alpukat dapat membantu menghilangkan lemak perut dan melindungi mata serta kulit Anda.

buah alpukat
buah alpukat. pic: merdeka.com

Dan yang sangat menarik adalah kebiasaan makan alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan LDL – Low Density Lipoprotein (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL – High Density Lipoprotein (kolesterol baik). Maka itu, cukup konsumsi seperempat hingga satu setengah buah alpukat setiap hari dan sahabat dapat membuktikan sendiri manfaatnya.

5. Sayur Brokoli

Sebagaimana diketahui bahwa brokoli termasuk salah satu sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita. Pada sayuran ini banyak mengandung sulforaphane yaitu zat kimia yang dapat membantu menurunkan kelebihan estrogen dalam tubuh sehingga mencegah risiko kanker.

sayur brokoli
sayur brokoli. pic: selarasa

Selain itu, sayuran yang berbentuk seperti pohon ini juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin-vitamin tersebut seperti vitamin C, vitamin A, serat, folat, kalsium, zat besi, dan kalium. Oleh karena itu sahabat dianjurkan untuk mengonsumsi paling sedikit 500 gram brokoli dalam seminggu.

6. Bermacam-macam Buah Beri atau Beri-berian

Buah beri-berian memiliki banyak varietas dan juga warna yang bervariasi. Dengan warna yang menarik sehingga banyak yang menyukainya. Misalnya saja blueberry, raspberry, dan blackberry. Namun ternyata tidak hanya cantik dari segi warnanya saja, buah beri-berian ini nyatanya banyak memberikan manfaat yang tak kalah menarik untuk kesehatan wanita.

Baca Juga:  Inilah Tips Mudah Dalam Mengatasi Bau Badan Yang Muncul Tiba-Tiba
buah beri berian
buah beri berian. pic: shutterstock

Telah diketahui bahwa buah beri-berian banyak mengandung flavonoid dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan. Bagi sahabat yang sudah memasuki usia lanjut, buah beri sangat cocok dikonsumsi untuk membantu menjaga ketajaman otak agar tak mudah pikun atau pelupa.

7. Yoghurt

Selain rasanya yang unik dan enak, ternyata yoghurt juga banyak mempunyai khasiat bagi tubuh kita. Bagi sahabat yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas, sahabat membutuhkan asupan kalsium tambahan agar terhindar dari osteoporosis. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika sumber kalsium terbaik terletak pada susu. Namun, bagaimana bila sahabat tidak suka minum susu?

yoghurt
yoghurt. pic: daftarharga.id

Nah sahabat tidak perlu cemas, karena sahabat bisa mengganti kebutuhan akan susu ini dengan makan yogurt. Yoghurt merupakan sumber kalsium yang tak kalah penting dari susu. Dalam penelitian ditemukan bahwa pada setiap 230 gram yogurt dapat memenuhi sepertiga kebutuhan kalsium sahabat setiap harinya. Maka itu, pilihlah yogurt yang diperkaya dengan vitamin D untuk membantu tubuh Anda menyerap mineral dengan lebih baik.

8. Buah Pepaya

Nah yang terakhir adalah buah pepaya. Buah pepaya yang terasa manis ternyata juga memberikan manfaat manis bagi kesehatan wanita. Warna jingga kemerahan pada buah pepaya berasal dari kandungan beta-karoten dan likopen. Dua hal tersebut sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker leher rahim dan payudara, dua penyakit paling mematikan bagi para wanita.

buah pepaya
buah pepaya. pic: iputan6

Dengan makan buah pepaya secara rutin, sahabat juga akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Sebab, pepaya mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah dari lonjakan drastis sebagai akibat penuaan.

Demikianlah sahabat artikel kesehatan kali ini dengan topik 8 jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh para wanita karena khasiat dan kandungannnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Marilah kita jaga kesehatan dengan rajin berolahraga, menjalani hidup sehat dan teratur serta makan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetap sehat dan semangat!

Previous articlePengertian Mukena Secara Lengkap Yang Harus Anda Ketahui
Next articleKamus Istilah Fashion Yang Harus Sahabat Ketahui
Just an ordinary muslimah who like blogging, traveling and play with kids.

Leave a Reply