Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Dunia Fashion Tips Mudah Merawat Jilbab Paris Agar Awet dan Selalu Terlihat Baru

Tips Mudah Merawat Jilbab Paris Agar Awet dan Selalu Terlihat Baru

0
957

Sahabat muslimah tentunya sudah mengetahui apa itu jilbab paris. Ya, jilbab ini merupakan jilbab segiempat yang terbuat dari bahan kain paris yang biasanya tipis, lembut dan ringan sehingga banyak yang menyukainya. Selain itu juga motif dan warnanya bermacam-macam, sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera kita.

Jilbab paris ini merupakan salah satu dari jenis jilbab yang sangat laku di pasaran, dengan terget market adalah hijaber-hijaber yang masih banyak menyukai kreasi dalam berjilbab. Namun karena bahannya yang tipis, maka untuk memakainya direkomendasikan untuk menggunakan inner atau dalaman jilbab terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari terlihatnya rambut dan telinga sehingga syarat dalam berjilbab dalam Islam menjadi tidak sah.

Seperti busana lainnya, jilbab paris juga mempunyai sifat dan karakter kain yang agak berbeda dengan jenis kain yang lain. Dan salah satu kelemahan dari jilbab paris ini adalah kain paris mudah rusak saat ditancapi atau diperlakukan dengan berbagai aksesoris. Hal ini tentunya tidak kita inginkan bukan? Oleh karena itu untuk menjaganya supaya tetap awet dan tidak rusak, kita harus mengerti tips dan cara merawatnya. Tentunya jika jilbab paris milik kita awet, kita juga yang senang karena akan banyak menghemat pengeluaran.

Nah berikut ini adalah beberapa tips mudah dalam merawat jilbab paris agar awet dan selalu terlihat baru, yaitu:

1. Cara Mencuci Jilbab Paris

Cara mencuci jilbab paris ini agak sedikit unik, karena bahan paris yang mempunyai serat-serat halus dan mudah rusak, maka sangat tidak disarankan untuk mencuci jilbab paris ini dengan detergen. Sebagai gantinya, saat mencucinya gunakan shampo atau sabun mandi cair yang mempunyai zat aktif lebih sedikit dan juga lebih lembut.

Baca Juga:  Inilah Bahan Kain Baby Terry, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Serta Penggunaannya

Untuk menghilangkan noda yang ada pada jilbab paris ini, cukup rendam jilbab sekitar setengah jam dengan shampo atau sabun cair tadi, dan kemudian kuceklah dengan pelan. Biasanya noda akan cepat hilang.

2. Cucilah Secara Manual

Untuk jilbab paris ini, karena mempunyai serat kain yang sangat halus dan mudah rusak, serta mudah kusut maka sangat tidak disarankan untuk menggunakan mesin cuci.

Cucilah jilbab paris ini dengan manual yaitu dengan dikucek pelan menggunakan tangan. Mencucinya juga cukup dengan dierndam sebentar, kemudian dikucek pelan-pelan, dana kemudian dibilas. Jika terdapat noda, rendamlah kira-kira setengah jam sebelum dicuci, dan jangan pernah menggunakan sikat pakaian untuk emnghilangkan noda ini, karena sikat pakaian akan merusak jilbab paris ini.

3. Menjemur Jilbab Paris

Setelah selesai mencuci jilbab paris, maka jemurlah jilbab ini ditempat yang berangin tidak terkena sinar matahari langsung. Karena bahannya yang tipis, jilbab ini cepat kering walaupun hanya dianginkan saja. Selain itu dengan tidak terkena sinar matahari langsung maka warna dari jilbab ini akan lebih awet dan cerah.

4. Cara Menyeterika

Setelah jilbab paris selesai dijemur maka langkah selanjutnya adalah menyeterika. Dalam menyeterika, karena bahannya yang tipis maka aturlah seterika pada suhu yang rendah.

Jilbab paris ini karena tipis maka dengan suhu rendah saja sudah cukup untuk melicinkan kainnya. Jangan gunakan suhu tinggi karena dapat berakibat gosong terbakar.

5. Menghilangkan Lubang Bekas Peniti/ Aksesoris

Saat menggunakan jilbab paris ini tentunya sahabat muslimah banyak menggunakan bantuan peniti untuk membentuknya menjadi model tertentu, atau menambahkannya dengan aksesoris yang ditancapkan di jilbab ini. Hal ini akan berbekas dan meninggalkan lubang di kain jilbab.

Baca Juga:  Tips Memakai Khimar Syar’i Bagi Muslimah

Cara menghilangkan lubang bekas peniti atau aksesoris ini adalah dengan menyemprotkan air ke bagian yang berlubang, kemudian gosoklah bagian itu untuk merenggangkan serat kain di sekitar lubang sehingga akan menutup lubang tadi.

6. Cara Menyimpan

merawat jilbab paris
merawat jilbab paris

Setelah menyeterika, langkah berikutnya adalah menyimpan jilbab paris ini. Dalam menyimpan jilbab paris, kita tidak boleh melipatnya kcil-kecil, karena nantinya saat sahabat muslimah memakainya akan tergambar pola bekas lipatan-lipatan tersebut.

Cara paling mudah untuk menyimpannya adalah dengan melipatnya menjadi dua, kemudian gantungkan jilbab paris ini ke dalam gantungan jilbab.

Demikianlah tips mudah dalam merawat jilbab paris agar awet dan selalu terlihat seperti baru. Karena bahan dari jilbab paris yang cukup tipis, selalu gunakan inner atau dalaman jilbab sebelum menggunakan jilbab ini. Dan penuhilah adab-adab dalam menggunakan jilbab ya sahabat…

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: