Pesan Baju Gamis Online? Inilah Tipsnya Agar Anda Tidak Kecewa

Memesan baju muslim secara online sekarang ini merupakan salah satu alternatif pengganti, bahkan menjadi salah satu cara yang banyak dipilih untuk mendapatkan busana muslim yang sesuai dengan keinginan kita. Membeli gamis secara online ini sudah banyak dipakai, terutama oleh mereka yang mempunyai banyak kesibukan sehingga tidak sempat untuk datang dan memesan pakaian secara langsung ke butik, mall, toko busana atau penjahit langganannya. Apalagi untuk yang tinggal di kota-kota besar dimana jalanan hampir setiap saat macet, maka akan lebih nyaman untuk melakukan pemesanan dan pembelian busana muslim secara online atau melalui internet.

Memesan baju online adalah hal yang mengasyikkan ya Sahabat, karena dengan tetap duduk atau bersantai di rumah dan hanya berbekal fasilitas internet di laptop, komputer desktop atau juga melalui smartphone kita, kita bisa menjelajah ke banyak sekali toko-toko busana online, dimana antara yang satu dengan yang lainnya tentu memiliki perbedaan koleksi busana muslim sehingga kita bisa dengan bebas untuk memilih pakaian yang menarik bagi kita.

pesan baju muslim online
pesan baju muslim online. ilustrasi. images: internet

Namun, karena memesan baju secara online ini kita tidak bertemu langsung dengan penjualnya, dan juga busana muslim yang akan kita beli juga tidak bisa kita lihat dan pegang secara langsung, maka perlu kehati-hatian dari kita agar baju atau busana yang kita beli sesuai dengan harapan kita, dan terhindar dari penipuan atau hal yang tidak kita harapkan.

Tips Memesan Baju Muslim Secara Online

Untuk menghindari dari kerugian dan pembelian busana muslim yang tidak sesuai dengan keinginan kita pada saat memesan baju online, maka ada beberapa tips yang akan kita sharing disini agar sahabat muslimah dapat lebih awas dan teliti dalam berbelanja online. Sayang kan kalau barang yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, bahkan tidak pernah sampai ke alamat kita? Nah untuk menghindarinya, inilah tips dalam memesan baju muslim secara online:

Baca Juga:  Inilah Tips Mudah Memilih Mukena Untuk Lebaran

1.Jelajahi Toko Online Yang Akan Kita Beli

Menjelajah toko online disini dalam arti kita melihat-lihat halaman dari web toko online tersebut. Yang perlu kita perhatikan saat melihat-lihat sebuah website toko online yang menarik dan kita ingin membeli produk jualannya adalah:

  • Lihat tampilan dari website toko online tersebut, apakah ditata rapi dan secara profesional atau hanya seadanya saja? Dengan melihat tampilan maka kita akan mulai dapat menilai apakah website tersebut bisa kita percaya atau tidak.
  • Lihatlah apakah penjual tersebut menampilkan foto-foto produk sendiri atau mengambil hasil foto produk orang lain, atau mengambil di internet?
  • Lihatlah kapan terakhir kali penjual tersebut mengupdate websitenya. Jika penjual busana muslim online tersebut terakhir mengupdate dalam waktu dekat maka kemungkinan besar produknya up to date dan tersedia stoknya.
  • Apakah penjual tersebut mencantumkan alamat lengkapnya? Dengan mencantumkan alamat lengkap maka kepercayaan kita terhadap penjual tersebut akan semakin besar. Namun banyak juga toko online yang tidak mencantumkan alamat lengkap dengan alasan keamanan, karena sekarang ini penipuan tidak hanya menimpa calon pembeli saja, namun banyak online shop yang juga tertipu oleh calon pembelinya.

2.Ukuran, Bahan, Model, Warna dan Harga

Hal kedua yang terpenting saat kita akan memesan baju online ini adalah produk yang akan kita beli. Kita harus memastikan bahwa produk tersebut cocok dan sesuai dengan yang kita inginkan. Kita bisa meneliti spesifikasi dari busana muslim dari deskripsi produk, apa bahannya, ukurannya, modelnya, warnanya dan juga harganya. Jika semua hal tersebut sesuai maka toko online tersebut dapat kita pertimbangkan untuk mengorder disana.

3.Lihatlah Media Sosialnya

Sekarang ini media sosial seakan menjadi tempat berjualan online juga. Banyak para penjual online yang menjajakan barang dagangannya melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, BBM, dan juga whatsapp, serta Line. Hal ini karena respon dari media sosial lebih cepat dibandingkan dengan berjualan melalui website yang kita tidak mengetahui secara pasti kapan pemesanan kita akan diproses.

Baca Juga:  Cara Merawat Busana dari Bahan Katun Jepang Agar Awet

Nah biasanya di website tempat kita akan memesan baju online ini mencantumkan alamat media sosialnya. Kita bisa buka media sosialnya, apakah penjual tersebut juga aktif berpromosi di medsos tersebut? Dan lihat juga bagaimana interaksi dari para calon pembeli yang lain, apakah positif?

4.Testimoni

Testimoni atau kesan dari para pembeli sebelumnya yang sudah berbelanja di toko online tersebut, apakah bagus? Jika bagus maka kemungkinan besar toko online tersebut dapat kita percaya.

5.Garansi Tukar

Biasanya toko online yang terpercaya akan memberikan garansi tukar untuk masalah-masalah tertentu, seperti jika produk rusak pada saat kita terima, jahitan yang robek, warna yang tidak sesuai atau hal lainnya. Untuk mengetahui hal tersebut biasanya di website toko online yang akan kita beli ada halaman terms of service atau syarat layanan. Kita bisa mempelajarinya dahulu sebelum membeli produk di web tersebut.

Nah jika semua poin atau sebagian poin tersebut diatas sudah sahabat muslimah lakukan dan hasilnya bagus, berarti toko online tersebut insya Allah dapat dipercaya. Atau jika sahabat masih belum yakin, sahabat dapat menanyakan dan meminta rekomendasi ke teman-teman sahabat yang biasa berbelanja online, dimana berbelanja busana muslim yang terpercaya dan kualitasnya bagus. Semoga bermanfaat.

1 COMMENT

Leave a Reply