Cara Mudah Merawat Jilbab Bergo

Merawat jilbab bergo merupakan salah satu hal yang harus sahabat muslimah lakukan agar koleksi jilbab bergo sahabat tetap awet dan tidak berubah bentuk maupun warnanya. Tips menjaga jilbab bergo ini kami angkat dalam satu artikel karena kami yakin sahabat semuanya mempunyai jilbab atau hijab instan model bergo ini. Adakah yang tidak memilikinya? Yakin deh sahabat semua pasti mempunyainya, karena jilbab bergo merupakan penutup kepala yang paling praktis dipakai dan tidak memerlukan waktu lama untuk memakainya. Namun jika sahabat belum mengerti apa itu jilbab bergo, akan kami ulas singkat di bawah ini, sebelum masuk ke pembahasan cara mudah merawat jilbab bergo ini.

Pengertian Jilbab bergo

Jilbab bergo adalah nama dari jilbab instan atau praktis yang memiliki ciri khas yaitu mempunyai pet atau lapisan busa di bagian depan atau kening. Lapisan ini akan membentuk pelindung atas wajah dan juga membentuk wajah agar terlihat semakin cantik. Nah untuk mengetahui lebih banyak tentang jilbab bergo ini kami sudah menuliskannya pada satu artikel tersendiri. Baca: Jilbab Bergo, Inilah Ciri-ciri dan Kelebihan yang Harus Sahabat Ketahui

cara merawat jilbab bergo
cara merawat jilbab bergo. image: internet

Selain mempunyai pet, jilbab atau hijab model bergo ini merupakan penutup kepala instan yang tidak memerlukan tambahan aksesoris lain saat sahabat akan memakainya. Dengan bagian depan sudah dijahit dan dibiarkan terbuka untuk wajah saja, maka sahabat tinggal memasukkan kepala ke dalam jilbab dan mengepaskan posisi wajah sesuai dengan posisinya serta pet yang berada di atas dahi. Sahabat hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk memakainya. Bandingkan dengan model jilbab lainnya yang terbuat dari jilbab segi empat, jilbab segi tiga dan lainnya yang mana sahabat akan memerlukan aksesoris seperti peniti atau jarum pentul serta membutuhkan waktu lumayan lama untuk mengepaskan jilbab tersebut terpasang sempurna di kepala sahabat.

Mengapa Jilbab Bergo Perlu Dirawat?

Sebagaimana busana muslimah syar’i lainnya, jilbab bergo juga mempunyai batas ketahanan terhadap lingkungan seperti suhu dan kelembaban, serta pengaruh lainnya. Agar hijab instan sahabat tahan lama dan tidak mudah rusak seperti kainnya yang melar, pet yang pecah atau rusak, serta warna yang menjadi kusam, maka sahabat harus merawatnya dengan benar.

Baca Juga:  Inilah Bahan Spandek, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Penggunaan Kain Spandex

Cara Mudah Merawat Jilbab Bergo

Cara mudah merawat jilbab bergo adalah sebagai berikut:

  1. Jilbab model bergo tidak direkomendasikan untuk mengucek dan memeras bagian pet atau topinya saat mencuci. Hal ini karena bagian pet terbuat dari busa yang mudah untuk hancur, dan jika hancur maka bentuk petnya menjadi tidak beraturan. Jika bentuk pet sudah tidak beraturan maka akan mempengaruhi penampilan sahabat nantinya.
contoh jilbab bergo peach
contoh jilbab bergo peach. image: deskgram

Bagian pet ini bisa sahabat sikat dengan pelan menggunakan sikat pakaian yang lembut, atau bisa dikucek dengan pelan saja jika terpaksa.

  1. Saat menjemur jilbab bergo ini, baliklah agar bagian dalam jilbab menjadi di luar. Hal ini akan menjadikan permukaan bagian dalam jilbab yang terkena sinar matahari sehingga warnanya yang cepat pudar adalah bagian dalamnya. Namun jika sahabat mempunyai tempat terlindung dan berangin, hal ini sangat pas untuk menjemurnya. Warna jilbab akan tetap cerah dan cepat kering.
  1. Sahabat lihat material atau bahan kain yang dipakai untuk membuat jilbab bergo yang sahabat miliki. Ada beberapa jenis bahan jilbab yang membutuhkan perlakuan khusus agar tetap awet dan warna tetap cerah. Perlakuan tersebut antara lain:
  • Bergo dengan bahan PE atau TC. Bahan ini mempunyai sifat yang menyerap keringat, tebal dan tidak menerawang. Karena tebal maka sifatnya juga agak berat. Jilbab instan dengan bahan ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan juga berolah raga. Kekurangan dari bahan PE atau TC ini adalah kainnya lama-kelamaan akan berbulu pada permukaannya. Oleh karena itu untuk mencegahnya, sahabat tidak dianjurkan untuk menyikat permukaan jilbab ini saat mencucinya. Cukup dengan dikucek pelan, kemudian dibilas sebelum dijemur. Bagian pet juga jangan diperas, cukup dianginkan dengan kondisi bagian dalam dibalik, setelah kering sahabat dapat menyeterikanya dengan panas sedang.
  • Jilbab bergo dari Bahan Higet. Bahan hyget terkenal dengan kandungan polyester sehingga jika sahabat melihatnya akan terlihat seperti sedikit mengkilat. Kelebihan bahan jilbab ini adalah tidak cepat rusak dan warnanya tidak mudah pudar, serta permukaannya tidak mudah berbulu. Selain itu juga cukup ringan dan cocok sahabat pakai di berbagai acara sehari-hari. Jika jilbab bergo dari bahan hyget ini ditambah aplikasi payet atau aplikasi lainnya maka akan terkesan mewah.
Baca Juga:  Bahan Kain Serena, Inilah Informasi Lengkapnya yang Harus Sahabat Ketahui
contoh jilbab bergo instan
contoh jilbab bergo instan. image: internet

Cara merawatnya hampir sama dengan bergo bahan PE atau TC yaitu saat mencucinya adalah direndam dengan menggunakan detergen. Jika ada noda maka kuceklah perlahan-laha dan jangan diperas terutama pada bagian pet ataubusa. Setelah itu langsung dijemur dalam keadaan dibalik. Setelah hijab kering,  simpanlah dalam keadaan tergantung atau dilipat kecuali bagian pet. Hal yang perlu diingat adalah jangan menyeterika jilbab bergo dengan bahan hyget ini karena jilbab ini sebenarnya tidak mudah kusut. Jika diseterika dengan temperatur yang terlalu panas maka efek mengkilatnya akan menjadi tidak rata sehingga terlihat kusam dan jelek.

  • Bahan Spandex. Jilbab bergo dengan bahan spandex ini mempunyai sifat sangat lembut dan dingin di kulit. Sifat lainnya mirip dengan bahan higet sehingga perawatannyapun hampir sama, namun sebenarnya bahan spandex ini lebih rentan sehingga lebih hati-hati saat mencucinya. Sahabat tidak direkomendasikan untuk mencucinya menggunakan mesin cuci karena bahan spandex ini mudah rusak seratnya dan juga melar. Jika rusak dan melar maka akan terlihat pecah-pecah dan tidak bagus dipandang.
  • Untuk jilbab bergo yang terbuat dari bahan kain tidak melar, setelah dicuci bisa sahabat peras. Meski demikian, untuk jenis kain seperti ceruti, double hycon atau wolfis, cukup dikibaskan saja dan tidak perlu diperas. Saat akan menyimpan, jilbab bergo dengan material tersebut bisa disetrika terlebih dahulu. Pastikan menyetrika dalam suhu yang tidak terlalu panas, agar kain tidak rusak. Pet atau topi sebaiknya juga tidak dilipat saat menyimpan. Untuk cara menyimpannya, baca: Mau Tau cara Menyimpan Jilbab Bergo Agar Tidak Kusut? Berikut Tipsnya Yang Mudah dan Simpel.

Demikianlah cara mudah merawat jilbab bergo yang dapat kami share dalam kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Dari berbagai sumber.

Leave a Reply