Inilah Kain Satin, Jenis dan Penggunaannya Bagi Fashion Muslimah

Bahan kain Satin, apakah sahabat muslimah sudah mengetahui tentang jenis kain ini? Bahan kain ini lumayan populer di Indonesia karena banyak yang menggunakannya untuk bahan fashion dan busana muslimah seperti baju gamis, rok, dress dan lainnya. Jika di negara kita bahan ini dikenal dengan nama kain satin atau bahan satin, maka di luar negeri dikenal dengan nama Satin Fabric.

Apa Itu Kain Satin?

Kain satin adalah kain yang diproduksi dengan menggunakan metode teknik sati ataua satin weave. Jadi sebenarnya nama satin bukanlah mengacu pada jenis bahan atau serat tapi lebih mengarah kepada proses pembuatannya.

inilah bahan kain satin
inilah bahan kain satin. image: aliexpress

Teknik tenun satin ini adalah sebuah metoda menenun atau membuat kain yang tujuannya adalah mendapatkan permukaan kain yang glossy atau berkilap, berkilau sehingga tampak bercahaya, tapi tampak kusam (dull) dibagian belakangnya. Meski demikian ada juga kain satin yang mempunyai 2 sisi yang berkilap, yang mana dikenal dengan istilah Double Faced Satin Fabric.

Bahan satin ini biasanya terbuat dari jenis serat filamen seperti sutra (silk), nilon, atau polyester. Namun banyak yang menganggap kain satin yang terbuat dari polyester itu terlalu mengkilap dan licin. Selain itu, satin yang terbuat dari serat buatan atau serat sintetis juga kemampuan breathable nya tidak sebaik natural fiber seperti sutera, atau istilah umumnya adalah tidak mudah melar dan elastis.

Dilihat dari sejarahnya, kain satin mulai dikenal di Eropa pada abad ke 20, setelah Eropa mengenal jenis kain sutra dari Tingkok. Bahan Satin dan bahan sutra memiliki ciri khas yang hampir mirip tetapi menggunakan serat yang berbeda. Sehingga meskipun keduanya terasa lembut di kulit, bahan satin memiliki memiliki permukaan yang lebih licin dibanding dengan bahan sutera. Kedua bahan tersebut menimbulkan efek mewah dan elegan. Untuk harganya, karena proses pembuatan kain satin lebih mudah dibanding dengan kain sutera yang tergantung dari peternakan ulat sutera, otomatis harga kain satin lebih terjangkau.

Jenis Kain Satin Yang Ada di Pasaran

Setelah sahabat muslimah mengetahui apa itu bahan kain satin, maka saatnya untuk mengenal lebih jauh dengan kain ini yaitu jenis-jenisnya. Di pasaran sedikitnya ada beberapa jenis kain satin yaitu:

1.Kain Satin Sutra atau Satin Silk

Yang pertama adalah bahan satin silk, jenis bahan satin ini ciri khasnya adalah lebih lembut, tipis dan glossy.

contoh bahan kain satin sutra atau satin silk
contoh bahan kain satin sutra atau satin silk. image: tokopedia

Bahan kain satin silk atau sutra ini biasa digunakan untuk membuat jilbab atau hijab, karena sifatnya yang tipis dan ringan sehingga tidak memberatkan kepala.

2.Bahan Kain Satin Velvet

Dibandingkan dengan bahan satin silk atau sutra, bahan kain satin velvet ini sifatnya lebih tebal, jatuh dan kalau dibandingkan dengan satin silk biasanya mengkilapnya tidak seberapa kelihatan.

contoh bahan kain satin velvet
contoh bahan kain satin velvet. image: aliexpress

Karena lebih tebal maka para muslimah biasa menggunakannya untuk bahan gamis satin velvet atau rok panjang satin velvet.

Untuk harganya bahan satin velvet lebih mahal sedikit dibanding harga bahan kain satik silk.

3.Bahan kain Satin Roberto Cavali

Jika dilihat sekilas maka bahan kain roberto cavali hampir sama dengan kain satin velvet. Namun perbedaannya akan terasa jika sahabat meraba dan memegang jenis kain ini, atau menggunakannya.

contoh bahan kain satin roberto cavalli
contoh bahan kain satin roberto cavali. image: tokopedia

Serat roberto cavali sifatnya lebih halus, lembut dan lebih menyerap keringat, sehingga sangat nyaman digunakan di negara tropis. Dilihat dari harganya pun lebih mahal dibanding dengan kain satin velvet ataupun satin silk. Bahan roberto cavali biasa digunakan untuk baju tidur wanita , baju gamis pesta, gaun pesta.

4.Bahan Kain Satin bridal atau Tafeta

Bahan satin yang keempat adalah bahan satin bridal atau satin taffeta. Bahan kain ini memiliki katakteristik yang sangat tebal dan kaku.

bahan kain satin bridal
bahan kain satin bridal. image: ebay

Penggunaan kain ini biasanya digunakan untuk baju pengantin. Serat kainnya yang kaku membuat efek mengembang pada baju yang digunakan, sehingga banyak yang menggunakannya untuk gaun-gaun pengantin, gaun pesta dan lainnya yang bisa terlihat mengembang.

Demikianlah sahabat muslimah artikel yang membahas tentang bahan kain satin, jenis-jenisnya dan juga penggunaannya bagi fashion muslimah. Semoga dapat menambah informasi dan pengetahuan mengenai jenis kain yang dapat sahabat gunakan untuk berkreasi dalam membuat busana muslimah dan pernak-perniknya. Hanya perlu diingat bahwasannya ada batasan syar’i dari busana muslimah ini yang harus sahabat pegang teguh sehingga jangan sampai busana yang dibuat menjadi tidak syar’i. Semoga bermanfaat.

dari berbagai sumber

Leave a Reply