Tips Berhijab Syar’i Agar Tetap Istiqomah

0
11160

Berhijab syar’i yang konsisten atau istiqomah memang susah-susah gampang ya sahabat muslimah? Tentu saja, karena berhijab adalah salah satu bukti dari keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT sang Pencipta alam semesta ini. Dengan banyaknya kejadian yang mempengaruhi kita setiap saat, menjadikan kita terkadang kuat dan kadang juga lemah dalam menjaga konsistensi keimanan kita, baik dalam hal beribadah dan juga menjalankan kewajiban kita lainnya.

Banyak kejadian dimana pada saat terdahulu ada seorang wanita muslimah yang taat, berhijab lebar, sholat tak kenal waktu tunda, dan selalu mengerjakan kewajibannya sebagai muslimah, namun suatu saat bertemu dengannya sudah jauh berubah. Hijabnya sudah hilang, digantikan dengan busana-busana pendek yang memperlihatkan anggota tubuh, serta tindak-tanduknya yang jauh dari kesan seorang wanita muslimah. Naudzubillahi min Dzaaliik. Ada juga kejadian dimana pada saat dahulu ada seorang teman yang tomboy, suka menggunakan busana pendek seperti celana pendek, baju yang ringkas dan suka bergaul dengan teman laki-laki, sholatnya juga kadang-kadang masih dikalahkan oleh kepentingan lainnya. Namun saat terakhir bertemu dengannya, masya Allah, dia sudah jauh berubah. Busana pendeknya sudah berganti dengan busana muslimah syar’i dengan hijab lebarnya. Tindak-tanduknya juga sangat sopan, gaya bicaranya halus, tidak suka berteriak-teriak seperti dahulu.

Memang begitulah masalah keimanan, terkadang naik dan turun.  Dan salah satu hal yang mempengaruhi keimanan itu adalah lingkungan tempat kita hidup sehari-hari. Disaat kita banyak bertemu dengan teman-teman yang sholehah, banyak kegiatan mengkaji ilmu agama maka keimanan kita semakin naik, dan semangat kita dalam menjalankan kewajiban kita semakin kuat. Namun sebaliknya, jika kita sering berkumpul dengan teman-teman yang tidak mengamalkan ilmu agama maka kita juga akan terseret untuk menjauhi ilmu agama tersebut.

Sejalan juga dengan keimanan, berhijab juga merupakan salah satu kewajiban bagi setiap wanita muslimah yang telah baligh. Artinya jika kita menggunakan busana yang menutup seluruh aurat dimana keseluruhan anggota badan kita kecuali wajah dan telapak tangan, maka kita sudah menjalankan kewajiban dan terhindar dari dosa yang dilimpahkan ke kita jika tidak melakukannya. Berhijab syar’i, yaitu menggunakan hijab yang sesuai dengan syarat dalam agama Islam juga terkadang mempunyai kendala dan pasang surut dalam semangat menggunakannya.

Kiat Istiqomah Dalam Menggunakan Hijab Syar’i

Nah, sahabat muslimah yang semoga selalu dalam lindungan-Nya, secara umum istiqomah berarti menempuh jalan lurus dengan tidak berpaling ke kanan maupun ke kiri. Atau istiqomah juga bisa diartikan sebagai tetap patuh menjalani perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Didalam berhijab pun kita dianjurkan untuk istiqomah, karena menjaga diri kita agar tetap istiqomah tidaklah mudah. Oleh karena itu dalam artikel ini ada beberapa tips berhijab syar’i agar tetap istiqomah. Bagaimanakah tipsnya? Mari kita simak berikut ini:

1.Resapi dan amalkan dua kalimat syahadat. Dua kalimat syahadat adalah kunci utama dalam kehidupan kita dimana kita akan mengimani bahwa hanya Allah dan Rasul-Nya lah yang berhak kita yakini dan kita ikuti, serta menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Dengan mengamalkannya maka kita akan terpacu untuk lebih banyak menimba ilmu agama yang akan menjadikan kita dapat bersungguh-sungguh sehingga akan menjaga diri kita tetap istiqomah dalam beragama.

2.Mengkaji dan mengamalkan Al-Qur’an. Allah SWT berfirman dalam surat An-Nahl ayat 102 yang isinya adalah dengan membaca dan memahami Al-Qur’an maka akan meneguhkan hati orang-orang yang beriman. Dengan keteguhan hati maka akan tercipta sikap istiqomah dalam beragama.

3.Konsekuen dalam hidup. Dengan konsekuen kita akan dituntut untuk melaksanakan apa yang sudah menjadi kewajiban kita, seperti belajar, menimba ilmu, dan juga dalam berpakaian sesuai dengan apa yang kita yakini dalam menjalankan agama Islam. Hal ini akan memicu sikap yakin dan berusaha untuk tetap istiqomah.

4.Membaca Buku-buku Agama. Sekarang ini sudah banyak buku-buku agama karya ulama-ulama besar baik dari Indonesia maupun Timur Tengah yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Buku-buku tersebut banyak memotivasi kita untuk belajar dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan kehidupan beragama. Insya Allah dengan membaca buku-buku tersebut akan menambah wawasan dan juga semangat kita untuk tetap istiqomah dalam berhijab syar’i.

5.Banyak Berdoa. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an yang intinya manusia adalah makhluk yang sangat lemah, dan memerlukan pertolongan dari Allah dalam setiap detik kehidupan. Berdoalah kepada Allah agar kita diberikan keteguhan sehingga tetap istiqomah dalam menjalankan agama Islam ini.

6.Berteman dengan orang shalih. Bergaul dengan orang yang mengerti dan manjalankan agama dengan benar akan berpengaruh dalam seluruh kehidupan kita, karena kita akan semakin terpacu untuk turut menjalankan kewajiban kita dengan benar.

Demikianlah sahabat muslimah tips berhijab syar’i sehingga dapat tetap istiqomah. Semoga hal ini dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT, dan dijauhkan dari segala murka-Nya. Amiin.

Leave a Reply