Cara Mudah Merawat Gamis Dengan Bahan Wolfis

GamisJilbabSyari.com – Sahabat muslimah tentu mempunyai busana muslimah seperti baju gamis syar’I atau jilbab yang berbahan wolfis. Benar bukan? Karena bahan ini sangat banyak yang menyukainya karena selain karakteristiknya yang istimewa seperti seratnya yang halus, ringan, tidak mudah kusut, tebal dan tidak menerawang sehingga banyak yang menggunakannya sebagai bahan dasar gamis atau bawahan, serta harganya yang terjangkau, bahan ini juga mempunyai warna dan corak yang banyak macamnya.

inilah bahan wolfis
contoh bahan wolfis. image:http://www.hijablili.com

Namun apakah sahabata mengetahui secara pasti bagaimanakah cara merawat busana yang berbahan dasar wolfis ini agar awet dan tetap cerah? Nah dalam artikel ini kami akan mencoba mengulas bagaimana cara mudah dalam merawat gamis dari bahan wolfis ini, yang dimulai dari mencuci, mengeringkan, menyeterika dan terakhir adalah menyimpan busana ini.

Tips Mencuci Bahan Wolfis

Busana muslimah seperti baju gamis dengan bahan wolfis ini merupakan bahan yang halus dan tidak begitu tahan terhadap kucekan yang keras, sehingga sebaiknya sahabat mencuci gamis berbahan ini dengan menggunakan tangan atau manual. Caranya adalah dengan merendamnya dengan campuran deterjen secukupnya, kemudian kuceklah dengan lembut sehingga serat kain tetap halus dan tidak koyak.

Untuk mencegah warnanya pudar atau tercampur dengan warna lain saat mencuci sebaiknya dipisahkan antara pakaian dengan warna cerah dan warna gelap, serta pisahkan juga untuk pakaian yang terkena noda seperti kecap, saus, minyak dan kotoran lainnya ke dalam tempat perendaman tersendiri.

Setelah dikucek dengan air bercampur deterjen, maka selanjutnya adalah membilasnya dengan air bersih dan dingin, sampai sudah tidak terdapat sisa-sisa deterjen yang masuk ke serat kain.

Menjemur dan Mengeringkan Gamis dari Bahan Wolfis

Setelah mencuci busana dari bahan wolfis ini, aka langkah selanjutnya adalah mengeringkan atau menjemurnya sehingga pakaian menjadi kering. Untuk menjemurnya sebaiknya tidak dijemur secara langsung di bawah sinar matahari karena ditakutkan warnanya akan menjadi pudar, akan tetapi sebaiknya diangin-anginkan saja sampai kering.

bahan wolfis exsclusive
contoh bahan wolfis exsclusive. image: http://www.mizutex.com

Untuk menjemurnya, gunakanlah hanger atau gantungan baju agar serat pakaian tidak tertarik atau kusut. Dan untuk menjaga warna tetap tajam maka baliklah pakaian sehingga bagian dalamnya berada di luar saat menjemurnya. Jika sahabat terbiasa mengeringkan pakaian dengan mesin pengering, maka untuk bahan wolfis ini sebaiknya sahabat tetap melakukannya dengan manual, yaitu dianginkan saja karena bahan ini tidak terlalu tahan terhadap suhu yang tinggi, sehingga ditakutkan nanti serat kainnya berubah.

Menyeterika Bahan Wolfis

Jika setelah busana muslimah dari bahan wolfis ini sudah kering, maka sahabat tinggal mengeceknya apakah kusut atau tidak. Jika tidak kusut maka sahabat tidak perlu untuk menyeterikanya, karena bahan wolfis ini mempunyai karakteristik yang tidak tahan terhadap panas, sehingga ditakutkan malah menjadi rusak serat kainnya. Namun jika terpaksa karena kondisi baju yang sangat kusut, maka seterikalah dengan menambahkan lapisan kain tipis agar panas dari alat seterika tidak langsung mengenai pakaian sahabat.

Menyimpan Busana Berbahan Wolfis

Langkah terakir adalah menyimpan busana yang berbahan wolfis ini. Caranya adalah bisa dengan menggantungkan di gantungan baju kemudian dimasukkan ke dalam lemari, atau sahabat bisa juga melipat baju tersebut untuk kemudian disimpan di lemari. Yang penting adalah kondisi lemari yang cukup kering dan tidak lembab, karena kelembaban yang berlebihan akan mengakibatkan pakaian mudah terkena jamur sehingga mudah rusak.

Baca juga:

Bahan Wolfis atau Woolpeach Itu Apa? Inilah Karakteristik dan Ciri-ciri Lengkapnya
Kelebihan dan Kekurangan Bahan Wolfis Untuk Busana Muslimah Yang Harus Sahabat Ketahui

Demikianlah sahabat muslimah cara mudah dalam merawat baju gamis syar’I yang terbuat dari bahan wolfis. Semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan kita semua. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply