Tips Alami Mengobati Bibir Pecah-pecah dan Kering

GamisJilbabSyari.Com – Bibir pecah-pecah dan kering merupakan salah satu masalah kesehatan yang tentunya tidak kita inginkan, karena akan mengganggu banyak aktifitas kita sehari-hari. Selain perih dan menimbulkan perasaan tidak nyaman, hal itu juga bukan pemandangan yang bagus bagi orang di sekeliling kita yang melihatnya. Namun tahukah sahabat muslimah apakah penyebab dari bibir pecah-pecah dan kering tersebut?

Tips Alami-Mengobati Bibir Pecah-pecah dan Kering
Tips Alami-Mengobati Bibir Pecah-pecah dan Kering

Salah satu gangguan kesehatan yang menyebabkan bibir pecah dan kering adalah karena panas dalam yang kita derita. Selain itu, hal ini disebabkan juga karena kurangnya asupan vitamin C pada tubuh kita, dan juga kurangnya cairan dalam tubuh atau dehdrasi. Sering kan kalau di saat yang panas dan kita kurang minum, maka bibir kita menjadi kering? Nah bagi sahabat muslimah yang sering mengalaminya karena aktifitas sehari-hari yang padat, berikut ini ada beberapa tips alami yang dapat sahabat gunakan untuk mengobati bibir yang pecah dan kering. Obat ini banyak ditemukan di sekitar kita, karena terbuat dari bahan-bahan alami sehingga insya Allah aman penggunaannya dan tanpa efek samping. Bagaimanakah tipsnya? Kita simak berikut ini:

Tips Alami Mengobati Bibir Pecah-pecah dan Kering

1.Menggunakan Madu

Madu sudah terkenal dari jaman dahulu sebagai salah satu bahan obat alami yang banyak mengandung khasiat. Salah satu kegunaannya adalah untuk mencegah dan mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah.

manfaat-madu-untuk-mengobati-bibir-pecah-dan-kering
manfaat-madu-untuk-mengobati-bibir-pecah-dan-kering

Cara menggunakannya adalah dengan mengambil setetes madu dan leyakkan pada ujung jari kita, kemudian oles dan pijatlah bibir yang kering dengan madu tersebut. Madu tersbeut akan meresap dan melembutkan serta melembabkan kembali bibir kita serta mencegahnya dari keretakan.

2.Lemon dan madu

Lemon dan madu merupakan salah satu ramuan alami yang sangat efektif untuk mengobati bibir kering dan pecah. Dengan kandungan vitaminnya, lemon dapat mengelupas kulit dan menghilangkan sel-sel kulita mati, serta membersihkan kulit. Sedangkan madu akan melembabkan kulit dan mencegahnya dari kekeringan dan pecah.

lemon-dan-madu-untuk-bibir-pecah-dan-kering
lemon-dan-madu-untuk-bibir-pecah-dan-kering

Cara pengobatannya adalah dengan mencampurkan perasan lemon dengan beberapa tetes madu, kemudian dioleskan pada bibir kita yang kering. Untuk mempercepat proses penyembuhan, lakukanlah dua kali sehari maka insya Allah bibir akan menjadi lembab dan halus kembali.

3.Menggunakan buah Tomat

Siapa yang tidak menyukai buah tomat? Buah berwarna kemerahan ini banyak sekali fungsinya, mulai dari campuran bahan makanan, minuman hingga dimakan langsung atau dibuat sebagai jus dan minuman dingin juga enak.

manfaat-buah-tomat-untuk-mengobati-bibir-pecah-dan-kering
manfaat-buah-tomat-untuk-mengobati-bibir-pecah-dan-kering

Namuan tahukah sahabat muslimah, bahwa bah tomat ini mengandung banyak sekali vitamin C? Nah dengan kandungannya tersebut buah ini dapat juga digunakan untuk mengobati bibir yang pecah-pecah dan kering.

Cara pengobatan bibir pecah dan kering menggunakan buah tomat ini adalah dengan membelah tomat yang matang, kemudian potongan buah tomat ersebut dioleskan dengan gerakan memijat pada bibir kita. Memang agak terasa perih karena biir yang pecah, namun kandungan vitaminnya akan segera menyembuhkannya.

Untuk mempercepat penyembuhan, sahabat muslimah dapat mengoleskan beberapa tetes madu pada potongan tomat tersebut sebelum mengoleskan pada bibir yang bermasalah.

4.Minyak Kelapa dan Mentega

minyak-kelapa-sebagai-obat-bibir-pecah-dan-kering
minyak-kelapa-sebagai-obat-bibir-pecah-dan-kering

Minyak kelapa atau mentega juga dapat digunakan untuk mengobati permasalahan bibir yang pecah dan kekeringan ini. Hal ini karena asam lemak yang terkadung didalamnya dapat melembabkan dan mengobati kekeringan pada kulit tersebut. Caranya adalah dengan mengoleskannya pada bibir secara teratur maka insya Allah bibir akans egera sembuh dari kering dan pecah-pecah, dan akan kembali lembab dan halus.

5.Minum Cukup Air

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh adalah salah satu penyebab dari bibir yang pecah dan kering.

banyak-minum-air-untuk-mencegah-bibir-kering-dan-pecah
banyak-minum-air-untuk-mencegah-bibir-kering-dan-pecah

Oleh karena itu, bagi sahabat muslimah yang mempunyai aktifitas banyak tiap hari harus selalu menjaga kandungan air dalam tubuh dengan cara banyak minum air putih. Hal ini akan menjaga badan tetap segar dan juga mencagah bibir pecah dan kekeringan.

6.Ekstrak Lidah Buaya

Lidah buaya selain banyak digunakan untuk mengobati kerusakan pada rambut, ternyata dapat juga digunakan untuk mengobati bibir yang bermasalah.

ekstrak-lidah-buaya-untuk-kesehatan-bibir
ekstrak-lidah-buaya-untuk-kesehatan-bibir

Caranya adalah dengan mengoleskan ekstrak lidah buaya ini pada bibir yang pecah dan kekeringan, serta memijitnya dengan perlahan-lahan. Lakukan dengan teratur maka insya Allah bibir akan segera sembuh dan kembali lembab serta halus.

7.Menggunakan Mentimun

Mentimun juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang kering dan pecah, dalam hal ini bibir juga demikian.

buah-mentimun-untuk-kesehatan-bibir-dari-kekeringan-dan-pecah-pecah
buah-mentimun-untuk-kesehatan-bibir-dari-kekeringan-dan-pecah-pecah

Caranya dengan memotong dan mengiris mentimun tipis-tipis, dan mengoleskannya pada bibir sahabat muslimah secara teratur. Maka bibir yang kering akan cepat kembali lembab dan halus karena kandungan vitamin C pada mentimun tersebut akan meresap dan mengobati kekeringan.

8.Buah Jeruk

Untuk buah jeruk ini hampir seua orang sudah mengetahui bahwa pada buah ini banyak terkandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bibir kering karena banyak mengandung vitamin yang dapat melembabkan kulit bibir. Dianjurkan untuk mengonsumsinya secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu menjadi jus. Makanlah minimal empat buah jeruk untuk setiap hari untuk mendapatan cukup vitamin C bagi tubuh kita.

buah-jeruk-untuk-mengobati-bibir-kering-dan-pecah
buah-jeruk-untuk-mengobati-bibir-kering-dan-pecah

Untuk yang ingin mengonsumsi jeruk sebagai jus, sebaiknya rutin dikonsumsi 2 gelas setiap hari sebelum dan sesudah makan. Cara mengolahnya, ambil tiga buah jeruk matang, dikupas dan dibuang kulit serta bijinya. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan 50 ml air putih, 20 ml air gula dan 200 gr es batu. Lalu blender hingga halus dan disaring.

9.Buah Wortel

Siapa yang sangka, bahwa buah ini sangat ampuh untuk mengatasi bibir kering, mampu melembabkan kulit bibir, membuang kulit mati dan sekaligus memerahkan warna bibir yang menghitam.

buah-wortel-untuk-mengobati-bibir-pecah-dan-kering
buah-wortel-untuk-mengobati-bibir-pecah-dan-kering

Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, buah wortel ini diolah menjadi jus dan masker wortel. Pengolahannya adalah dengan mengambil satu buah wortel segar kemudian dicuci bersih, dikupas lalu diparut hingga benar-benar halus.

Setelah halus, saring airnya lalu diambil ampasnya. Airnya diminum langsung, sementara ampasnya dioleskan ke bibir yang kering dengan gerakan halus dari area bawah bibir keatas bibir. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

10.Hindarilah Penggunaan Lipstick

Tahukah sahabat muslimah bahwa lipstik dapat mengeringkan bibir dan membuatnya semakin pecah-pecah? Jika bibir Anda kering, hindari pemakaian lipstik atau pemulas bibir berbahan kimia lainnya, seperti lip balm dan lip gloss, untuk sementara waktu.

Demikianlah sahabat muslimah beberapa tips alami untuk mengobati bibir yang pecah-pecah dan kering. Semoga bermanfaat dan tetap semangat dalam menjalani aktifitas kita sehari-hari.

Leave a Reply