Inilah Tips Mudah Memilih Mukena Untuk Lebaran

Sahabat muslimah sedang mencari cara atau tips mudah dalam memilih mukena untuk lebaran nanti? Ya, Sahabat tidak salah masuk, karena kami akan memberikan tips untuk memilih perangkat sholat yang sesuai dengan momen tersebut. Mukena merupakan jenis pakaian yang biasanya dipergunakan untuk sholat oleh wanita. Sebenarnya, mukena bukanlah pakaian wajib untuk sholat karena syarat sah sholat adalah menutup aurat. Bahkan di beberapa negara seperti Malaysia atau di Timur Tengah para wanita tidak lagi memakai mukena saat sholat karena memang pakaian sehari-hari yang mereka pergunakan sudah merupakan pakaian yang syari sehingga sudah mencukupi untuk syarat sah sholat. Namun, hal tersebut tidak terjadi di Indonesia, dan mukena memang sangat kental dengan budaya Islam di Indonesia sebagai perlengkapan sholat bagi wanita.

tips memilih mukena untuk lebaran
Para muslimah sedang melaksanakan sholat lebaran – tips memilih mukena untuk lebaran

Memang lebaran atau hari raya Idul Fitri 1437 Hijriyah sudah dekat, maka tentunya banyak diantara sahabat muslimah yang sudah mencari busana muslim dan perlengkapan sholat seperti mukena. Namun bagi yang belum mendapatkan mukena yang sesuai, jangan berkecil hati. Masih banyak toko busana muslim dan perlengkapan sholat yang siap melayani permintaan Anda. Jika saat membeli di toko ofline ternyata kurang cocok, maka Anda juga dapat berbelanja di toko online yang banyak terdapat di dunia maya, bisa melalui web browser internet, aplikasi smartphone, Whatsapp, BBM, Line, atau yang lainnya.

Tips Memilih Mukena Untuk Lebaran

Memilih mukena untuk lebaran memang gampang-gampang susah. Ada yang secara penampilan sangat bagus dan mewah, namun saat dipakai ternyata panas dan membuat tubuh berkeringat. Ada juga yang tampilannya biasa saja namun adem dipakai, dan ada juga yang dari penampilan maupun pemakaiannya juga nyaman. Nah untuk bisa memilih mukena yang sesuai dengan kebutuhan busana lebaran nanti, inilah beberapa tips dalam memilih peralatan sholat muslimah yang baik, sehingga Anda dapat memertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli mukena ini. Berikut tipsnya:

1.Sahabat muslimah, pilihlah mukena cantik yang terbuat dari bahan yang bagus, cukup tebal dan tidak transpara. Untuk mukena dewasa, pilihlah jenis bahan seperti katun, lycra dan juga sutra. Untuk anak-anak, Anda dapat memilih bahan seperti parasut, polyester dan BSW.

2.Pilihlah mukena cantik yang ukurannya sesuai dengan ukuran badan sahabat. Jangan memakai ukuran yang terlalu kecil karena Anda akan merasa kesempitan. Selain itu dengan ukuran yang kecil otomatis panjang mukena juga kurang dan kemungkinan besar tidak akan menutup kaki Anda, sehingga tidak memenuhi persyaratan saat dipakai untuk sholat. Jangan pula memakai mukena dengan ukuran yang terlalu lebar karena bisa membuatmu tampak kedodoran dan mengurangi keleluasaanmu saat melakukan gerakan sholat.

3.Pilih mukena yang mempunyai kualitas jahitannya bagus, agar mukena lebih awet. Apalagi setelah melelui beberapa kali proses pencucian, bisa saja jahitan yang buruk dan tidak berkualitas akan mudah lepas. Hal ini tentu tidak Anda inginkan.

4.Jika Anda termasuk wanita yang aktif dan memiliki kesibukan di luar rumah yang cukup padat, pilihlah mukena yang memiliki tas bawaan atau satu paket dengan pembeliah mukena. Hal ini agar lebih praktis dan mudah untuk penyimpanan mukena. Muken jenis ini sekarang banyak dijual di toko-toko busana muslim atau mall, juga di toko online dengan bahan dan harga yang beragam. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

5.Untuk pemilihan bahan mukena, pilihlah mukena dengan bahan yang nyaman saat digunakan. Ibadah sholat saat ebaran biasanya dilakukan di tanah lapang, yang berarti akan terkena sinar matahari pagi. Bahan sutera halus adalah bahan terbaik karena lebih adem saat digunakan, sehingga Anda akan nyaman dalam melaksanakan ibadah sholat. Selain nyaman digunakan, bahan mukena juga harus tidak transparan atau menerawang.

6.Ada beberapa bahan mukena yang pertu dihindari antara lain adalah bahan parasut, sifon maupun satin. Bahan-bahan tersebut banyak digunakan untuk membuat mukena, namun jika tidak terpaksa maka sebaiknya Anda memilih bahan yang lainnya. Bahan parasut, sifon dan satin terlalu tipis dan tidak nyaman digunakan karena tidak menyerap keringat. Hal ini akan mempengaruhi konsentrasi Anda dalam melakukan sholat.

7.Sahabat muslimah, sebaiknya jangan memilih mukena dengan warna-warna yang terlalu mencolok. Karena tujuan utama untuk memakai mukena adalah untuk beribadah sholat, maka jangan memilih warna yang dapat menarik perhatian apalagi jika Anda sholat di tempat umum seperti di masjid atau mushola. Pilihlah warna netral seperti putih, bisa juga warna-warna pastel yang lembut.

8.Selain warna yang mencolok, sebaiknya Anda hindari mukena cantik berbahan kain motif yang terlalu ramai karena hal tersebut nantinya dapat tergolong dalam kategori tabarruj. Namun jika Anda menyukai mukena motif, pilihlah motif yang kalem seperti bunga-bunga berukuran kecil dan bewarna lembut.

9.Saat membeli mukena, pilih mukena cantik dengan harga yang wajar. Harga memang menunjukkan kualitas barang, semakin mahal barang tersebut, semakin baik kualitasnya. Mukena yang harganya terlalu murah bisa jadi memiliki kualitas yang buruk. Namun, jika Anda lebih teliti dalam membeli, Anda bisa mendapatkan mukena dengan kualitas yang bagus tapi dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya, jangan membeli mukena dengan harga yang terlalu mahal, apalagi jika hanya untuk prestise atau sekedar ikut-ikutan saja. Bijaklah dalam membeli, jangan berlebihan yang berakibat pemborosan, dan Allah tidak menyukai hamba-Nya yang boros dan berlebih-lebihan.

Demikianlah sahabat tips dalam membeli atau memilih mukena yang baik untuk lebaran nanti. Namun ada satu poin yang sangat penting adalah, niatkan semua amal ibadah kita hanya untuk Allah SWT, dan tentunya kita harus meningkatkan amal ibadah kita nantinya, apalagi saat Ramadhan nanti. Mukena saja diupgrade, maka iman dan amalan kita juga dong?

1 COMMENT

Leave a Reply