Info Detil Kain Misby, Ciri Khas dan Penggunaannya Sebagai Gamis Syar’i dan Abaya

Gamisjilbabsyari.comInfo detil bahan kain misby – Busana muslimah syar’i sekarang ini sudah menjadi tren bagi setiap wanita muslimah, dimana sudah tidak asing lagi bagi kita saat melihat pakaian ini di sekitar kita. Hal ini tentunya merupakan satu langkah maju dimana kesadaran dalam memakai busana yang syar’I semakin besar sehingga berani dan tidak asing lagi saat memakainya. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi di Indonesia pada tahun 90-an dan sebelumnya. Jika Sahabat sudah besar saat itu maka tentu Sahabat mengerti dimana wanita yang menggunakan busana muslimah syar’i waktu itu bisa dihitung dengan jari.

contoh bahan kain misby
contoh bahan kain misby. image: obralmurah

Nah dengan semakin banyaknya pilihan bahan kain dan juga model busana muslimah seperti gamis syar’i, abaya, rok dan hijab atau jilbab tentu Sahabat juga semakin mudah dalam menentukan model dan bahan apa yang cocok dipakai baik untuk busana harian atau pada saat ada kegiatan khusus. Dan pada artikel ini kami dari gamisjilbabsyari.com kembali akan membahas salah satu bahan kain yang kini banyak dipakai untuk membuat gamis syar’i dan abaya dan hasilnya juga sangat keren dan pas sehingga banyak yang menyukainya. Bahan ini adalah bahan kain Misby atau misbee atau juga bisa dipanggils sebagai misbi saja. Bagaimanakah kain ini, inilah bahan kain misby, ciri khas dan penggunaannya sebagai gamis syar’i dan abaya muslimah.

Mengenal Bahan Kain Misby

Bahan kain misby merupakan salah satu bahan kain yang banyak disebut mirip dengan bahan jersey karena bahannya yang lentur dan elastis. Kain misby mempunyai karakter juga seperti kain wafer, tetapi dengan sentuhan dan tekstur yang lebih ringan. Dengan kelenturan dan juga tekturnya yang ringan ini maka sangat cocok digunakan sebagai bahan busana muslimah seperti baju gamis casual yang biasa dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu juga banyak dipakai menjadi abaya dan juga model busana muslimah lainnya.

Baca Juga:  Busana Gamis Syar’i, Gamis Anggun yang Banyak Diminati

Ciri-ciri dan Karakteristik Kain Misby

Nah untuk ciri ciri dan karakteristik dari bahan kain misby ini ternyata tidak kalah dengan bahan kain lainnya yang sudah lebih dulu populer seperti bahan jersey, crepe maupun yang lainnya. Dari beberapa karakteristik yang ada malahan mirip dan bisa menjadi bahan pengganti jersey maupun wafer jika Sahabat tidak menemukan kedua bahan itu saat akan membuat busana muslimah.

contoh baju gamis syari dari bahan misbycontoh baju gamis syari dari bahan misby
contoh baju gamis syari dari bahan misby. image: bukalapak

Ciri ciri dan karakteristik dari bahan kain misby antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai kelenturan yang tinggi dan elastis sehingga mirip dengan bahan kain jersey. Dengan kelenturannya ini kain ini bisa digunakan sebagai bahan gamis casual atau non formal. Sedangkan untuk gamis yang biasa dipakai untuk kegiatan formal tentunya membutuhkan bahan kain yang tidak melar, sehingga untuk bahan kain misby tidak cocok.

2. Mempunyai karakter yang ringan dan mudah menyerap keringat seperti bahan kain wafer. Namun bedanya jika kain wafer mempunyai tekstur berbentuk wajik atau kotak seperti tekstur biskuit wafer, maka untuk kain misby mempunyai tekstur seperti jeruk.

3. Bahan kain misby halus dan lembut sehingga sangat cocok untuk kulit muslimah sebagai bahan pakaian. Bagi kita tentu lebih memilih bahan kain yang halus dan lembut sehingga nyaman di kulit kita dibandingkan dengan bahann kain yang kasar yang akan membuat kita tidak nyaman dalam pemakaiannya.

4. Bahannya tebal, bahkan lebih tebal dibandingkan dengan kain jersey. Kelebihan bahan yang tebal ini adalah tidak menerawang sehingga cocok untuk busana muslimah. Namun jika Sahabat ingin lebih aman maka perlu ditambahkan lapisan dalaman atau furing.

5. Ringan sehingga tidak membuat pemakainya merasa berat dengan memakai pakaian dari kain misby ini.

6. Kainnya anti kusut, sama dengan ciri khas bahan jersey. Dengan karakteristik ini Sahabat tidak perlu untuk menyeterikanya setiap habis dicuci, cukup dengan dilipat dengan rapid an disimpan di lemari pakaian saja.

Baca Juga:  Inilah Bahan dan Warna Populer Untuk Busana Muslim Syar’i 2017

7. Bahan ini cenderung dingin dipakai sehingga nyaman digunakan baik sebagai busana sehari-hari maupun saat melakukan perjalanan.

8. Banyak warna dan motif yang ditawarkan. Ada banyak pilihan warna dari yang cerah sampai dengan gelap untuk bahan kain misby ini sehingga tidak perlu kuatir bagi Sahabat untuk memilih warna yang disukai atau diperlukannya.

9. Harganya sedikit lebih mahal. Inilah yang menjadikan bahan misby sepertinya lebih sedikit yang memilihnya karena harganya yang lumayan mahal. Tetapi jika melihat karakteristiknya yang bagus sebenarnya tidak terlalu masalah dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan bahan kain yang sejenis.

Nah demikianlah beberapa ciri dan karakteristik dari kain misby yang sebenarnya bagus sekali dipakai untuk membuat busana muslimah seperti baju gamis syar’i, abaya dan model busana lainnya.

Penggunaan Bahan Kain Misby

Untuk penggunaan dari bahan kain misby ini hampir sama dengan bahan jersey bagi muslimah yaitu dijadikan busana seperti baju gamis syar’i dan abaya. Dengan beragam warna yang menarik dan juga bermacam corak yang ditawarkan menjadi satu nilai plus bagi kain ini untuk menjadi salah satu kain yang dipilih oleh para desainer dan perancang atau pembuat baju.

Nah Sahabat muslimah sudah mengerti kan bagaimana ciri khas dan karakteristik dari bahan kain misby ini? Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu acuan bagi sahabat semua dalam memilih bahan kain yang baik untuk dijadikan busana muslimah oleh Sahabat. Dan yang terpenting adalah dalam membuat sebuah busana muslimah ini modelnya harus syar’i dan sesuai dengan persyaratan dalam berbusana dalam Islam sehingga nanti akan mendapatkan ridho dan pahala dari Allah SWT. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply