Tips Memilih Model Busana Muslim yang Baik

4
5030

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia dengan jumlah 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997 jiwa penduduk, atau sekitar 85.2%. Maka tak heran jika Indonesia merupakan pangsa pasar yang sangat potensial untuk menjual berbagai produk kebutuhan muslim, salah satunya adalah busana muslim. Apalagi dengan semakin tingginya tingkat kesadaran dari para wanita muslimah dalam menggunakan pakaian muslim yang kebanyakan berupa baju gamis, maka kebutuhan akan busana jenis inipun menjadi tinggi. Oleh karena itulah sekarang ini banyak sekali para produsen busana muslim yang membuat berbagai macam kreasi busana muslim yang menarik untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Dari sekian banyak produsen yang mengeluarkan berbagai model busana muslim, tentu membuat kita semakin mudah dalam memilih model busana muslim yang akan kita beli, dengan harapan baju itu nantinya akan cocok dan membuat kita nyaman dalam memakainya. Namun adakalanya pakaian muslim model terbaru yang kita beli ternyata tidak cocok bagi kita. Mau bagaimana, baju sudah dibeli tentu tidak dapat dikembalikan, jadinya mubazir. Untuk menghindari hali semacam itu maka kami hadirkan beberapa tips memilih model busana muslim yang baik bagi kita, antara lain:

1.Busana muslim harus sesuai dengan syari’at agama

Tujuan awal dalam berbusana adalah bertujuan untuk melindungi pengguna, selain untuk menutupi. Untuk busana muslimah sendiri ada tambahan persyaratan antara lain menutup aurat, tidak transparan sehingga terlihat bentuk tubuh, longgar sehingga menyamarkan bentuk/ siluet tubuh. Aspek pertama inilah yang paling penting untuk menjadi pegangan bagi setiap muslimah dalam hal berbusana. Janganlah karena mengikuti mode busana terbaru sehingga mengabaikan hal ini. Karena memang tren mode di Indonesia sebagian besar mengikuti perkembangan dari dunia barat yang tidak cocok dengan budaya kita. Keuntungan dari memakai busana muslimah sesuai syari’at/ berbusana muslim syar’i adalah akan mendapatkan pahala. Untuk lebih jelas silakan baca blog kami tentang busana muslimah, mengapa harus syar’i?.

Baca Juga:  Tips Mencuci Busana Gamis Jersey Agar Awet

2.Pilih pakaian yang sesuai dengan ukuran

Pilihlah busana muslimah yang sesuai dengan ukuran tubuh kita dan juga tidak membahayakan saat kita bergerak. Pakaian yang kekecilan atau ketat akan menyebabkan kita susah untuk bergerak, dan juga membuat kulit menjadi susah bernapas. Sedangkan pakaian muslimah yang terlalu besar/ panjang akan menyebabkan mudah terkena kotoran saat berjalan, bisa terinjak, membelit kaki sehingga kita bisa terjatuh, atau juga bisa terkait benda di samping kita saat berjalan, sehingga kita bisa jatuh atau pakaian menjadi sobek.

3.Pilih busana yang sesuai dengan kondisi/ kegiatan kita

Untuk kegiatan kita sehari-hari, pakailah busana muslim dari bahan yang mudah menyerap keringat. Hal ini dikarenakan iklim di Indonesia yang lumayan panas sehingga kita mudah untuk mengeluarkan keringat. Bahan yang dipakai bisa berupa bahan kaos, jersey atau katun. Model pakaian juga bisa disesuaikan dengan kegiatan kita. Jika untuk kegiatan sehari-hari kita bisa memilih model gamis simpel dan praktis dengan tidak terlalu banyak pernik yang dapat mengganggu aktifitas kita. Berbeda dengan saat kita menghadiri acara formal atau informal, kita bisa memakai busana gamis dengan bahan yang lebih bagus dengan hiasan border ataupun bahan seperti organdi atau yang lainnya, dengan model busana yang lebih berwarna.

4.Cerdas dan cermat saat membeli baju

Cerdas dan cermat dalam membeli baju adalah saat akan membeli baju ataupun khimar, kita pikirkan sejenak baju dan khimar yang sudah kita punya. Apakah baju baru yang akan kita beli itu cocok dengan salah satu busana yang sudah kita punyai di rumah? Jika benar maka tidak apa membelinya. Namun jika tidak ada yang cocok akan sayang sekali karena kita mesti membeli pasanganya yang cocok untuk dipakai. Tentunya hal itu mengakibatkan pemborosan, dan agama Islam sangat membenci orang yang suka boros.

Baca Juga:  Tetap Tampil Gaya Dengan Gamis Syar'i Terbaru

5.Pilihlah busana sesuai bentuk tubuh

Model busana muslim yang akan kita beli sebaiknya sesuai dengan bentuk tubuh kita. Untuk bentuk tubuh yang kurus atau kecil, memilih model busana dengan warna terang akan membantu menyamarkan tubuh kita sehingga terlihat lebih gemuk. Sedangkan untuk tubuh yang cenderung gemuk, pilihlah pakaian dnegan warna yang gelap, sebab warna-warna gelap akan menyamarkan bentuk tubuh kita.

6.Sesuaikan busana dengan selera kita

Setiap muslimah mempunyai karakter yang berbeda-beda, juga kesukaan terhadap model busana yang berbede-beda pula. Maka pilihlah pakaian sesuai dengan selera kita masing-masing, dimana kita akan nyaman dalam memakainya. Janganlah karena sedang populer suatu model maka kita ikut untuk memakainya, sedangkan kita sendiri tidak suka dengan model tersebut. Jadinya adalah kita yang akan tidak nyaman dalam memakainya. Tentunya selera disini tetap mengacu kepada poin nomor 1 di atas.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih busana muslimah syar’i yang baik yang kami dapat dari berbagai sumber, semoga semakin menambah wawasan kita tentang pakaian muslimah dan dapat mempraktekkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

4 COMMENTS

  1. Salam.. Qorina.com.. Saya merasa beruntung sekali bisa berkunjung ke web ini, yang saya dapatkan adalah jadi tau jumlah pemeluk agama islam yang sebelumnya saya asli tidak tau, selain itu juga tips memilih busana mslim terbarunya.. terima kasih ya..

Leave a Reply