Bahan Kain Maxmara, Karakteristik dan Jenisnya Yang Harus Sahabat Ketahui

2
35387

GamisJilbabSyari.com – Bahan kain maxmara ini merupakan bahan pendatang baru yang sepertinya langsung mendapatkan tempat di hati konsumen di tanah air yang biasanya menyukai bahan kain jenis satin. Namun apakah sahabat muslimah sudah mengetahui jenis kain ini? Jika belum maka kami akan mencoba memberikan gambaran tentang jenis bahan maxmara ini sehingga sahabat menjadi lebih paham dan tidak keliru saat akan membelinya di toko kain nanti.

Apa Itu Bahan Kain Maxmara?

Bahan kain Maxmara adalah bahan kain yang mirip dengan jenis kain Satin, dan ada juga yang memasukkan bahan kain ini termasuk dalam golongan bahan satin. Bahan maxmara sejenis dengan bahan roberto cavali, namun jika diteliti terdapat bedanya yaitu bahan maxmara lebih halus seperti sutera. Oleh karena itu pula banyak yang menyebut bahan kain ini sebagai sutera satin yang halus.

bahan maxmara polos
Contoh bahan maxmara polos. image: bukapalak.com

Jika diuraikan satu persatu pengertiannya adalah Satin sejenis bahan kain yang ditenun menggunakan teknik serat filament sehingga mempunyai ciri khas yaitu mengkilap, sedangkan maxmara diambil dari nama sebuah rumah mode dunia yang karyanya banyak dikenal karena penampilannya yang glamour. Jadi tinggal bagaimana sahabat muslimah menilai dari jenis kain ini, apakah mau dimasukkan ke dalam jenis bahan satin ataukah merupakan jenis bahan tersendiri, itu tidak masalah.

Karakteristik Bahan Maxmara

Walaupun ada yang memasukkannya ke dalam jenis bahan satin, namun jika sahabat muslimah perhatikan lebih detil maka akan terlihat beberapa perbedaan dari bahan maxmara ini yaitu:

  • kain Maxmara memiliki tekstur yang lebih lembut, adem dan nyaman di kulit
  • bahan kain Maxmara tergolong kain yang tidak bikin gerah ketika dipakai. Namun tentunya standar kenyamanan pemakaian disini masih kalah dengan bahan katun jepang yang memang sudah terbukti sebagai bahan kain yang paling adem dan membuat nyaman penggunanya.
  • Kain Maxmara juga termasuk kain yang licin, ringan, dan jatuh
  • bahan ini walaupun tipis namun tidak transparan.
  • Kain Maxmara jika diraba akan terasa lembut
  • jika dilihat lebih seksama, serat kainnya lebih rapi dan lebih baik dibandingkan dengan kain Satin.
  • untuk harga memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan satin, namun hal itu sesuai dengan kualitasnya yang memang lebih bagus.
  • Satu lagi karakteristik yang dimiliki kain Maxmara adalah kainnya berkilau, namun terkesan lebih doff dan tidak glossy. Dapat dikatakan, bahwa mengkilapnya bahan Maxmara ini memang pas dan bagus dipandang.
  • Untuk warna yang tersedia, bahan ini terdiri dari warna polos dan motif yang banyak sekali macamnya sehingga sahabat akan mudah untuk mencari warna dan motif yang sesuai dengan keinginan.
Baca Juga:  Inilah Tips Mudah Menghilangkan Noda Tinta di Pakaian

Jenis Kain Maxmara

Setelah mengetahui tentang pengertian dan karakteristik dari bahan ini, maka saatnya sahabat muslimah mengetahui jenis dan kualitasnya. Dari bahan maxmara ini ternyata mempunyai beberapa jenis yang biasa terdapat di pasaran, walaupun jika ditanyakan ke produsen kain ini mereka menjawab ada banyak sekali jenis kain maxmara, namun kita bisa melihatnya secara sekilas dan membaginya menjadi tiga jenis sesuai dengan kualitasnya yaitu:

– Bahan maxmara Lux.

Bahan kain ini merupakan versi premium dari maxmara dan mempunyai karakteristik paling adem, lembut dan lebih jatuh dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Untuk warna yang ditampilkannya juga terlihat paling doff sehingga sejuk dipandang.

– Bahan maxmara Galaxy

Dibanding Maxmara Lux, kain Maxmara Galaxy sedikit lebih kaku dan warna kainnya lebih kilau. Kain Maxmara Galaxy tidak seadem kain Maxmara Lux. Secara sepintas, kain Maxmara Galaxy hampir sama dengan Maxmara Lux, yang membedakan adalah serat kainnya hampir tidak terlihat.

– Bahan maxmara Midi

Dibanding Maxmara Galaxy atau Maxmara Lux, jenis kain Maxmara Midi adalah kain yang paling kaku dan paling kilau. Rabaannya sedikit lebih kasar (bagian dalamnya) dan kainnya agak kaku daripada kedua jenis kain Maxmara diatas. Permukaan kain Maxmara Midi bagaikan permukaan lilin. Tampak licin dan serat kain hampir tidak terlihat.

Bahan Maxmara Motif Bunga
Bahan Maxmara Motif Bunga. image: mizutex.com

Walaupun sedikitnya ada tiga jenis bahan maxmara yang beredar di pasaran, namun jika kita tidak merasakan kainnya secara langsung maka hampir mustahil untuk bisa membedakan ketiganya, dan umumnya toko kain akan mengatakan bahwa kain yang mereka jual adalah jenis Lux karena harganya yang paling mahal. Oleh karena itu ada baiknya juka sahabat muslimah akan berbelanja bahan kain untuk mendatangi toko kain secara langsung sehingga dapat melihat dan mengetahui secara langsung karakteristik dari bahan yang akan dibeli. Namun jika tidak memungkinkan, sahabat dapat membelinya melalui toko online langganan yang sudah biasa sahabat gunakan untuk bertransaksi.

Baca Juga:  Bahan Wolfis atau Woolpeach Itu Apa? Inilah Karakteristik dan Ciri-ciri Lengkapnya

Penggunaan Bahan Maxmara

Bahan maxmara ini banyak dipakai oleh muslimah sebagai bahan untuk membuat jilbab dan juga baju gamis syar’i. Walaupun sifat adem dari bahan ini masih kalah dengan bahan katun jepang yang memang sudah terkenal sebagai bahan yang paling adem dan tidak membuat gerah, namun paling tidak sahabat akan mendapatkan alternatif bahan yang lain selain dari bahan katun jepang ini. Selain sebagai jilbab dan busana muslimah, banyak juga yang menggunakan bahan ini sebagai bahan busana biasa seperti dress, baju kerja dan juga yang lainnya.

Demikianlah sahabat muslimah, kami dari tim GamisJilbabSyari.com sudah mencoba menjelaskan tentang pengertian bahan kain maxmara, karakteristiknya dan juga jenis kain tersebut yang biasa beredar di pasaran. Semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan tentang bahan kain segingga akan membantu sahabat muslimah dalam menentukan jenis kain apa yang aan digunakan saat akan membuat sebuag busana muslimah baik tiu berupa jilbab, gamis syar’i maupun busana lainnya. Semoga bermanfaat.

referensi: mizutex.com, fb dan beberapa sumber lain

2 COMMENTS

Leave a Reply