Home Dunia Fashion Inilah Tips Mudah Memakai Jilbab Yang Benar, Rapi dan Cantik

Inilah Tips Mudah Memakai Jilbab Yang Benar, Rapi dan Cantik

0
7839

Mengetahui dan mempraktekkan tips mudah memakai jilbab yang benar, rapi dan cantik adalah dambaan bagi setiap muslimah yang sadar dengan kewajibannya untuk menutup aurat. Jilbab merupakan salah satu busana wajib yang harus dipakai oleh para muslimah yang sudah baligh. Dalam Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 59 yang artinya adalah sebagai berkut:

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah utk dikenal, karena itu mereka tak di ganggu. & Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Dalam ayat diatas sudah jelas bahwa perintah untuk menggunakan jilbab diwajibkan atas isteri-isteri nabi, anak-anak perempuan nabi dan juga seluruh wanita mukmin.

Karena jilbab adalah kewajiban dari setiap muslimah untuk mengenakannya, maka kita sebagai muslimah harus mentaati perintah ini. Bagi kita yang sudha terbiasa memakainya maka akan terasa nyaman-nyaman saja memakai busana besar dan kadang berlapis-lapis, serta mengenakan jilbab lebar. Namun bagi sahabat muslimah yang baru saja mengetahui akan kewajiban ini atau juga yang memang baru sadar untuk menggunakannya, maka saat awal-awal menggunakannya akan terasa tidak nyaman dan panas. Untuk itu perlu pengetahuan dan tips dalam menggunakan jilbab yang benar agar tetap bisa tampil rapi dan cantik.

Tips Memakai Jilbab yang Benar, Rapi dan Cantik

Berikut ini adalah tips-tips yang mudah-mudahan dapat membantu sahabat muslimah dalam menggunakan jilbab sehingga akan terasa nyaman, berjilbab dengan benar, rapi dan cantik.

  1. Menggunakan jilbab sampai menutup dada.

Menggunakan jilbab sampai menutup dada ini sesuai dengan Al Qur’an surat An Nur ayat 31 yang artinya adalah: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Baca Juga:  Apakah Bahan Kain Twiscone Itu? Inilah Penjelasan Lengkapnya
menggunakan jilbab yang menutup dada
contoh muslimah yang menggunakan jilbab syar’i yang benar dan menutup dada

Dalam surat An Nur ayat 31 di atas telah disebutkan secara jelas bahwa batasan dari menggunakan jilbab atau kerudung adalah sampai dengan menutup dada. Oleh karena itu, hal pertama yang hatus sahabat lakukan adalah memilih jilbab yang panjangnya sampai menutup dada.

  1. Pilihlah jilbab dengan bahan yang ringan.

Sekarang banyak sekali bermunculan produk jilbab yang terbuat dari berbagai macam bahan mulai dari yang tipis seperti sifon sampai dengan yang tebal. Sahabat dapat memilih jilbab yang  berbahan ringan agar kepala tetap nyaman. Jika memang jilbab yang dipakai tersebut terlalu tipis maka pilihlah yang mempunyai model two layer atau dua lapis sehingga tidak lagi transparan.

  1. Pilih jilbab yang berbahan lembut dan menyerap keringat

Dengan memilih jilbab yang terbuat dari bahan yan lembut dan menyerap keringat maka akan memberikan kenyamanan bagi kepala sahabat sehingga sahabat akan suka untuk memakai jilbab secara kontinyu, bukan hanya sebatas mood atau saat ingin memakai saja.

  1. Jika perlu, gunakan inner atau dalaman

Inner atau dalaman jilbab sangat berguna untuk merapikan rambut sehingga tidak tersembul keluar, dan juga inner ini berfungsi untuk mempermudah dalam memakai jilbab, terutama dengan jilbab model pashmina atau jilbab non instan. Pilihlah inner dari bahan yang mudah menyerapa keringat sehingga sahabat akan nyaman dalam memakainya, walaupun digunakan untuk beraktifitas sepanjang hari.

  1. Pilihlah inner yang serasi dengan kerudungnya

Saat memakai inner, pastikan bahwa warna inner dengan warna kerudung atau jilbabnya sudah serasi, atau sama. Hal ini lebih baik dilakukan karena kadang-kadang jilbab yang digunakan cukup tipis, sehingga jika warna inner tidak pas akan terlihat membayang. Dengan menggunakan inner dan jilbab yang warnanya serasi atau sama maka tidak akan terlihat bayangan inner di jilbab yang sahabat pakai.

  1. Pilihlah jilbab dengan warna atau motif yang sesuai dengan busana muslim

Untuk menjadikan panampilan serasi dan rapi, maka salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah pemilihan jilbab yang sesuai dengan busana muslimah yang dipakai. Untuk memudahkan sahabat, sekarang banyak dijual busana muslimah seperti baju gamis set dengankhimarnya/ jilbabnya yang tentunya sudah dibuat sesuai atau serasi. Dengan mengenakan busana muslimah set jilbabnya maka sahabat tidak perlu lagi pusing untuk mencocokkan antara baju gamis dan jilbab yang akan dipakai.

  1. Gunakan jilbab instan untuk kegiatan non formal atau sehari-hari

Pada saat beraktifitas sehari-hari tentunya sahabat tidak perlu untuk menggunakan jilbab yang mewah dan kadang susah untuk memakainya. Sahabat dapat meilih jilbab instan atau langsung pakai yang biasanya terbuat dari bahan jersey, spandex, kaos dan lainnya.

Baca Juga:  Inilah Berbagai Model dan Gaya Jilbab Di Dunia
jilbab instan untuk kegiatan sehari-hari
jilbab instan untuk kegiatan sehari-hari
  1. Gunakan jilbab non instan untuk keperluan khusus

Biasanya dalam keperluan khusus seperti kuliah, kerja atau menghadiri sebuah acara ini sahabat dituntut untuk berpenampilan yang sopan dan sesuai dengan acara yang akan diikuti. Gunakanlah jilbab non instan yang sesuai sehingga akan terlihat formal dan menghrgai dari peserta atau tamu undangan lainnya.

jilbab non instan
berjilbab non instan untuk keperluan yang formal seperti kuliah, kerja dan lainnya
  1. Tambahkan aksesori jika perlu

Selain jilbab yang nyaman dipakai, sahabat dapat menggunakan aksesoris untuk jilbab sehngga terlihat labih rapi dan cantik. Aksesori ini dapat berbentuk bross dan yang lainnya. Namun pakailah dengan bijak sehingga terlihat anggun dan cantik.

Demikianlah sahabat muslimah beberapa tips mudah dalam menggunakan jilbab sesuai dengan perintah Allah dan sunnah nabi. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: