Bahan Katun Jepang, Kelebihan dan Kekurangannya Yang Harus Sahabat Ketahui

Bahan katun jepang adalah salah satu jenis katun yang banyak sekali disukai karena lelebihannya dibandingkan dengan bahan katun yang lain. Walaupun memang harganya yang sedikit lebih mahal, namun lebih memberikan kenyamanan pada penggunanya sehingga tetap saja banyak yang suka. Nah Sahabat Gamisjilbabsyari.com, setelah dalam artikel terdahulu kita sudah membahas bahan katun atau cotton, jenis-jenisnya dan penggunaannya secara umu, maka dalam artikel ini kita akan mengajak Sahabat muslimah untuk mengupas secara mendetail apa itu bahan katun Jepang, dengan tujuan Sahabat nantinya mengetahui secara pasti apa itu katun jepang, ciri-ciri atau karakteristik, kelebihan dan kekurangannya sehingga tidak mudah tertipu saat membeli bahan ini dan juga dapat mengaplikasikannya untuk busana Sahabat sehingga cocok dan sesuai dengan keinginan.

Namun sebelum jauh membahas bahan kain katun jepang ini, maka ada baiknya kita bahas arti harfiah katun secara umum, dimana bahan katun berasal dari kata cotton dalam bahasa inggris yang artinya adalah kapas, sama seperti yang ada dalam pengertian kain katun. Dengan begitu, bisa dinyatakan bahwa kain katun adalah kain yang terbuat dari bahan dasar kapas. Dan memang benar demikian adanya bahwa kain tersebut terbuat dari serat kapas yang kemudian dipintal menjadi benang, dan kemudian benang tersebut dirajut sehingga bisa menghasilkan kain yang dinamakan dengan kain katun. Dan seiring dengan perkembangan teknologi di bidang garment maka hasil pembuatan kain katun ini semakin rapi dan halus serta warna dan corak yang dihasilkan semakin baik dan menarik. Untuk mengetahui jenis-jenis bahan kain katun yang banyak beredar di pasaran, silahkan Sahabat baca di sini.

Apakah Bahan Katun Jepang Itu?

Salah satu kain katun yang menjadi favorit saat ini adalah kain katun Jepang. Untuk para sahabat muslimah yang biasa menggunakan busana gamis, pastinya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan bahan Katun Jepang. Kain ini memiliki ciri dan kelebihan yang pastinya sudah banyak dimengerti para muslimah pengguna busana gamis. Katun Jepang ini termasuh bahan premium, namun harganya masih dapat dijangkau dibandingkan dengan bahan kelas premium lainnya. Namun katun Jepang sendiri tidak diproduksi di Indonesia, melainkan di produksi dari Jepang dan harus di import langsung dari negeri sakura tersebut.

contoh bahan kain katun jepang
contoh bahan kain katun jepang

Bahan katun sebenarnya ada banyak macamnya yang biasa digunakan untuk membuat busana muslimah seperti katun rayon, katun Cina, katun Bangkok, dan lainnya. Tetapi karena katun jepang ini sudah terkenal dengan kehalusannya dan juga kenyamanan dalam pemakaiannya menjadikan bahan kain ini lebih terkenal dan banyak dipilih dibandingkan jenis lainnya.

Ciri-ciri Bahan Katun Jepang

Sebagai bahan kain premium tentunya sahabat penasaran dengan ciri-ciri atau karakteristik bahan katun jepang ini. Ciri-ciri dari bahan ini antara lain:

  • Bahan katun jepang mempunyai serat kain yang lembut
  • Terbuat dari 90-100% katun kualitas premium
  • Warna mengkilap atau glossy, warna tidak luntur dan tidak mudah pudar
  • Di bagian sisi ujung bahan terdapat tulisan “Japan design”, jika tidak maka biasanya terdapat kode warna pada kain tersebut
  • Daya serap keringat lebih bagus dibanding katun biasa
  • Harga Katun Jepang lebih mahal dibanding katun biasa
  • Permukaan kain katun jepang lebih halus

Kelebihan Dari Bahan Katun Jepang

Kelebihan yang bisa didapatkan saat sahabat muslimah membeli bahan katun ini atau saat membeli busana muslimah yang terbuat dari katun jepang adalah sebagai berikut:

  • Bahan katun jepang mempunyai serat kain yang lembut sekali dibandingkan yang lain.
  • Warna dari bahan ini lebih mengkilap atau glossy, serta lebih cerah dibandingkan katun yang lainnya.
  • Untuk perawatannya relatif lebih mudah dibandingkan jenis kain lainnya.
  • Warna dari bahan katun jepang ini tidak mudah luntur ataupun pudar meski telah di cuci berkali-kali.
  • Memiliki daya serap keringat yang lebih baik dibandingkan dengan bahan katun lainnya, sehingga jika dipakai akan terasa lebih nyaman dan dingin. Hal itu dikarenakan katun Jepang 100% bahannya terbuat dari katun dengan kualitas premium di kelasnya.
  • Bahannya tidak berbulu meskipun disikat saat membersihkannya, sehingga tetap terlihat bagus dan berkelas.
  • Permukaan dari bahan katun Jepang sendiri terasa lebih halus dan lembut di bandingkan katun jenis lain, maka dari itu banyak yang menyukai katun Jepang sebagai bahan utama pembuatan pakaian mereka.
  • Ada banyak motif dan warna dari katun ini sehingga ada banyak pilihan bagi para penggunannya.
bahan katun jepang
bahan katun jepang

Kekurangan Bahan Katun jepang

Selain kelebihan, tentunya akan ada kekurangan yang didapat dari bahan katun ini. Kekurangannya adalah:

  • Bahan katun jepang ini sangat rentan terhadap asam mineral maupun asam organik yang biasa digunakan untuk memperindah tenunan, sehingga penggunaan asam ini harus dihindari.
  • Kain ini kurang kenyal sehingga mudah kusut, sehingga memerlukan perawatan yang lebih intensif
  • Ukuran bahan ini juga mudah menyusut saat dicuci, sehingga jika Sahabat muslimah akan membuat busana dari bahan katun jepang ini, berilah ukuran yang agak lebih besar sehingga saat menyusut nanti ukurannya tidak menjadi terlalu kecil untuk badan Anda.
  • Kain ini tidak terlalu tahan dengan kondisi lingkungan yang lembab karena akan rusak, oleh karena itu simpanlah dalam kondisi kering dan ditempat yang tidak lembab.

Penggunaan Bahan Katun Jepang

Bahan katun jepang ini banyak digunakan karena kelembutan dan kualitasnya yang memang bagus, dan juga warnannya yang cerah dan banyak pilihannya. Oleh karena itu sebagian besar penggunaan dari bahan ini adalah untuk busana wanita yang memang lebih menyukai kenyamanan dan juga keindahan. Biasanya bahan ini dipakai untuk busana muslimah seperti baju gamis, baju kerja, rok, mukena dan sebagainya.

Harga Dari Bahan Katun Jepang

Untuk harga dari bahan katun jepang ini memang lebih mahal dibandingkan dengan harga kain katun lainnya, namun sahabat muslimah tidak akan kecewa saat membelinya karena kualitas yang didapat akan sebanding dengan harganya. Jika sahabat muslimah ingin membeli bahan ini dengan harga yang lebih murah, coba Sahabat datangi pusat-pusat perbelanjaan kain yang banyak menjual kain grosir maupun eceran seperti di Pasar Tanah Abang Jakarta atau di Bongkaran Surabaya. Umumnya mereka menjual dengan harga antara 30 ribu sampai dengan 34 ribu rupiah untuk semeternya, namun ada juga toko yang menjual serian, dimana jika dalam satu seri motif ada 4 warna maka Sahabat diharuskan membeli keempat roll warna tersebut. Tapi harganya pasti jauh lebih murah. Biasanya yang membeli kain serian ini adalah produsen-produsen busana yang akan memproduksi pakaian dengan jumlah banyak.

Demikianlah Sahabat Gamisjilbabsyari.com informasi yang dapat kami sharing tentang bahan kain katun jepang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply