Tips Memilih Busana Muslim Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

0
1138

Busana muslim sudah tidak menjadi hal yang asing ataupun hanya dijual di tempat tertentu saja di Indonesia. Hal ini tentunya merupakan sebuah langkah maju dalam memahami syariat Islam dimana seorang muslim memang harus menggunakan busana muslim yang sesuai dengan aturan dalam agama kita. Sebagai seorang muslimah tentunya juga kita diwajibkan menggunakan busana muslimah yang syar’I dan tidak menampakkan aurat kita di hadapan orang lain, terutama pada non mahrom.

Namun dengan semakin banyaknya model dan desain busana Muslim yang ada di pasaran sering menjadikan kita bingung saat akan membeli, karena semuanya terlihat bagus dan menarik untuk kita beli. Namun tentunya sahabat muslimah tidak ingin kecolongan bukan, dimana saat membeli sebuah busana muslimah seperti gamis syar’I maupun hijab atau julbab, rok dan lainnya ternyata saat dipakai tidak match dengan bentuk badan kita. Nah dalam artikel ini kami mencoba mengulas bagaimana cara dan tips memilih busana muslim yang sesuai den pas dengan bentuk tubuh kita. Sehingga nantinya apa yang kita beli tidak mubadzir alias hanya tergeletak di lemari pakaian saja karena kita malu saat memakainya. Simak tipsnya berikut ini.

Tips Memilih Busana Muslim Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Sahabat tentunya sudah mengetahui jika kunci keserasian dalam berbusana muslim itu tidak hanya dengan melihat penampakan atau model dari busananya saja, tapi juga sangat bergantung dari siapa yang akan memakainya. Hal ini karena jika busana muslim yang dikenakan ternyata tidak sesuai dengan bentuk tubuh kita, maka akan membuat kita tampak aneh dan tidak serasi dengan pakaian yang kita kenakan. Berikut ini ada beberapa tips memilih busana muslim yang sesuai dengan bentuk tubuh, yaitu:

Baca Juga:  Cara Merawat Busana dari Bahan Katun Jepang Agar Awet

1.Model Busana Muslim Untuk Bentuk Tubuh Kurus

Jika sahabat muslimah memiliki bentuk tubuh yang kurus, maka sahabat dapat menggunakan tips memilih busana muslim seperti gamis syar’I dengan tambahan hiasan di pinggang sehingga akan terlihat lebih berisi.

contoh busana muslim untuk tubuh kurus
contoh busana muslim untuk tubuh kurus. image: internet

Atau dapat juga dengan memilih bahan kain yang mempunyai tekstur lebih tebal. Hal ini juga akan membuat sahabat terlihat lebih gemuk atau berisi.

2.Model Busana Muslim Untuk Bentuk Tubuh Gemuk

Untuk sahabat muslimah yang mempunyai postur tubuh gemuk, tidak perlu khawatir jika ingin terlihat serasi dengan menggunakan busana muslim syar‘i.

contoh busana muslim untuk tubuh gemuk
contoh busana muslim untuk tubuh gemuk. image: internet

Pada umumnya orang yang bertubuh gemuk sering menggunakan busana muslim dengan bahan yang melar dengan tujuan dapat mengikuti bentuk tubuh orang yang mengenakannya. Bagi sahabat yang tidak ingin terlihat semakin gemuk maka sahabat bisa menggunakan busana muslim yang memiliki potongan yang lebar. Atau jika sahabat ingin lebih terlihat kurus maka sahabat bisa menggunakan busana dengan warna yang gelap. Demikianlah tips memilih busana muslim untuk orang dengan tubuh yang gemuk.

3.Model Busana Muslim Untuk Bentuk Tubuh Mungil

Jika kita amati perkembangan model busana muslim syar’i maka akan terlihat bahwa ukuran yang digunakan biasanya panjang standar dan untuk yang bertubuh mungil pasti akan kedodoran.

contoh model busana muslim syar'i-untuk-tubuh-mungil
contoh model busana muslim syar’i-untuk-tubuh-mungil. image: behijab.com

Namun sahabat tidak perlu khawatir karena ukuran busana muslim yang panjang bisa sahabat potong pada bagian bawahnya. Bahan untuk busana muslim yang cocok untuk sahabat dengan postur tubuh mungil ialah bahan katun agar bisa terlihat lebih tinggi saat menggunakannya.

4.Model Busana Muslim Untuk Bentuk Tubuh Jangkung

Bagi sahabat yang mempunyai postur tubuh yang jangkung kami rasa tidak memerlukan banyak tips memilih busana muslim karena pada dasarnya semua busana muslimah syar’i akan dapat dikenakan oleh sahabat. Biasanya orang yang memiliki postur tubuh jangkung akan cocok menggunakan semua desain busana muslim. Maka dari itu, jika sahabat ingin terlihat pas dan serasi saat menggunakan busana muslim maka sahabat bisa menggunakan busana dengan bahan yang langsung jatuh, elegan serta mewah disesuaikan dengan acara yang akan sahabat datangi.

Baca Juga:  Syarat-syarat Berpakaian dari Seorang Wanita Muslimah
contoh busana muslim untuk tubuh jangkung
contoh busana muslim untuk tubuh jangkung. image: behijab.com

Dengan menggunakan busana yang memiliki cutting panjang maka akan menutupi tubuh jangkung sahabat, hal ini yang dapat membuat sahabat terkesan memiliki postur tubuh yang proporsional.

Demikianlah sahabat muslimah beberapa tips memilih busana muslim yang sesuai dengan bentuk tubuh sahabat dengan mudah. Yang paling penting dari semua itu adalah bagaimana kita dalam memakai busana mulimah ini tidak akan menampakkan aurat kita atau terlalu kelihatan mewah dan glamour. Hal ini tentunya akan menarik lawan jenis yang dikuatirkan akan menimbulkan fitnah. Semoga dapat menambah wawasan kita tentang model busana muslim yang pas untuk kita pakai. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply