Jilbab Bergo, Inilah Ciri-ciri dan Kelebihan Yang Harus Sahabat Ketahui

GamisJilbabSyari.com – Jilbab bergo merupakan salah satu model dari jilbab instan yang banyak dipakai oleh muslimah sekarang ini. Namun apakah sahabat muslimah mengetahui dengan jelas apakah jilbab bergo itu, ciri-ciri dan juga kelebihannya dibandingkan model jilbab lainnya? Nah inilah dia, kami akan mencoba memberikan penjelasan detail kepada sahabat.

Apakah Jilbab Bergo Itu?

Jilbab bergo merupakan jilbab atau penutup kepala instan yang sekarang ini sedang tren dan banyak dipakai oleh wanita muslimah, mulai dari anak-anak, remaja sampai dengan orang tua. Hal ini karena memang dengan semakin lama kegiatan sehari-hari membutuhkan waktu yang cepat agar tidak tertinggal dari kegiatan lainnya. Hal ini menjadikan gaya berbusana juga membutuhkan waktu yang cepat, termasuk dalam menggunakan jilbab syar’i. Dengan adanya jilbab instan seperti jilbab model bergo ini maka wanita muslimah banyak sekali diuntungkan. Nah untuk membahas lebih detail dari jilbab instan jenis bergo ini silahkan baca terus artikel ini sampai habis ya :).

contoh jilbab bergo instan
contoh jilbab bergo instan. image: syandana.net

Dilihat dari bentuknya, jilbab bergo mempunyai ciri khas yaitu mempunyai bantalan atau pet yang terbuat dari bahan busa di bagian depan kepala atau atas wajah. Umumnya pet atau bantalan ini berbentuk setengah lingkaran. Fungsi utama dari pet tersebut adalah sebagai alat pembentuk yang membuat bagian atas jilbab terlihat rapi saat dipakai. Pet atau bantalan tersebut juga berguna untuk membentuk wajah agar terlihat ideal. Pet yang kecil dan lebar, sangat cocok dipakai untuk sahabat muslimah yang memiliki wajah tirus dan kecil, karena pet akan membuat wajah sahabat berisi. Sedangkan untuk yang memiliki wajah lebar dan besar sebaiknya Sahabat memilih bentuk pet yang lebar juga panjang, karena bisa membuat wajah tampak lebih tirus.

Bahan Pembuat Jilbab Bergo

Selain modelnya yang beragam, bahan yang digunakan untuk membuat jilbab bergo juga banyak macamnya. Salah satu bahan kain yang banyak dipakai untuk membuat jilbab instan ini adalah bahan spandex. Bahannya yang dingin dan lembut di kulit menjadikan jilbab instan yang berbahan spandex sering dipakai untuk jilbab anak-anak.

jilbab bergo untuk anak
jilbab bergo untuk anak. image: rabbani.co.id

Bahan PE/TC juga banyak dipakai untuk membuat jilbab instan model bergo ini. Bahan PE atau TC merupakan kain yang memiliki sifat mudah menyerap keringat. Selain itu bahan PE/TC ini juga berat dan tebal. Kerudung yang berbahan kain ini sangat cocok digunakan untuk berolahraga dan juga kegiatan sehari-hari.

Bahan lain yang sering digunakan adalah jenis higet atau hyget. Bahan jenis ini terkesan mengkilat karena mengandung polyester. Jilbab ini juga bisa digunakan di berbagai jenis acara, apalagi dengan jenis bahannya yang cukup ringan. Jilbab yang biasanya ditambahi payet atau aksesori lain agar terlihat mewah.

Baca Juga:  Jilbab, Benarkah Hanya Sekedar Penutup Rambut Kepala Saja?

Selain itu ada lagi yang biasa dipakai untuk membuat jilbab bergo yaitu bahan jenis jersey. Tekstur dari jenis kain tekstil ini cenderung lentur dan elastis. Jersey juga terasa dingin di kulit. Banyak variasi warna yang ditawarkan tidak hanya warna utama tetapi juga ada warna gradiennya, misalnya terdapat warna hijau pupus, hijau toska, dan lain-lain.

Ciri-ciri Jilbab Bergo

Ciri-ciri yang paling mudah untuk membedakan jilbab bergo dari jenis jilbab instan lainnya adalah pada penggunaan pet atau bantalan busa yang digunakan pada bagian depannya. Untuk hal lainnya tidak ada perbedaan dengan model jilbab instan lainnya jika dilihat dari model, bentuk dan variasi serta aksesoris yang digunakan. Kesemuanya tergantung dari desain dan bahan serta warna yang dipilih oleh desainer jilbab bergo ini. Agar tampak lebih indah biasanya ditambahkan berbagai pernik aksesoris dan hiasan. Hanya saja biasanya jilbab instan model bergo ini dibuat dari bahan yang ringan dan adem, dengan maksud untuk membuat nyaman dan simple penggunanya.

Kelebihan Memakai Jilbab Bergo

Dari fungsinya ternyata banyak sekali kelebihan yangs ahabat dapatkan saat memakai jilbab model bergo ini lho. Apa saja kelebihan dan keuntungannya? Mari kita lanjutkan membacanya ya?..

1. Sangat Praktis

Keuntungan dan kelebihan utama pada saat sahabat menggunakan jilbab bergo ini adalah sangat praktis. Hal ini karena sahabat dalam menggunakan jilbab ini tidak perlu bantuan peniti atau jarum pentul agar pas dipakai. Sahabat tinggal memakaikan di kepala dan selesai. Jilbab bergo juga sangat cocok jika digunakan oleh para wanita yang ingin tampil simple dan casual.

2. Mudah Menyerap Keringat

Jilbab bergo sebagian besar dibuat dari bahan kain yang ringan dan mudah menyerap keringat. Salah satu jenis bahan kain yang sering dipakai adalah bahan kaos, spandex, dan jersey yang memang terkenal ringan dan dingin. Dengan karekteristiknya yang lembut maka akan mudah mengikuti bentuk kepala sahabat sehingga sangat mudah untuk dirapikan.

3. Nyaman Dipakai

Hal ini berhubungan dengan bahan yang sering dipakai dalam membuat jilbab bergo yaitu bahan kaos. Dengan bahan yang yang ringan dan lembut serta mudah menyerap keringat ini maka jilbab bergo menjadi nyaman dipakai.

Baca Juga:  Cara Mudah Merawat Jilbab Bergo

4. Tidak Mudah Kusut

Keberadaan bantalan busa yang ditempatkan pada bagian depan bergo akan membuat jilbab yang anda kenakan senantiasa terlihat rapi dan tidak mudah kusut atau berantakan walaupun sudah dikenakan selama seharian penuh. Anda dapat menyeterikanya secara hati-hati dengan panas yang cukup untuk menjaga pet ini tetap lurus dan tidak berantakan setelah dicuci.

5. Pas Untuk Berolahraga

Olahraga adalah salah satu kebutuhan primer manusia agar tubuh tetap sehat terjaga. Bagi wanita muslimah tidak perlu cemas dalam memilih jilbab yang dipakai untuk kegiatan ini, karena jilbab instan model bergo ini sangat pas digunakan untuk menemani sahabat saat berolahraga. Jilbab ini mudah untuk dirapikan dan mengikuti bentuk kepala, serta menyerap keringat sehingga tetap nyaman dipakai.

contoh jilbab bergo untuk berolah raga
contoh jilbab bergo untuk berolah raga. image: elzatta.com

Agar sahabat lebih mudah dalam menggunakannya saat berolahraga, pilihlah jilbab bergo yang mempunyai model dan desain simple dan tidak terlalu banyak aksesoris yang menempel, sehingga akan terasa ringan dipakai.

6. Bisa dipakai untuk berenang

Berenang? Ya! Salah satu olahraga yang sepertinya jarang dilakukan oleh sahabat muslimah pada umumnya adalah berenang. Padahal berenang ini adalah salah satu olahraga yang banyak dilakukan oleh pada sahabat dan pengikut nabi Muhammad SAW lho. Pada saat berenang, semua anggota tubuh akan bergerak sehingga akan terjadi peregangan yang menjadikan badan menjadi lebih segar setelahnya.

contoh jilbab bergo untuk renang
contoh jilbab bergo untuk renang. image: bukalapak.com

Kembali lagi ke topik, dengan karakteristik jilbab bergo ini sahabat dapat menggunakannya untuk berenang, terutama bagi yang tidak mempunyai baju renang khusus untuk muslimah. Untuk jenis bahan yang dipakai, biasanya bahan lycra sangat cocok karena ringan dan nyaman dipakai. Selain itu dengan menggunakan jilbab bergo saat berenang tidak akan membahayakan sahabat maupun orang disekitarnya karena tidak ada penggunaan jarum pentul atau peniti yang dapat terjatuh di kolam renang yang bisa mengakibatkan tertusuk.

Demikianlah artikel tentang jilbab bergo, ciri-ciri dan kelebihannya yang dapat sahabat ketahui. Dengan mengetahui jenis jilbab ini semoga sahabat akan mudah untuk memilih jenis jilbab yang akan dipakai sesuai dengan kegiatan yang akan sahabat kerjakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap menjaga agar busana muslimah yang kita pakai adalah yang sesuai dengan syari’at Islam agar pahala dan keberkahan terus mengalir kepada kita.

2 COMMENTS

Leave a Reply