Mau Tau Cara Menyimpan Jilbab Bergo Agar Tidak Kusut? Berikut Tipsnya yang Mudah dan Simpel

Hai sahabat muslimah, kembali lagi GamisJilbabSyari.com dengan artikel seputar jilbab bergo. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa jilbab bergo merupakan salah satumodel jilbab yang banyak disukai dan sering dipakai oleh wanita muslimah. Hal ini karena jilbab model bergo ini sangat praktis dan memiliki pet atau lapisan busa pada bagian depan atau kening. Dengan adanya lapisan busa atau pet ini sangat membantu para pemakainya agar posisi jilbab tidak mudah berubah dan juga bagian depan selalu tertutupi. Bandingkan dengan jilbab tanpa pet, dimana sahabat harus memakainya dengan lebih hati-hati, menambahkan jarum pentul ataupun peniti agar posisi jilbab tidak berubah yang tentunya membutuhkan waktu lebih lama.

jilbab bergo tampak samping
jilbab bergo tampak samping. image: galerisaliimah.com

Nah untuk pengertian dari jenis jilbab ini sudah kami angkat dalam artikel sebelumnya (Silahkan baca: Jilbab Bergo, Inilah Ciri-ciri dan Kelebihan Yang Harus Sahabat Ketahui).

Cara Mudah Menyimpan Jilbab Bergo Agar Tidak Kusut

Nah setelah sahabat mengetahui secara jelas apa itu jilbab bergo, kami yakin sahabat pasti menyukai jenis jilbab instan ini. Nah segala sesuatu barang tentu akan awet jika kita merawatnya dengan benar, mulai dari membersihkan atau mencucinya, menjemurnya, dan yang terakhir adalah menyimpannya.

Jika pada umumnya kita menyimpan pakaian adalah dengan menumpuknya di dalam lemari, maka untuk jilbab model bergo rasanya kurang pas jika kita memperlakukannya seperti itu. Hal ini karena jilbab merupakan penutup kepala yang pasti selalu mendapat perhatian pertama dari orang lain yang melihat kita. Jika kita menyimpan jilbab bergo ini dalam tumpukan di dalam lemari maka kemungkinan besar jilbab yang ada di tumpukan awal (bawah) akan segera tertimbun oleh tumpukan jilbab yang berikutnya kita masukkan. Jika jilbab tertumpuk maka lama-kelamaan akan menjadikan kainnya kusut sehingga saat kita akan menggunakannya, kita mesti menyeterikanya kembali agar licin dan tidak kusut. Dengan adanya jilbab yang memiliki berbagai macam model dan gaya, terutama bagi sahabat yang senang dengan model jilbab yang bermacam-macam, maka cara menyimpannya juga harus efisien agar tidak perlu di setrika lagi jika akan menggunakannya. Dan cara menyimpan jilbab dalam lipatan akan membuat bentuk jilbab sahabat menjadi rusak.

Agar penyimpanan jilbab sahabat efisien dan tidak memerlukan proses menyeterika kembali untuk membuat licin jilbab saat akan menggunakannya, berikut ini ada beberapa tips yang mudah dan simpel yang dapat sahabat gunakan. Dengan mengikuti salah satu tips ini kami yakin sahabat nanti akan mudah dalam menyimpan jilbab yang efisien dan tidak menghabiskan banyak waktu dalam melakukannya.

Berikut ini ada berbagai macam cara menyimpan jilbab bergo  yang dapat sahabat lakukan:

  1. Menyimpan Jilbab Berdasarkan Seberapa Sering dipakai

Hal pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan menyortir dan memilah jilbab mana saja yang paling sering sahabat pakai. Setelah dipisahkan dalam kelompok berdasarkan seberapa sering jilbab bergo itu dipakai, maka sahabat dapat menumpuknya pada masing-masing kelompok. Dengan menumpuk dalam kelompok berdasarkan seberapa sering jilbab dipakai maka sahabat akan mendapatkan bahwa jilbab bergo yang sering sahabat pakai akan sering berganti-ganti posisi dan ini tidak akan membuat jilbab tersebut menjadi kusut.

Baca Juga:  Inilah Bahan dan Warna Populer Untuk Busana Muslim Syar’i 2017
contoh lemari penyimpanan jilbab bergo
contoh lemari penyimpanan jilbab bergo dan pakaian. image: jd.id

Namun bagi sahabat yang tidak mempunyai banyak ruang untuk membuat koleksi jilbab syar’I dalam beberapa kelompok maka tumpuklah jilbab tersebut berdasarkan seberapa sering sahabat memakainya. Semakin sering sahabat memakainya maka taruhlak jilbab tersebut di posisi paling atas. Hal ini akan menjadikan model jilbab bergo yang sering sahabat pakai akan berada di atas, dan jilbab yang paling jarang dipakai akan berada di bawah. Asumsi dari penggunaan jilbab yang paling sering dipakai adalah jilbab model instan yang sahabat dalam menggunakannya tidak mempunyai waktu banyak, sehingga tidak mempunyai waktu untuk melicinkannya kembali. Oleh karena itu jilbab tersebut ditaruh dengan posisi diatas. Sedangkan untuk jilbab yang jarang dipakai biasanya sahabat akan memakainya hanya dalam waktu dan kegiatan khusus saja yang membutuhkan waktu untuk persiapannya, sehingga sahabat pasti mempunyai waktu untuk membuatnya licin terlebih dahulu.

Selain itu, biasanya jilbab instan bisa diletakkan di posisi atas tumpukan, sedangkan jilbab yang tidak instan seperti jilbab segi empat, pashmina dan sebagainya bisa diletakkan di bagian bawah. Hal ini akan membantu sahabat di saat terburu-buru akan menggunakan jilbab maka sahabat akan langsung mengambil jilbab instan dari tumpukan paling atas tanpa perlu mengacak-acak jilbab lainnya, sedangkan jika sahabat akan mendatangi sebuah acara yang perlu persiapan, maka sahabat dapat mengambilnya dari tumpukan bagian bawah dengan hati-hati.

  1. Menyimpan Berdasarkan Bahan Jilbab

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jilbab bergo meempunyai berbagai macam material atau bahan sehingga cara untuk menyimpan bergo juga harus berdasarkan bahannyaa. Jika sahabat sering menggunakan bergo yang berbahan spandek, sifon, dan katun maka sahabat bisa memisahkan jilbab bergo dengan scraf dan juga dari bahan lainnya. Selain itu sahabat juga bisa membaginya sesuai dengan warna yang sering digunakan. Hal ini akan membantusahabat untuk memilih jilbab jika akan berpergian, karena umumnya wanita jika ingin bepergian pasti memerlukan waktu untuk memilih jilbab. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama karena ia ingin berpenampilan yang sebaik mungkin.

Dengan menyimpan jilbab bergo sesuai dengan bahannya maka akan memudahkan sahabat untuk memilih jilbab sebelum berpergian karena sudah tersusun dengan rapi dan sesuai dengan bahan yang akan sahabat gunakan. Dari bahan saja biasanya sudah terlihat mana jilbab yang digunakan untuk berpergian dan juga mana jilbab yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari – hari. Sahabat juga bisa memisahkan antara jilbab bergo yang bermotif dan juga jilbab bergo yang polos. Jika sahabat ingin menggunakan jilbab yang simple maka bisa menggunakan jilbab bergo polos dan sebaliknya. Hal ini terkait dengan busana muslimah yang akan sahabat pakai, dimana biasanya jilbab polos akan digunakan untuk mengurangi kesan terlalu ramai dari busana gamis yang bercorak menyolok, dan jilbab dengan motif dan aksesoris dipakai bersama dengan gamis syar’I model polos.

Baca Juga:  Cara Mudah Merawat Jilbab Bergo

3.Menyediakan Tempat Khusus

Langkah ketiga ini adalah langkah yang paling membutuhkan banyak waktu dan dana, namun hasilnya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tips pertama dan kedua. Tips ketiga ini adalah dengan menyediakan tempat khusus untuk koleksi jilbab bergo sahabat.

Sahabat dapat menggunakan lemari khusus atau gantungan yang digunakan khusus untuk menyimpan jilbab. Untuk tempat khusus ini sebaiknya sahabat jangan mencampurkannya dengan ciput atau ninja, karena nanti akan membuat posisi penyimpanan jilbab menjadi berantakan dan akhirnya jilbab tidak rapi.

Walaupun sudah dibuatkan tempat khusus seperti lemari atau gantungan jilbab, sahabat harus tetap menjaga posisi jilbab agar tertata dengan rapi sehingga tidak mudah kusut dan berantakan.

– Menyimpan Pada Gantungan Jilbab

Gantungan jilbab adalah salah satu tempat paling tepat bagi sahabat yang mempunyai koleksi jilbab bergo yang banyak dan bermacam-macam. Sahabat dapat menyimpannya dalam gantungan jilbab yang sekarang sudah banyak dijual baik di toko offline maupun toko busana muslim online.

contoh gantungan jilbab
contoh gantungan jilbab. images: hijab yuk.com

Cara yang harus sahabat lakukan untuk menggantung jilbab bergo ini ada lah cukup dengan menirukan menggantung pakaian, yaitu dengan memasukkan gantungan dari bawah agar jilbab bagian atas atau bergo bagian atas yang berbentuk seperti topi tidak mudah rusak dan tidak melar.

Dengan menggunakan gantungan baju ini sahabat akan lebih mudah dalam menyimpan jilbab bergo dan tidak kuatir nantinya akan lecek atau kusut.

– Menggunakan Rak Jilbab

Bagi sahabat yang mempunyai dana lebih maka bisa menganggarkan sedikit uang untuk membeli rak jilbab. Selain menggunakan gantungan jilbab atau gantungan pakaian, sahabat juga bisa menggunakan rak untuk menyimpan jilbab bergo seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa penyimpanan jilbab bergo di rak juga tidak boleh asal – asalan. Sahabat harus menyimpan sesuai dengan warna yang sering anda pakai atau sesuai dengan jilbab yang sering digunakan. Sahabat juga bisa memisahkan jilbab bergo dari bahan yang dipakai dalam membuat jilbab.

contoh rak jilbab
contoh rak jilbab. image: inuokot. wordpress.com

Jilbab bergo yang disusun sesuai dengan bahan – bahan yang sama maka akan memudah kan sahabatuntuk menata dan untuk mencari nya. Sahabat bisa mencari langsung sesuai di tumpukan jilbab bergo yang bahan nya sesuai dengan keinginan anda.

Demikianlah artikel kami tentang cara menyimpan jilbab bergo agar tidak kusut. Semoga tips menyimpan hijab yang mudah dan simpel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply