Apakah Kain Katun Rayon Itu? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Kain katun rayon, mungkin Sahabat Muslimah masih ada yang belum mengetahui tentang jenis kain ini, ciri-cirinya, kelebihan dan kekurangannya, serta penggunaan dari bahan kain ini untuk busana terutama busana muslimah. Nah dalam artikel ini akan kami coba untuk mengulas lebih detail tentang bahan kain katun rayon ini.

bahan katun rayon
bahan katun rayon. image credits: aliexpress.com

Bahan katun rayon ini sering diistilahkan dengan “cotton rayon blend fabric”, yang berarti kain yang dibuat dari pencampuran antara dua buah serat kain yaitu serat kapas atau katun/ cotton dengan serat rayon, dan menjadikannya sebagai kain katun rayon ini.

Untuk serat rayon sendiri adalah serat kain yang dibuat dari hasil regenerasi selulosa. Hal ini terjadi dimana serat rayon tersebut dibuat dari selulosa yang dimurnikan, yaitu berasal dari pulp kayu yang secara kimia dibuat menjadi senyawa larut, dan kemudian dilarutkan dengan cara disemprotkan melalui alat spinneret sehingga dapat memproduksi filamen yang dipadatkan secara kimia. Karena proses pembuatannya yang melibatkan proses alami dan proses kimia maka  serat rayon bisa disebut sebagai serat semi sintetik.

Ciri-ciri atau Karakteristik Bahan Katun Rayon

Ciri-ciri bahan katun rayon yang dapat kita rasakan secara langsung adalah sebagai berikut:

  • Tekstur bahannya agak licin dan ringan
  • Mudah jatuh
  • Terasa adem sehingga nyaman digunakan.
  • Bahan katun rayon mudah menyerap keringat.

Kelebihan Kain Katun Rayon

Jika kita sebelumnya telah mengulas tentang kain katun dan kelebihannya, maka dalam artikel ini kita akan mendapatkan informasi tentang kelebihan dari bahan kain katun rayon, yang merupakan kombinasi dari bahan serat katun dan serat rayon. Kelebihannya antara lain:

  • Bahan katun rayon lebih bercahaya dan berkilau
  • Teksturnya lebih lembut dan halus di kulit dibandingkan dengan bahan katun biasa
  • Daya tahan bahan katun rayon lebih baik sehingga lebih awet dibandingkan bahan katun biasa
  • Perawatannya relatif lebih mudah

Kekurangan dari Bahan Katun Rayon

Jika ada kelebihan maka tentunya ada juga kekurangan dari bahan katun rayon ini, karena tentunya kita tidak dapat membuat suatu bahan yang sempurna tanpa kekurangan. Olleh karena itu manusia hanya dapat membuat suatu bahan kain yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan dengan meminimalisasi kekurangan yang timbul pada bahan tersebut. Kekurangan dari bahan katun rayon ini sendiri adalah mudah kusut, sehingga perlu mendapatkan perawatan seperti pelican atau diseterika setelah dicuci sehingga bahan tetap licin dan tidak kusut.

Penggunaan dan Aplikasi dari Bahan Katun Rayon

Ada banyak sekali penggunaan dari bahan katun rayon ini, mulai dari busana muslimah seperti baju gamis syar’I, rok, atasan dan bawahan, baju santai dan sebagainya. Hal ini karena sifat dari katun rayon yang dingin dan lembut dipakai sehingga mudah untuk diaplikasikan menjadi busana.

Harga kain Katun Rayon

Untuk harga kain katun rayon yang beredar dipasaran saat tulisan ini dibuat agak bervariasi, mulai dari harga Rp. 32.000 untuk jenis kain katun rayon monochrome biasa, Rp. 34.000 untuk bahan motif bunga dan polkadot sampai dengan Rp. 37.500 per meter untuk bahan katun rayon motif tertentu.

bahan kain katun rayon
bahan kain katun rayon

Jadi untuk harga ini akan merujuk dari ketebalan bahan kain, lebar kain (yang biasanya adalah 1.5 meter) dan juga kualitas dan pabrik pembuatnya.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan untuk sahabat muslimah gamisjilbabsyari.com tentang bahan kain katun rayon, semoga dapat menambah wawasan tentang dunia kain sehingga tidak salah pilih dalam membeli. Semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber.

Leave a Reply