Inilah Bahan Ceruti, Karakteristik, Ciri-cirinya dan Contoh Penggunaannya

1
30712

Nama bahan ceruti ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi Sahabat yang suka dengan jilbab model segi empat dengan warna-warna cerah. Ya, salah satu bahan yang digunakan untuk membuat busana muslim syar’i dan juga jilbab tersebut yang banyak dipilih adalah bahan ceruti ini. Karena tampilannya yang menarik dan karekteristiknya yang lembut dan ringan sehingga banyak wanita muslimah yang menyukainya.

Sebenarnya apa sih bahan ceruti itu, dan bagaimana ciri-cirinya? Tentunya Sahabat muslimah harus mengetahui jenis bahan ini sehingga disaat akan membeli jilbab atau hijab atau busana muslim seperti baju gamis, Sahabat tidak akan dipermainkan oleh para penjual yang tidak jujur. Nah agar Sahabat mengetahuinya, silakan baca terus penjelasan mengenai bahan ceruti, karakteristik dan ciri-cirinya berikut ini.

Karakteristik dan Ciri-ciri Bahan Ceruti

Ceruti adalah bahan kain yang mempunyai ciri khas tipis sehingga mirip seperti bahan shifon, karena bahan ceruti ini memang merupakan turunan bahan dari sifon. Kontur atau permukaan bahan ceruti mirip dengan kulit jeruk namun halus, dan terdapat bintik-bintik kecil halus. Bahan ini sifatnya lebih lembut dan sedikit elastis, masanya agak berat, jika dipakai bahan terasa jatuh, sehingga tidak enteng atau mudah melayang, kecuali dengan desain khusus. Bahan yang satu ini jika diterawang di depan cahaya terlihat serat membentuk gelombang seperti awan atau kabut.

bahan kain cerutti
Contoh bahan kain cerutti

Bahan ceruti ini mempunyai pilihan warna yang banyak sehingga Sahabat dapat dengan mudah untuk memilih warna-warna kesukaan. Hal ini merupakan salah satu persamaan antara kain shifon dan kain ceruti. Namun terdapat beberapa perbedaan salah satunya adalah bahan ceruti jauh lebih lembut dan mudah dibentuk.

Ceruti biasa dipakai untuk model busana yang longgar sehingga akan tampak melayang. Selain itu karena materialnya yang agak menerawang maka bahan ceruti membutuhkan furing atau inner jika dibuat sebagai busana muslimah dan juga jilbab. Ceruti juga bagus dipakai untuk bahan kerudung, kadang dihiasi bordir oleh pembuatnya sehingga tampak lebih cantik dan menarik.

Beberapa Contoh Jilbab dan Gamis Syar’i Cantik Berbahan Ceruti

Berikut ini adalah beberapa contoh jilbab berbahan ceruti yang mungkin saja Sahabat tertarik untuk membelinya atau membuat sendiri dengan model seperti dibawah ini.

contoh khimar syar'i jumbo berbahan ceruti
contoh khimar syar’i jumbo berbahan ceruti. image credit: internet

 

contoh jilbab syar'i berbahan ceruti
contoh jilbab syar’i berbahan ceruti. image credit: internet

 

 

contoh hijab ceruti cantik warna krem
contoh hijab ceruti cantik warna krem. image credit: internet

 

contoh khimar syar'i double layer bahan ceruti
contoh khimar syar’i double layer bahan kain ceruti. image credit: internet

 

contoh gamis set jilbab syar'i berbahan ceruti
contoh gamis set jilbab syar’i berbahan ceruti. image credit: internet

 

contoh gamis set khimar syar'i bahan ceruti kuning jaguar
contoh gamis set khimar syar’i bahan ceruti kuning jaguar. image credit: internet

Demikian beberapa ciri-ciri dan karakteristik dari bahan kain ceruti yang dapat kami tuliskan, semoga dapat menambah wawasan Sahabat muslimah akan bahan kain untuk busana muslim yang Sahabat pakai, sehingga teknik perawatan kainnya juga diketahui, agar busana yang dimiliki dapat awet dan tahan lama. Selain tentang bahan kain ceruti, Sahabat juga bisa membaca tulisan kami mengenai bahan-bahan kain yang sering digunakan untuk membuat jilbab. Semoga bermanfaat.

 

1 COMMENT

Leave a Reply