Mengapa Wanita Terlihat Lebih Cepat Tua Dibandingkan Pria? Inilah Faktor-faktor Penyebabnya

GamisJilbabSyari.Com – Wanita lebih cepat tua dibandingkan dengan pria yang seumuran, bahkan banyak diantaranya dimana para pria yang umurnya jauh lebih tua tetap terlihat lebih muda dibandingkan dengan wanita yang usianya jauh dibawahnya. Hal ini merupakan sesuatu yang sudah lazim di masyarakat kita, namun apakah sahabat muslimah mengetahui apa sebabnya?

Nah ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita terlihat lebih tua dibandingkan dengan pria yang usianya lebih tua dari si wanita. Dalam artikel ini akan kami jelaskan bagaimana hal itu bisa terjadi, seperti dilansir dari ojekcinta.com, inilah faktor-faktor penyebabnya:

Faktor-faktor Penyebab Wanita Terlihat Lebih Cepat Tua Dibandingkan Pria:

1.Wanita Lebih Mudah Terkena Stress

Sudah lazim diketahui bahwa kaum wanita memang lebih mudah untuk terjangkit stress dibandingkan dengan kaum pria. Hal ini karena kaum wanita cenderung lebih menggunakan perasaan dalam berpikir sehingga menjadi beban pikiran yang tidak mudah untuk dihilangkan. Pada wanita ini biasanya stress terjadi karena kebiasaannya dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan baik dirumah maupun aktifitas di tempat kerja, dan juga karena beban kehidupan dalam rumah tangganya.

Karena mengandalkan perasaan, wanita menjadi lebih banyak mempunyai pikiran yang banyak dan berputar-putar terus menerus. Hal ini tentunya akan membuatnya cepat lelah dan ujungnya adalah stress.

mengapa wanita cepat terlihat lebih tua dibanding pria
ilustrasi mengapa wanita cepat terlihat lebih tua dibanding pria. image: internet

Stress ini juga terjadi karena kaum wanita biasanya banyak yang lebih memilih untuk memendam perasaannya dan dipikirkan sendiri. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kaum pria yang lebih mudah terbuka terhadap orang lain, sehingga dapat berbagi terhadap beban pikirannya dengan rekan atau temannya dan dapat segera mengatasi persoalan yang dihadapinya. Oleh karena itu, sahabat muslimah sebaiknya lebih terbuka dalam menghadapi masalah yang dihadapi, tentunya dengan memilih orang yang tepat untuk sekedar berbagi atau mencari jalan keluar sehingga beban pikiran menjadi lebih ringan, dan kemungkinan untuk memecahkan persoalan yang dihadapinya akan semakin mudah.

2.Wanita Mempunyai Masa Menopause

Tidak seperti pria yang mampu terus memproduksi hormon testosteron sepanjang hidupnya, maka untuk wanita ini akan melewati masa dimana hormon estrogen yang diproduksi oleh tubuhnya akan berkurang terus dan akhirnya akan berhenti. Masa ini dinamakan sebagai masa menopause. Hormon estrogen bagi wanita sangat dibutuhkan karena gunanya sangat banyak, diantaranya adalah akan menyehatkan kulit sehingga kulit terlihat segar, serta untuk metabolism tubuh. Banyak sekali pada wanita yang masuk ke dalam masa menopause ini menjadi mudah sekali sakit, dan banyak keluhan lainnya yang dihadapi. Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh wanita sehingga saat menopause ini tidak banyak keluhan, salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat, buah dan sayuran, serta rajin berolahraga, sehingga badan akan fit dan segar.

3.Mempunyai Kelenjar Minyak Yang Lebih Sedikit

Wanita mempunyai kelenjar minyak yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria, dan hal ini juga berpengaruh terhadap penampilan wanita yang terlihat lebih cepat tua dibandingkan dengan pria. Pada proses penuaan akan mengakibatkan kelenjar kulit mengasilkan minyak yang lebih sedikit sehingga menyebabkan kulit kehilangan kelembabanya dan mejadikan kulit kering dan gatal-gatal. Hal inilah yang menjadikan wanita terlihat lebih cepat tua. Dalam sebuah riset mengatakan bahwa jika kelenjar keringat memiliki fungsi untuk menghasilkan minyak yang membuat kulit tampak lembab dan pembuluh darah membantu mengalirkan darah ke organ tubuh sehingga bisa mencerahkan kulit. Namun jika kelenjar keringat sangat sedikit, maka sedikit pula kesempatan kulit perempuan untuk terlihat lebih cerah dan lembab. Kelenjar minyak yang dapat membantu melembabkan dan mencerahkan kulit adalah kelenjar minyak yang berada pada bagian mulut dan mata.

4.Wanita Lebih Cepat Dewasa

Faktor yang keempat ini adalah bahwa ada kecenderungan dimana wanita lebih cepat dewasa dibandingkan dengan pria yang seusia dengannya. Tingkat kedewasaan juga menjadi faktor utama yang membuat kenapa perempuan cepat tua dibandingkan lelaki. Perempuan cenderung lebih cepat mencapai masa kedewasaan dibandingkan seorang lelaki. Salah satu faktor yang menjadikan perempuan lebih cepat dewasa adalah pengalaman hidup dan situasi dikehidupan sehari-hari.

5.Lebih Sedikit Bergerak

Pada wanita terdapat kecenderungan untuk lebih sedikit bergerak dibandingkan dengan kaum pria. Dengan lebih sedikit bergerak, maka dapat membuat seorang menjadi tampak lemah, lesu dan letih. Sahabat muslimah dapat ketahui bahwa wanita cenderung jarang bergerak seperti melakukan olahraga. Hal tersebut jelas berbeda dengan seorang pria yang banyak memiliki aktivitas dengan menggunakan tenaga serta gerakan. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, seorang wanita disarankan untuk setidaknya berolahraga ringan, seperti bersepeda, lari-lari ringan, jalan santai dan lain sebagainya. Nah sahabat muslimah, jangan malas untuk berolahraga ya?

6.Wanita Rawan Terkena Osteoporosis

Kaum wanita cenderung lebih mudah untuk terkena osteoporosis, atau yang kita kenal dengan penyusutan massa tulang. Penyusutan massa tulang ini akan menyebabkan tulang wanita lebih mudah keropos. Dimana kondisi tersebut, merupakan massa penyusutan tulang wanita yang biasanya terjadi pada rahang sehingga wajah pun akan terlihat lebih kecil dan kulit akan terlihat semakin kendur tidak kencang lagi. Penyusutan tulang ini dapat menjadikan tulang keropos juga.

Hal lain yang menjadikan wanita lebih mudah beresiko terkena osteoporosis adalah karena wanita mengandung dan melahirkan anak. Anak yang ada dalam kandungan akan menyedot nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh tubuhnya dari ibunya, tanpa terkecuali juga zat besi. Jika ibunya tidak mendapat asupan zat besi yang cukup untuk dirinya dan bayi yang ada dalam kandungannya maka zat besi akan diambilkan dari tulangnya, sehingga tulangnya akan mudah keropos.

Demikianlah sahabat muslimah mengapa wanita lebih cepat untuk terlihat lebih tua dibandingkan dengan pria yang seumurannya. Semoga sahabat muslimah dapat mangambil manfaat dan dapat menjaga kesehatan sehingga pada masa tuanya nanti akan tetap sehat dan segar, serta dapat beraktifitas dengan lancar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply