Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Busana Muslimah Bahan Kain Satin Bridal, Inilah Sifat dan Karakteristiknya serta Harganya

Bahan Kain Satin Bridal, Inilah Sifat dan Karakteristiknya serta Harganya

Gamisjilbabsyari.com –Sudahkah sahabat muslimah mengetahui apa itu kain satin bridal, dan bagaimanakah cara mengenalinya jika akan membelinya di toko kain? Nah berikut ini akan kami bahas dengan lengkap mengenai bahan kain satin bridal, sifat-sifat dan karakteristiknya sehingga nantinya sahabat tidak akan keliru saat membelinya.

Apa Itu Bahan Kain Satin Bridal?

Kain satin bridal adalah salah satu bahan kain yang banyak digunakan untuk membuat busana yang biasanya berhubungan dengan kegiatan yang resmi, ramai dan membutuhkan busana yang terlihat glamor dan mewah. Diantaranya adalah acara resepsi pernikahan, pesta perayaan danjuga acara perayaan lainnya yang diselenggarakan dengan mengundang banyak orang dan berkelas. Busana yang biasanya dibuat dari bahan ini memang akan terlihat berkilau, glamor dan mewah sehingga pas sekali digunakan pada acara-acara seperti itu.

bahan kain satin bridal
bahan kain satin bridal. image: edenbridalfabrics.co.uk

Jika dibandingkan dengan jenis kain satin yang memang banyak variannya, kain satin bridal merupakan salah satu varian tertinggi dan mempunyai banyak sekali keistimewaan. Oleh karena itu dari harganya juga relatif lebih mahal dibandingkan dengan kain satin lainnya.

bahan kain satin bridal duchess
bahan kain satin bridal duchess. image: alibaba

Dilihat dari proses pembuatannya, kain satin bridal merupakan jenis kain yang melalui proses tenun dengan dengan menggunakan teknik serat filamen. Proses ini membuat kain satin memiliki ciri khas permukaannya yang mengkilap dan licin. Namun permukaan yang terlihat mengkilap dan licin ini hanya ada pada satu permukaan saja, sedangkan pada permukaan baliknya tidak. Oleh karena itu jangan sampai salah dalam menjahit ya sahabat, nanti tertukar permukaan yang ada diluar sehingga tidak menampakkan ciri bahan kain ini.

Perbedaan Kain Satin Bridal dengan Kain Sutera

Ada beberapa perbedaan dari bahan kain satin terutama satin bridal dengan bahan kain sutera, yaitu pada serat yang digunakan untuk membuatnya. Proses dalam pembuatannya sama yaitu dengan metode tenun, namun bahan yang digunakan untuk membuat kain satin adalah bahan serat buatan seperti polyester sedangkan untuk sutera, serat yang digunakan adalah serat sutera, baik alami maupun sitetis. Hal ini mengakibatkan perbedaan lain yaitu kain satin memiliki permukaan yang lebih mengkilat dan licin, sedangkan pada kain sutera akan terasa lebih halus dan ringan.

Baca Juga:  Inilah Golongan Wanita Yang Tidak Wajib Berhijab
contoh busana pernikahan dari kain satin bridal
contoh busana pernikahan dari kain satin bridal. image:dhgate.com

Sifat dan Karakteristik Kain Satin Bridal

Kain satin bridal atau duchess ini mempunyai beberapa sifat dan karakteristik yang menonjol antara lain:

1. Bahan kainnya licin dan halus.

Hal ini menjadikannya banyak dipakai untuk membuat busana atau gaun pengantin dan gaun pesta serta busana untuk acara-acara lainnya.

2. Mengkilat dan memantulkan cahaya

Dalam acara atau perayaan biasanya banyak terdapat cahaya yang terang. Hal ini tentu sangat pas bila dipakai untuk acara yang menarik banyak orang untuk melihatnya.

3. Agak tebal dan kaku

Dibandingkan jenis bahan satin lainnya, bahan satin bridal memang lebih tebal dan kaku sehingga jika tidak menambahkan lapisan dalaman atau furing juga tidak apa-apa. Namun untuk amannya memang harus menggunakan furing, karena walaupun tebal namun kain satin secara umum terkenal dengan bahan yang tipis sehingga dikuatirkan masih terlihat atau tembus pandang.

4. Tersedia dalam warna-warna doff dan matte.

Warna-warna ini tentunya sangat menarik jika disesuaikan dengan model dan gaya busana yang dibuat.

5. Berkualitas tinggi sehingga harganya relatif lebih mahal.

Namun begitu hal ini tidak membuat kain satin bridal menjadi sepi peminat, justru sebaliknya karena memang bahan ini adalah pilihan utama untuk membuat busana pengantin dan busana pesta sehingga mau atau tidak mau pasti tetap menggunakan bahan kain ini.

6. Tidak mudah robek.

Tentunya bahan yang bagus adalah bahan yang kuat dan tidak mudah robek. Apa jadinya jika sahabat sedang menggunakan busana tiba-tiba hanya karena tersangkut sesuatu saat berjalan kemudian busana sahabat jadi robek.
Tentu akan membuat malu bukan?

7. Tampilan terkesan shiny sehingga membawa kesan mewah.

Ya dalam berbagai acara dan event yang dihadiri banyak orang dengan pakaian resmi dan rapi, tentunya kita tidak ingin terlihat biasa. Bahan kain satin bridal ini adalah alternative terbaik untuk memunculkan kesan mewah dalam acara tersebut.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Bahan Wolfis Untuk Busana Muslimah Yang Harus Sahabat Ketahui

Harga Kain Satin Bridal

Untuk harga bahan kain satin bridal atau duchess ini memang relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan bahan satin lainnya. Jika Sahabat memlihat di toko busana atau kain online atau di marketplace, banyak para supplier yang menjual bahan satin bridal ini dengan rentang harga antara 30.000 rupiah sampai dengan 40.000 rupiah dengan lebar bahan 1,5 meter. Jika Sahabat membeli dalam jumlah banyak tentunya ada diskon khusus. Namun jika sahabat masih belum begitu percaya untuk membeli bahan kain melalui internet, sahabat bisa dating langsung ke toko-toko kain langganan yang biasanya menyediakan kain satin jenis ini.

Demikianlah sahabat muslimah artikel tentang bahan kain satin bridal, sifat dan karakteristik serta harganya yang dapat kami sajikan kali ini. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu baru tentang masalah bahn kain, dan semoga sahabat tidak tertukar saat membelinya. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: