Home Busana Muslimah Inilah Jenis dan Bahan Kerudung Pashmina Yang Layak Anda Pilih

Inilah Jenis dan Bahan Kerudung Pashmina Yang Layak Anda Pilih

3
51887

Mengangkat jenis dan bahan kerudung pashmina sebagai topik artikel kali ini, tentunya sangat menarik untuk disimak sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi kita sebagai muslimah sehingga nantinya akan mengetahui berbagai bahan jilbab atau kerudung yang kita pakai, yang pada akhirnya akan bermuara pada pemilihan bahan dan jenis kain untuk jilbab dan kerudung yang bagus dan murah, serta sesuai dengan acara atau kegiatan yang akan kita datangi.

Apa Itu Kerudung Pashmina?

Sebelum mengulas macam-macam jenis kain untuk bahan kerudung pashmina, apakah sahabat muslimah sudah mengetahui apa itu pashmina, atau kerudung pashmina? Jika belum, sebenarnya kata pashmina itu berasal dari bahasa Persia yang mempunyai arti kain wool. Sebenarnya kain pashmina ini berasal dari bahan yang memiliki nama Kashmir. Alhasil harga dari pashmina ini cenderung lebih mahal, apabila terbuat dari kashmir asli. Namun ada pula yang telah dicampur dengan sutra dengan memiliki bentuk seperti selendang. Motif dari pashmina ini juga artistic, dan mempunyai ciri khas yaitu akan terasa hangat ketika digunakan.

jenis dan bahan kerudung pashmina
jenis dan bahan kerudung pashmina. image credit: vemale

Selain pashmina campuran sutera, ada pula pashmina wool, yang merupakan salah satu dari pashmina terbaik yang berasal dari Himalaya. Pashmina ini memiliki ketebalan 15-19 mikron sehingga membuat pashmina ini sangat halus. Dahulunya memang pashmina sebagai lambang kemewahan, namun seiring perkembangan jaman pashmina sudah dapat dijadikan fashion yang dapat difungsikan sebagai scarf ataupun sweater.

Di Indonesia sendiri Pashmina merupakan model hijab yang banyak digunakan oleh banyak muslimah. Pengertian Pashmina sendiri adalah kain lebar yang bermotif dan polos yang terbuat dari berbagai jenis bahan, bentuknya persegi panjang seperti selendang yang biasanya dikenakan sebagai shall, atau penutup kepala, bahu, dan dada.

Karena bentuknya yang panjang, sehingga kemudian pashmina dijadikan hijab, maka munculah istilah hijab pashmina, dikarenakan motif, bentuk, ukuran dan juga bahan yang bervariasi maka hijab pashmina sangat mudah sekali dikreasikan, sehingga banyaklah kreasi hijab pashmina yang bisa sahabat muslimah praktekkan.

Beragam Jenis Bahan Kerudung Pashmina

Sahabat muslimah, setelah mengetahui pengertian dari kerudung atau hijab pashmina, sekarang saatnya untuk mengetahui jenis-jenis bahan kerudung pashmina yang banyak tersedia di pasaran, baik offline maupun online yang dapat sahabat pilih untuk melengkapi kerudung Anda.

Baca Juga:  Inilah Bahan Kain Polyester, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

1.Bahan Kerudung Pashmina Spandek atau Bahan Lycra

Kelebihan dari bahan Spandek atau bahan Lycra ini adalah sangat nyaman dipakai. Hal ini karena bahannya tidak panas dan fleksibel atau lentur sekali ketika dililitkan, terutama untuk menjadi model jilbab arab atau jilbab lilit. Dari beberapa bahan lycra ini ada yang memiliki efek mengkilat, namun ada juga yang tidak.

Untuk perawatan kerudung pashmina dengan bahan spandek atau lycra ini juga cukup mudah. Sahabat cukup dengan mencucinya dengan ringan, menggunakan tangan dan dikeringkan di bawah matahari. Jangan mencucinya menggunakan mesin cuci karena bentuk potongannya akan tidak rapi lagi, akibat proses tarik dan putar di mesin cuci.

2.Kerudung Pashmina Berbahan Kaos

Selain bahan spandex atau lycra, bahan kaos termasuk salah satu bahan kerudung pashmina yang nyaman dan banyak dipakai.

Kekurangan dari bahan kaos ini dibandingkan bahan spandek atau lycra adalah, kerudung pashmina dengan bahan kaos lebih cepat mulur setelah berulang kali dicuci. Oleh karena itu dalam mencucinya harus ekstra hati-hati supaya awet dan tidak cepat mulur.

3.Jenis Bahan Kerudung Pashmina Sifon

Salah satu bahan kerudung pashmina yangs edang banyak disukai oleh para muslimah adalah bahan sifon atau chiffon ini. Banyak desainer hijab yang memakai bahan ini sebagai jilbab syar’i modern. Meskipun agak panas, tapi bahan kerudung pashmina dari sifon jatuhnya terlihat cantik serta mudah dikreasikan serta dikombinasikan dengan busana lain.

Untuk perawatan pashmina berbahan sifon ini harus lebih berhati-hati dibanding bahan lain, karena sifat bahan sifon yang aga cenderung lebih sensitif atau mudah terkoyak. Untuk mencucinya lebih baik untuk mencuci dengan tangan dan dikucek pelan-pelan sehingga awet dan tidak merusak kain.

4.Bahan Kerudung Pashmina dari Sutra

Kerudung pashmina dari bahan sutra mempunyai beberapa jenis bahan, sebaiknya pilih bahan sutra yang tipis, lembut, jatuhnya bagus dan luwes, supaya terlihat cantik saat dipakai. Hindari bahan dari jenis sutra organdi yang kaku, dan cenderung mengembang atau bervolume.

Baca Juga:  Inilah Golongan Wanita Yang Tidak Wajib Berhijab

Untuk perawatannya hampir sama dengan bahan kerudung pashmina diatas, yaitu pencucian dengan menggunakan tangan atau manual, dengan hati-hati sehingga tidak merusak serat kain.

5.Kerudung Pashmina Bahan Ceruti

Seperti halnya bahan sifon, bahan yang satu ini sangat mirip, dengan teksturnya halus. Massanya agak berat, sehingga berkesan jatuh saat dipakai. Bila dilihat dari dekat, bahan ini memiliki pori-pori yang menyerupai kulit jeruk.

Perawatan kerudung pashmina dengan bahan ceruti ini sama dengan kerudung dari bahan sifon.

6.Pashmina Bahan Satin

Salah satu ciri khas dari kain satin adalah bagian permukaannya yang licin dan mengilap. Efek mengkilap ini disebabkan karena teknik menenun yang menggunakan serat filamen. Penampilan kain yang satu ini memberikan kesan yang mewah dan cenderung feminin. Tekstur kain ini juga lembut, sehingga nyaman dikenakan.

Perawatan dari kerudung pashmina berbahan satin ini adalah dengan mencucinya secara manual atau dengan tangan, dan gunakan deterjen secukupnya. Kuceklah dengan hati-hati dan jangan diperas dengan keras. Dalam menjemurnya cukup dengan diangin-anginkan saja dampai kering.

7.Kerudung Pashmina Bahan Tricot

Ada yang belum mengetahui bahan tricot? Bahan ini merupakan jenis kain rajut. Salah satu ciri khasnya adalah jika dikenakan akan memberi efek sejuk dan sangat lembut di kulit. Sifat bahan ini lentur, kuat, dan terasa nyaman.

Demikianlah beberapa jenis dan bahan kerudung pashmina yang dapat sahabat muslimah dapatkan dengan mudah di pasaran baik toko-toko atau butik offline maupun toko online di internet. Dengan banyaknya pilihan dan berbagai tingkat kesulitan dalam perawatannya, kami berharap sahabat tidak akan salah dalam meilih bahan kerunung pashmina yang akan sahabat beli. Dan sebagai penutup artikel ini kita harapkan, apapun bahan dan jenis kerudung yang dipakai haruslah sesuai dengan persyaratan dalam berbusana muslimah syar’i. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

3 COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: