Inilah Bahan Kain Polyester, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan kain Polyester merupakan salah satu bahan yang sering kita dengar. Namun apakah sahabat muslimah sudah mengetahui jenis kain ini, serta kelebihan dan kekurangannya? Nah dalam kesempatan ini kami akan mencoba menyajikan info terlengkap mengenai bahan polyester ini bagi sahabat muslimah semua.

Bahan Polyester, Apakah Itu?

Nah sebelum melangkah jauh membahas kelebihan dan kekurangan jenis kain polyester ini, kita harus mengetahui hal dasarnya dahulu yaitu apa itu bahan polyester. Sehingga nantinya kita akan mudah untuk mengetahui perbedaannya dengan bahan lainnya.

contoh bahan kain polyester
contoh bahan kain polyester. image: DIYTrade.com

Bahan polyester adalah salah satu bahan kain yang dibuat melalui proses kimia sehingga disebut juga jenis kain sintetis. Dengan kata lain bahan ini tidak didapatkan secara alami dan juga tidak tersedia secara bebas di alam seperti halnya bahan lain layaknya bahan woll, cotton dan yang lainnya. Oleh karena itu kita hanya bisa mendapatkan bahan ini melalui proses kimia di pabrik.

Kain dengan bahan polyester ini dibuat dari serat polyester yang diproduksi secara kimia, sama halnya dengan bahan kain rayon yang sudah kita bahan di artikel sebelumnya. Perbedaan dari serat polyester dan rayon ini terletak dari bahan pembuatnya, dimana untk serat rayon dibuat dari selulosa yang biasa terdapat pada tumbuhan maka untuk serat jenis polyester ini dibuat dari bahan petroleum atau minyak bumi. Wah aneh juga ya sahabat, dari minyak bumi bisa dihasilkan serat kain?

Dari bahan petroleum inilah serat polyester dibuat. Tentu dengan proses kimia yang panjang dan juga rumit, dengan pencampuran bahan minyak bumi, batu bara, udara dan air. Reaksi antara petroleum atau minyak bumi dengan produk sampingan seperti alcohol dan carboxyl acid yang mana senyawa tersebut disebut dengan istilah “a monomer” atau “ester” ini berlangsung pada suhu tinggi dalam ruang hampa, yang mana disebut dengan istilah polimerisasi.

Setelah itu, dari hasil proses panjang tadi akan didapat material polyester yang selanjutanya akan diproses lagi untuk menghasilkan serat panjang dan halus, yang mana biasa disebut dengan istilah filamen.

Untuk menjadi benang Polyester maka beberapa filament dalam proses kimia diatas tadi digabungkan menjadi satu kemudian dipintal menjadi benang. Dan tidak menutup kemungkinan, selama pemintalan tersebut serat alam seperti cotton ataupun woll juga  dapat ditambahkan dengan polyester untuk menghasilkan jenis lain dari benang polyester sesuai keperluan. Cukup panjang dan rumit ya sahabat?

Penggunaan Dari Bahan Kain Polyester

Jika kita membahas topic bahan polyester maka sahabat muslimah harus mengetahui bahwa penggunaan dari bahan ini sangatlah luas dan tidak hanya terbatas pada pakaian saja seperti kaos, kemeja, gaun, jas, jaket, busana olah raga, namun juga bahan ini digunakan pada perabot rumah tangga seperti kain pada furniture, isolasi listrik, peralatan computer, berbagai tali yang digunakan untuk penguat ban, dan sebagainya.

Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester

Setelah kita menegetahui proses pembuatan dan kegunaan dari bahan polyester ni, sekarang kita mesuk pembahasan mengenai ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan dari bahan ini. Sebagai bahan pakaian buatan manusia tentunya bahan ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Bahan Polyester

Bahan polyester ini diciptakan melalui proses kimia dengan kelebihan yang didapatkannya adalah:

  • Bahan ini dikenal tahan lama, tidak mudah kusut, dan lebih cepat kering saat dijemur.
  • Poliester lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak mudah susut ataupun melar.
  • Bahan ini cocok digunakan pada ruangan ber-AC atau di negara yang mempunyai suhu cukup dingin.
  • Kelebihan lainnya adalah polyester tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning maupun pelarut organik.
  • Karena kemampuannya bertahan terhadap bakteri dan jamur, bahan yang mudah perawatannya ini juga merupakan bahan favorit untuk dipakai pada bantal, guling ataupun selimut.

Kekurangan dari Bahan Kain Polyester

Kekurangan bahan polyester ini antara lain:

  • polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas. Oleh karena itu penggunaannya banyak pada ruangan-ruangan yang dingin atau ber-AC.
  • Walaupun serat poliester itu halus dan licin namun serat ini juga dapat mengakibatkan iritasi kulit bagi sebagian pemakai.
  • Bahan poliester juga mudah terbakar, sama seperti kebanyakan bahan kain sintesis lainnya karena bahan bahan tersebut terbuat dari polimer.
  • tidak bisa meresap keringat dan bagi yang mempunyai kulit sensitif dan muda alergi, bahan polyester fiber ini dapat mengakibatkan iritasi kulit.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bahan polyester, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat menambah wawasan sahabat muslimah semuanya sehingga lebih mudah untuk mengenali jenis bahan ini serta penggunaannya sehingga pas digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply