Sering Mengantuk Saat Sedang Bekerja? Simaklah Tips Mudah Untuk Pencegahannya

GamisJilbabSyari.com – Mengantuk merupakan sebuah hal yang sangat manusiawi, dimana setiap orang akan merasakannya, dan bisa datang kapan saja. Namun jika kita mengantuk di saat yang tidak diinginkan seperti disaat kita sedang bekerja di kantor, atau sedang kuliah, atau sedang beraktifitas lainnya yang membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi, tentunya hal ini akan merugikan kita. Kantuk yang datang disaat beraktifitas seperti ini akan membuat kita menjadi kurang produktif dan menjadi malas. Dan parahnya jika dibiarkan, kita bisa tertidur saat beraktifitas, misalkan saat bekerja.

Penyebab Dari Rasa Kantuk

Beberapa hal yang menyebabkan rasa kantuk antara lain adalah kecapekan, saat kita tidur di waktu yang tidak tepat, kurang tidur, dan juga terkadang jika kita kebanyakan tidur malah dapat membuat kita menjadi mengantuk terus. Selain itu ada juga kantuk yang disebabkan oleh pikiran kita yang sedang dilanda kecemasan, stress, penat maupun bosan.

tips mencegah kantuk saat bekerja
tips mencegah kantuk saat bekerja. image:muslimah.co

Ada juga rasa kantuk yang ditimbulkan oleh penggunaan obat-obatan. Biasanya pada label obat yang menyebabkan kantuk ini ada peringatan. Selain itu, pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan kita jadi mudah mengantuk. Hal lain yang juga menyebabkan kantuk adalah gangguan makan, sakit kronis, kurang berolah raga, minum minuman beralkohol, terkena diabetes, dan juga gangguan tiroid yang kurang aktif.

Rasa kantuk atau mengantuk diluar saat kita akan tidur dapat menyebabkan aktifitas kita menjadi terganggu, selain itu juga produktifitas kita dalam bekerja juga menjadi terganggu. Kita juga menjadi orang yang mudah lupa, mdah marah, tetapi lemas karena kita seperti tidak mempunyai energi untuk bergerak. Selain mengurangi produktivitas, kantuk yang menyerang dapat menyebabkan malapetaka dalam kehidupan pribadi anda. Dengan perubahan gaya hidup disertai pola makan yang sehat dan pola tidur yang tepat, maka anda dapat melawan rasa kantuk dengan mudah.

Jika sahabat muslimah sedang menjalani pengobatan atau rutin minum obat akan tetapi kemudian merasa mengantuk setelah minum obat, maka sahabat wajib berkonsultasi dengan dokter untuk diperiksa dan mendapat bantuan medis. Namun pada umumnya dokter akan menanyakan tentang alergi yang kita derita sehingga dokter tidak akan mudah untuk memberikan obat yang akan berakibat tidak bagus bagi diri kita.

Tips Mencegah Rasa Kantuk Saat Bekerja

Rasa kantuk yang tibul saat kita sedang dituntut serius dalam bekerja harus segera kita atasi, karena jika tidak maka akan merugikan kita. Tips dan cara mencegah terjadinya rasa kantuk saat kita sedang ditempat kerja adalah sebegai berikut:

1.Membuat Jadwal Tidur Yang Teratur dan Menaatinya

Mengatur jadwal tidur agar teratur adalah hal yang sangat direkomendasikan untuk menghilangkan rasa kantuk yang tiba-tiba datang saat bekerja. Dengan kita mengatur jadwal tidur maka kita akan beristirahat secara optimal sehingga saat kita bekerja, kita tidak akan merasa mengantuk.

Sebenarnya kebutuhan masing-masing orang untuk tidur lamanya adalah berbeda, tergantung dari kerapian dalam mengatur jadwal tidur. Oleh karena itu, aturlah jadwal tidur yang tepat. Salah satu cara terbaik untuk mencegah kantuk di siang hari adalah dengan mengatur jadwal tidur yang tepat. Tidur di waktu yang tepat dapat akan membantu mengatasi energi yang rendah, kelelahan, depresi, dan stress. Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda dalam jumlah tidurnya agar organ tubuhnya berfungsi dnegan baik. Rata-rata setiap orang membutuhkan 7-8 jam tidur untuk membantu mengembalikan fungsi tubuh seperti semula. Karena itulah, anda harus tidur dengan nyenyak dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

2.Jika Mengantuk Cucilah Wajah Menggunakan Air Dingin

Mencuci muka dengan air dingin adalah salah satu hal paling mudah yang biasa dilakukan saat kita merasa mengantuk di saat bekerja. Perubahan shu yang mendadak pada wajah ini dapat membantu menghilangkan rasa mengantuk kita dan juga membantu meningkatkan energi kita.

Jika sahabat sudah mencuci wajah, biarkanlah wajah terkena angina AC atau kipas angina. Hal ini akan menjadikan wajah terasa segar dan rasa kantuk pun akan hilang dengan segera. Untuk meningkatkan sirkulasi darah, kita dapat mandi dengan menggunakan air dingin pada pagi hari.

3.Memulai Hari Kita Dengan Sinar Matahari

Sinar matahari dapat membantu kita tetap waspada dan energik sepanjang hari dan membantu melawan kantuk di waktu siang hari. Bahkan, sinar matahari dapat membantu mengatur siklus tidur-bangun karena membantu memprogram otak bahwa sudah waktunya untuk bangun.

Sinar matahari juga membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dnegan masalah tidur, terutama kantuk di siang hari.

4.Minum Teh Hijau Setelah Bangun Tidur

Apakah sahabat muslimah sudah mengetahui jika hijau dapat membantu memberikan dorongan energi dan stamina yang berlangsung selama ber jam jam dan mencegah rasa kantuk? Hal ini sudah banyak dibuktikan sehingga sangat efektif untuk memerangi kelelahan dan stress. Hal ini terjadi karena zat polifenol didalamnya juga membantu kita untuk mendapatkan tidur berkualitas.

Untuk membuat teh hijau ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni :

  • Tambahkan 1 sendok teh daun teh hijau untuk secangkir air panas.
  • Tutup dan biarkan selama 5 menit.
  • Saring, lalu tambahkan madu untuk memberikan rasa manis dan minum.

5. Meminum Air Lemon di Pagi Hari

Selain mengkonsumsi meinuman the hijau, minum air lemon di pagi hari adalah cara lain yang sangat baik untuk menyingkirkan kantuk di siang hari. Lemon ini membantu menjaga tubuh terhidrasi dan mengeluarkan racun berbahaya. Dehidrasi mempengaruhi oksigenasi otak, membuat sahabat merasa lebih lelah dan mengantuk di siang hari.

Caranya adalah: minumlah segelas air lemon di pagi hari saat anda terbangun, lanjutkan mengkonsumsi air lemon kembali di sinag hari sebanyak 1-2 gelas setiap hari.

Air lemon membantu menjaga tubuh dari dehidrasi. Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang mengandung air secara alami, seperti yoghurt, brokoli, wortel, dan buah-buahan yang mengandung banyak air.

6. Selalu Sarapan Pagi Sebelum Berangkat Bekerja

Untuk mencegah rasa kantuk di siang hari, jangan sampai sahabat melewatkan sarapan. Makan sarapan sebelum berangkat bekerja walaupun sedikitakan membuat sahabat tetap aktif di pagi hari dan lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari.

Selain itu, melewatkan sarapan berarti akan membuat gula darah anda akan rendah. Sarapan yang baik termasuk makanan yang rendah lemak dan penuh dengan protein serta karbohidrat kompleks. Termasuk susu, yoghurt, telur, keju, roti gandum, buah-buahan kaya serat, oatmeal, sereal, kacang-kacangan, dan smoothies.

Sedangkan untuk makan siangnya lebih baik menghindari makan siang yang berat dan pilihlah menu makan siang yang memiliki nutrisi yang sehat, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sandwish, jus, dan sebagainya. Biasakan juga untuk menyelesaikan makan malam anda dua jam sebelum tidur.

7. Berjalan Cepat Di Pagi Hari Selama 30 Menit

Ada beberapa latihan peregangan. Di malam hari, lakukan aerobic ringan, tapi jangan lakukan sebelum tidur. Sebaiknya lakukan beberapa jam sebelum jam tidur. Untuk meningkatkan sirkulasi darah dan melawan stress, lakukan latihan pernafasan beberapa kali. Sahabat juga dapat melakukan beberapa postur yoga. Jangan paksakan diri untuk latihan. Tubuh yang lelah jika dipaksa tidak akan baik. Selain itu, jika anda melakukan latihan yang berlebihan, tubuh akan sangat lelah.

8. Berolah Raga Secara Teratur

Olahraga teratur selama 30 menit, 5 kali seminggu dapat sangat membantu menambah energi untuk melawan kantuk di siang hari. Berolahraga juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anda di malam hari.

9. Menikmati Aromaterapi

Aromaterapi dapat membantu mengurangi rasa kantuk , lelah, dan sakit kepala. Beberapa minyak sesensial untuk aromaterapi yang banyak dipakai termasuk rosemary, basil, dan peppermint.

Cara memakai aromaterapi adalah dengan menempatkan beberapa tetes minyak esensial favorit sahabat pada kain, hiruplah aromanya untuk membuat anda rileks. Selain itu sahabat dapat meneteskan minyak esensial pada air mandi.

Makanan yang Dapat Menyebabkan Kantuk

Selain dari pola hidup kita yang kurang teratur, ternyata makanan juga dapat menyebabkan kantuk yang berlebihan. Hal ini terjadi seiring dengan banyaknya makanan yang tidak sehat. Sahabat muslimah perlu menyadari makanan yang menyebabkan rasa kantuk datang dan sebaiknya dihindari. Sebaiknya hindari kue, pasta, kentang, dan nasi putih di siang hari, karena mereka hanya akan membuat sahabat mengantuk.

Hindari mengkonsumsi minuman berkafein di pagi hari. Walaupun kafein dikenal sebagai makanan yang mampu membuat kita tetap tejaga, namun itu hanyalah stimulant sementara yang akan membuat sahabat down siang harinya. Hindari mengkonsumsi daging olahan dan merokok. Hindari sarapan dengan menggunakan tambahan gula, serta fruktosa tinggi.

Tips dan Cara Mudah Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Beberapa tips yang mudah dilakukan pada saat sahabat muslimah sedang mengantuk agar rasa kantuk itu hilang adalah sebagai berikut:

  • Cobalah tidur siang 20 menit pada siang hari agar tubuh kembali siap beraktivitas.
  • Gerakkan badan sahabat seperti tangan, punggung dengan berdiri selama 5 menit, maka rasa mengantuk akan hilang.
  • Dengarkan murattal baik menggunakan speaker atau headset jika tidak memungkinkan
  • Setiap kali merasa mengantuk, cobalah berjalan-jalan sekitar 5 menit
  • Untuk menyegarkan fikiran, cobalah beristirahat sejenak di tempat kerja.

Demikianlah beberapa tips yang mudah untuk dilakukan sehingga kita akan terhidar dari rasa kantuk saat sedang bekerja di tempat kerja. Dan hal yang paling penting adalah niatkan bekerja karena ingin mendapatkan pahala dan ridha Allah SWT, maka insya Allah rasa mengantuk akan hilang dan timbul semangat untuk bekerja dengan tekun dan giat. Selamat mencoba.

Leave a Reply