Bahan Wolly Crepe, Inilah Jenis Kain yang Harus Sahabat Ketahui

Bahan wolly crepe ini beberapa tahun terakhir menjadi salah satu bahan kain yang banyak dipilih oleh para desainer untuk busana muslim. Apalagi setelah banyak artis yang mempromosikan busana muslim syar’I yang dibuat dengan bahan ini, maka bahan wolly crepe ini semakin bersinar dana banyak dicari. Namun apakah sahabat muslimah sudah mengetahui apa itu kain wolly crepe, karakteristiknya dan juga mengapa banyak dipilih? Nah dalam artikel kali ini kami akan mencoba menjelaskan dengan lengkap tentang jenis bahan kain ini sehingga sahabat muslimah nantinya dapat mengetahui dan menggunakan sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya.

Apa Itu Bahan Kain Wolly Crepe?

contoh bahan kain wolly crepe
contoh bahan kain wolly crepe. image: business-sdupreneur.com

Kain wolly crepe adalah salah satu jenis bahan kain yang sering diistilahkan dengan kain arab. Hal ini sama seperti halnya kain wolvis dan juga kain torino. Untuk karakteristik bahan kain ini agak sedikit panas tetapi bobotnya ringan, tidak terlalu tebal, halus dan lembut namun tidak begitu licin karena wolly crepe memiliki tekstur yang khas seperti berpasir. Hal ini sesuai dengan istilah crepe yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan semua jenis kain yang mempunyai tekstur berpasir atau keriput.

Bahan kain wolly crepe ini termasuk dalam kategori lightweight fabric, yang artinya termasuk kain yang mempunyai bobot yang ringan. Wollycrepe memang tidak transparan, sehingga kalau kita meletakan tangan atau benda dibawahnya hampir tidak mungkin kita dapat melihatnya.

Baca juga: Bahan Kain Maxmara, Karakteristik dan Jenisnya Yang Harus Sahabat Ketahui

Meski permukaan dari kain ini sedikit berpasir, namun ketika disentuh dengan tangan kain wolly crepe akan tetap terasa halus dan lembut. Karekteristiknya yang terkesan unik dan eksklusif menjadikan kain wolly crepe banyak dipilih sebagai bahan busana muslim sebagaimana bahan kain wolvis.

Apakah Kain Wolly Crepe dan Kain Wolfis itu Sama?

Ada pertanyaan yang sering dilontarkan oleh calon pembeli baju gamis saat mengetahui jika busana muslimah yang dijual itu terbuat dari bahan wolfis, yaitu apakah kain wolfis dan wolly crepe itu adalah bahan yang sama? Hal ini terjadi karena sering digunakan untuk membuat produk yang sama, kain wolly crepe tidak jarang dianggap mirip dengan kain wolvis. Padahal dari segi tekstur dan tampilannya, kain wolly crepe jelas terlihat berbeda dengan kain wolvis. Sebab pada permukaan kain wolly crepe ini terdapat tekstur berpasir. Untuk sahabat muslimah yang belum mengetahui tentang bahan kain wolfis atau wolfice bisa dibaca disini.

Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Bahan Wolly Crepe

Setelah mengetahui apa itu bahan kain wolly crepe, maka sahabat muslimah juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya agar tidak salah dalam memilih bahan ini saat akan membuat atau merancang busana.

bahan kain wollycrepe
bahan kain wollycrepe. image: internet

Kelebihannya adalah bahan ini termasuk dalam jenis bahan yang ringan atau lightweight fabric sehingga banyak muslimah yang menggunakannya untuk busana muslim syar’i mereka. Selain itu teksturnya yang  seperti berpasir atau kulit jeruk sehingga terkesan unik.  Kain wollycrepe juga digemari karena tidak panas di kulit, tidak lengket saat dipakai atau tidak nyeplak, bahannya  jatuh, tidak kaku, tidak licin, tidak terlalu tebal tapi tidak transparant, terasa halus dan tidak kasar. Selain itu juga pilihan warnanya yang banyak mulai dari warna-warna cerah atau ngejreng sampai dengan warna gelap dan kalem , semuanya ada. Sahabat muslimah tinggal pilih mau memakai warna apa yang sahabat sukai.

Sudah baca ini?: Inilah Bahan Kain Rayon, Karakteristik dan Jenis-jenisnya

Untuk kekurangan dari bahan wolly crepe ini antara lain bahan ini agak sedikit transparan, sehingga jika sahabat akan menggunakannya untuk bawahan seperti rok atau busana muslimah lainnya maka harus ditambah dengan dalaman atau furing. Selain itu bahan ini tidak begitu menyerap keringat sehingga jika sahabat adalah seorang yang mudah berkeringat maka harus diperhatikan betul apakah sahabat akan memakainya untuk beraktifitas di luar ruangan atau dalam ruangan yang berpendingin. Kalau untuk diluar ruangan tentunya lebih baik tidak memilih bahan ini.

Penggunaan Bahan Kain Wolly Crepe

Bahan wollycrepe ini banyak digunakan menjadi berbagai jenis busana seperti:

  • bahan membuat jilbab panjang yang syar’i baik instan, semi instan, segi empat ataupun pasmina
  • Gamis muslimah syar’i
  • Cadar, burdah dan sejenisnya
  • Baju koko
  • Gamis pria dan sejenisnya.

Demikianlah sahabat muslimah apa yang bisa kami jelaskan untuk bahan kain wolly crepe atau wollycrepe ini. Dengan mengetahui karakteristik, kelebihan dan kekurangan serta penggunaan bahan ini secara umum maka sahabat akan bisa memilih bahan yang cocok dengan selera sahabat dalam membuat busana muslim syar’i. Yang paling penting adalah dengan begitu banyak bahan kain yang dapat dipilih untuk busana muslimah seperti gamis, jilbab, jangan pernah melupakan unsur syar’i karena semua yang sesuai dengan syari’at akan membawa kita kepada keridhaan Allah SWT dan juga sebaliknya. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply