Inilah Manfaat Memakai Hijab Bagi Kesehatan Muslimah

0
1889

Hijab adalah busana yang menutupi seluruh anggota tubuh wanita muslimah yang masuk ke dalam aurat, kecuali wajah dan telapak tangan saja. Penggunaan hijab ini adalah perintah Allah SWT langsung dan meliputi seluruh wanita muslimah yang sudah baligh. Pada perintah ini terdapat pengecualian seperti yang diyakini oleh jumhur ulama, yaitu bagi wanita yang sudah tua dan tidak terdapat kekhawatiran akan menarik perhatian laki-laki yang bukan mahram.

Namun tahukah sahabat muslimah, bahwa dilihat dari segi kesehatan, ternyata menggunakan hijab ini ternyata bermanfaat sekali bagi kesehatan? Seorang ahli dermatologi asal Australia baru-baru ini melakukan penelitian, dan menemukan bahwa wanita muslimah yang menggunakan hijab cenderung lebih sehat kulitnya dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakannya.

Beberapa Manfaat Memakai Hijab Bagi Kesehatan Muslimah

Menurut pakar dermatologi tersebut, pada dasarnya wanita mempunyai kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan kulit yang dimiliki oleh laki-laki. Hal ini menyebabkan kulit wanita lebih rentan terhadap sengatan sinar matahari sehingga harus dilindungi. Selain itu juga menurut penelitian wanita mempunyai jumlah pigmen yang lebih beresiko terhadap serangan kanker kulit. Nah dari hal tersebut diatas terdapat beberapa keuntungan dan manfaat secara kesehatan pada wanita muslimah yang mengenakan hijab yaitu:

1. Hijab akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung

Sahabat muslimah, pada umumnya seorang dokter atau ahli kulit akan menyarankan para wanita untuk menggunakan tabir surya agar kulit terlindungi dari sinar matahari yang banyak mengandung UV yang banyak menyebabkan keriput pada kulit dan bahkan kanker kulit. Selain itu paparan sinar matahari langsung akan menyebabkan resiko kulit kering dan terbakar.

manfaat hijab bagi kesehatan wanita muslimah
manfaat hijab bagi kesehatan wanita muslimah

Dengan menggunakan hijab, wanita muslimah akan terlindungi kulitnya dari sinar matahari langsung. Hal ini karena hijab akan menutupi seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Karena terlindungi inlah maka kulit sahabat akan lebih sehat karena lebih sedikit terkena paparan matahari dan juga semakin kecil resiko terkena gangguan kulit hingga kanker kulit.

2. Rambut lebih sehat dan terjaga

Dengan menggunakan hijab maka rambut juga akan terlindungi dari debu, sinar matahari langsung dan juga polusi. Hal ini menyebabkan rambut akan lebih sehat dan segar. Bandingkan dengan rambut yang tidak tertutup oleh hijab, dimana setiap hari akan terkena polusi, debu dan kotoran serta terpanggang panasnya matahari, sehingga sering rambut menjadi kering, mudah patah dan rontok jika tidak dirawat dengan cermat.

3. Berhjab akan membuat seseorang lebih tahan terhadap penyakit

Sudah menjadi rahasia umum jika wanita berhijab biasanya lebih memperhatikan kebersihan tubuhnya. Hal ini karena dengan menggunakan busana hijab yang menutup seluruh tubuh akan lebih mudah mengeluarkan keringat, sehingga akan lebh sering untuk mengganti pakaiannya dengan pakaian yang baru dan bersih. Selain itu juga wanita berhijab akan lebih sering untuk membersihkan badan, karena memang dalam Islam kebersihan adalah sebagaian dari iman. Hal inilah yang akhirnya menjadikan seorang wanita muslimah yang berhijab akan lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

Demikianlah beberapa fakta dan manfaat dari penggunaan hijab pada wanita muslimah dilihat dari segi kesehatan. Adapun penggunaan hijab adalah wajib bagi seluruh muslimah yang sudah baligh, maka sebenarnay tidaklah perlu untuk melihat faktor kesehatan ini saat akan menggunakan hijab, tapi lebih ke arah menjalankan perintah agama, menjalankan perintah Allah SWT agar Allah ridha dan memberikan perlindungan dan karunia-Nya kepada kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply