Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

0
627

Sahabat muslimah, ternyata bawang putih yang merupakan salah satu jenis bumbu yang wajib berada di dapur rumah kita, merupakan bahan alami yang juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Seperti apa saja kegunaan dari bawang putih itu? Inilah berbagai manfaatnya:

1. Mengobati Jerawat

Dalam hal mengobati jerawat, bawang putih ini berfungsi untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat yang biasanya berupa noda-noda hitam yang jika dibiarkan akan terus menghiasi wajah kita.

Bawang putih ini juga mengandung antioksidan yang membunuh bakteri pada jerawat. Cara penggunaannya yaitu irislah bawang putih, kemudian tambahkan sedikit cengkeh lalu oleskan pada jerawat.

2. Mengobati Rambut yang Rontok

Bawang putih dapat juga digunakan untuk mengobati rambut rontok. Hal ini karena bawang putih mengandung zat allicin yaitu suatu senyawa yang mirip dengan sulfur. Zat ini sangat efektif untuk memperkuat akar rambut sehingga kerontokan rambut dapat diatasi.

Cara menggunakannya adalah: irislah satu siung bawang putih dan gosokkan pada kulit kepala. Remas-remaslah sambil memijat kulit kepala. Setelah itu biarkan selama beberapa menit, dan kemudian bilaslah dengan air bersih. Untuk menghilangkan bau bawang putih yang kebanyakan orang tidak kuat menciumnya, Anda bisa mencampurkannya dengan minyak essensial sesuai dengan selera Anda.

3. Menjaga berat Badan

Bawang putih dapat digunakan untuk menjaga berat badan? Sepertinya terlihat mustahil, namun buktinya memang demikian. Salah seorang ahli gizi Cynthia Sass yang telah melakukan percobaan pada seekor tikus yang dalam makanannya diberi bawang putih, terbukti dapat menghilangkan lemak di badan tikus tersebut.

Jika sahabat muslimah ingin menjaga berat badan supaya tidak naik terus, maka caranya adalah dengan menambahkan bawang putih pada masakan sahabat setiap hari. Selain menambah kelezatan makanan, bawang putih akan menjaga berat badan Anda.

4. Mengobati Gatal pada kaki

Bawang putih mengandung zat anti jamur yang bisa digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal pada kaki karena bakteri dan jamur.

Cara menggunakannya adalah siapkan air hangat dalam baskom, kemudian bawang putih dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam air hangat tersebut. Setelah itu rendamlah kaki ke dalam baskom berisi air hangat tersebut.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Tenyata bawang putih juga dapat mengurangi rasa sakit. Bawang putih mempunyai sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Caranya cukup hancurkan bawang putih dan tempelkan pada bagian yang sakit. Suplemen bawang putih juga dapat mempercepat proses penyembuhan.

6. Mengatasi Psoriasis

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengurangi rasa gatal dan bercak merah pada penderita psoriasis.

Cara menggunakannya adalah dengan menggosokkan bawang putih yang telah dibelah ke daerah yang terkena psoriasis. Hal ini cukup ampuh untuk menghilangkan rasa gatal dan ruam.

7. Mengusir Nyamuk

Bawang putih ini sungguh salah satu bumbu dapur yang banyak gunanya selain untuk penyedap masakan. Pada satu studi di India menyebutkan bahwa orang yang menggosok ramuan bawang putin di lengan dan kaki mereka tidak akan tergigit nyamuk. Sahabat juga dapat melakukanya dengan membuat larutan minyak bawang putih, petroleum jelly, dan lilin lebah untuk mengusir nyamuk secara alami.

Kesimpulan

Tenyata kegunaan dan khasiat bawang putih sangat luar biasa. Selain berfungsi utama sebagai bumbu dan penyedap masakan di dapur, bawang putih ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan manusia.

Salah satu kelebihan dari menggunakan bahan alami untuk pengobatan adalah biasanya tidak ada efek samping yang terjadi dari pengobatan ini, sehingga sangat aman dilakukan oleh siapa saja.

Leave a Reply