Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Kajian dan Nasihat Inilah Makanan Sehat Yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an

Inilah Makanan Sehat Yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an

0
946

Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi setiap muslim di dunia, disamping as-Sunnah yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW. Pada Al-Qur’an dan hadits tersebut banyak sekali hal-hal yang harus kita ambil sebagai pelajaran dan dilaksanakan dalam kehidupan ini.

Tak terkecuali dengan makanan, ternyata di dalam Al-Qur’an juga disebutkan beberapa nama makanan yang setelah diteliti ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita. Ada yang hanya disebut dalam Al-Qur’an sebanyak satu kali, namun ada yang disebut dalam banyak ayat. Dari penelitian-penelitian tersebut membuktikan bahwa bahan-bahan makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya ternyata juga baik untuk merawat kecantikan lho! Apakah sahabat sudah mengetahui makanan apa saja itu? Baiklah dalam artikel ini akan kita bahas makanan sehat yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan manfaatnya bagi kesehatan kita.

Inilah Makanan Sehat Yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an:

1.Air

Tidak ada yang lebih berkah dibandingkan air. Apakah sahabat belum pernah meminum air? Tentu saja tidak, karena segala yang hidup di dunia ini membutuhkan air untuk dapat bertahan hidup.

air yang dibutuhkan manusia
air yang dibutuhkan manusia. image: tribunnews.com

Khasiat dari air adalah selain dapat menghidrasi kebutuhan mineral dalam tubuh, air juga dapat membantu menjaga kondisi kulit sahabat agar tetap sehat. Begitu pula dengan rambut, meminum air yang cukup dapat menjaga kulit dan rambut selalu sehat dan segar.

2.Madu

Madu adalah bahan makanan sehat yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Banyak masalah kesehatan dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi madu ini, tapi tentunya dengan seijin Allah SWT. Dalam Al-Qur’an madu ini disebutkan dalam surat An-Nahl yang bermakna lebah. Antara lain di ayat 69 yaitu:

“….Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…..” (An-Nahl: 69).

Baca Juga:  Ciri-ciri Wanita Penghuni Surga, Andakah Salah Satunya?
madu dan manfaatnya bagi kecantikan
madu dan manfaatnya bagi kecantikan. image: artikel.co

Bagi kecantikan, madu ini berfungsi sebagai anti bakteri dan baik untuk mengatasi jerawat. Sahabat juga bisa menggunakannya untuk mengatasi peradangan kulit. Caranya adalah dengan cukup mengoleskan pada bagian kulit yang bermasalah ataubisa juga dengan men jadikan masker. Caranya adalah dengan mencampurnya bersama yogurt dan air lemon. Dengan pemakaian secara teratur akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersih.

3.Susu

Susu sebagai makanan sehat, sebagaimana madu juga banyak ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang susu ini Dalam surat An-Nahl juga disebutkan tentang susu yang artinya sebagai berikut:

„Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.“ (Q.S. An-Nahl : 66).

susu dan manfaatnya bagi kecantikan
susu dan manfaatnya bagi kecantikan. image: hellosehat.com

Dalam bidang kecantikan, khasiat susu sangat banyak lho sahabat. Sahabat muslimah ingin mempunyai rambut yang lebih halus? Sahabat bisa membuat masker rambut dengan bahan susu ini dan mencampurnya dengan madu. Manfaat lainnya dari susu untuk kecantikan tentu sahabat sudah mengetahuinya. Karena memang hampir semua produk kecantikan menggunakan bahan dasar susu. Hal inilah yang menjadikan susu adalah salah satu makanan sehat yang disebutkan dalam Al-Qur’an.

4.Minyak zaitun

Seperti halnya madu, buah zaitun juga disebut berkali-kali dalam konteks di dunia maupun di surga dan dihubungkan segabai salah satu jeinis makanan sehat. Salah satunya yang menyebutkan buah zaitun ini adalah surat At-Tin yaitu:

“Demi (buah) Tin dan (buah),” (At-Tin ayat 1).

manfaat minyak zaitun dan buahnya bagi kecantikan
manfaat minyak zaitun dan buahnya bagi kecantikan. image: alodokter.com

Selain berguna untuk kesehatan badan, buah zaitun juga dikenal mempunyai khasiat yang bagus untuk kecantikan. Zaitun Untuk kecantikan biasanya diambil minyaknya. Minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab alami kulit yang bisa digunakan baik saat musim panas maupun dingin. Bahkan selain itu minyak zaitun juga bagus untuk dijadikan kondisioner rambut juga lho!

Baca Juga:  Sahabat, Inilah Adab Saat Keluar Rumah Bagi Wanita Muslimah

5.Pisang

Pisang disebutkan dalam Al-Qur’an antara lain dalam surat Al-Waqiah ayat 29 yang artinya: “dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),” (Al-Waqi’ah 56:29).

pisang dan manfaatnya untuk kecantikan
pisang, salah satu makanan sehat dan manfaatnya untuk kecantikan. image: nationalgeographic.com

Dalam dunia kecantikan, pisang biasanya digunakan sebagai masker. Masker dari buah pisang sangat efektif untuk jerawat dibandingkan jenis masker lainnya. Jika sahabat tidak percaya maka buktikan sendiri di rumah dengan melunakkan buah pisang kemudian mengoleskannya di wajah sahabat dan tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air.

Sebenarnya masih banyak buah-buahan dan makanan lainnya yang disebutkan dalam Al-Qur’an namun karena keterbatasan ilmu dan waktu sehingga belum dapat kami uraikan bagi sahabat muslimah dalam artikel tentang inilah makanan sehat yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Semoga dapat menambah ilmu bagi kita semua, dan semoga Allah SWT swelalu merahmati setiap langkah kita, Amiin.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: