Inilah 10 Makanan Utama Pemicu Keputihan Pada Wanita

GamisJilbabSyari.com – Keputihan merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang banyak dialami oleh wanita berusia produktif. Keluhan ini berupa rasa yang tidak nyaman pada area kewanitaan, dikarenakan kondisi area kewanitaan yang basah, gatal dan beraroma yang tidak sedap. Dengan adanya kondisi ini tentunya sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Namun, apakah sahabat muslimah mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan ini?

 makanan penyebab keputihan pada wanita
ilustrasi makanan penyebab keputihan pada wanita. image: internet

Selain masalah kebersihan pada tubuh dan pada pakaian yang digunakan terutama pakaian dalam, ternyata makanan juga menjadi salah satu pemicu atau penyebab utama terjadinya keputihan pada wanita. Jika sahabat muslimah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat maka akan cenderung mudah untuk terjadinya keputihan pada sahabat ini. Nah makanan apakah yang menjadi pemicu terjadinya keputihan itu, berikut ini kami coba ulas 10 makanan utama pemicu terjadinya keputihan pada wanita.

10 Makanan Utama Pemicu Terjadinya Keputihan Pada Wanita

  1. Gorengan

Siapa yang tidak suka dengan gorengan? Makanan berminyak yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima ini tentu sangat menggoda selera para sahabat muslimah, apalagi saat kondisi lapar dan tidak sempat mencari makanan lainnya, maka gorengan yang biasanya terdiri dari banyak jenisnya ini merupakan salah satu makanan pengganjal perut yang banyak dibeli.

gorengan salah satu makanan pemicu keputihan pada wanita
gorengan salah satu makanan pemicu keputihan pada wanita

Namun tahukah sahabat jika gorengan ini sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan kita? Gorengan yang kita beli rata-rata dibuat dari tepung berkualitas rendah atau sedang yang banyak mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga memicu kenaikan gula darah dalam tubuh. Dalam hal ini zat tersebut akan menyebabkan keluarnya lendir yang berlebihan pada area kewanitaan sehingga menjadi keputihan. Selain itu gorenga juga memicu kenaikan kandungan kolesterol jahat pada darah sahabat muslimah. Oleh karena itu, jangan terlalu sering makan gorengan, dan imbangilah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran.

  1. Buah Yang Dikeringkan

Ternyata buah yang sudah dikeringkan juga tidak terlalu baik bagi kesehatan kita lho. Hal ini karena buah tersebut mengandung kadar fruktosa yang sangat tinggi, yang memicu pertumbuhan bakteri pada tubuh kita semakin subur dan tidak terkendali. Jika sahabat muslimah sedang ada masalah di daerah kewanitaan, maka akan menambah kemungkinan sahabat muslimah untuk terkena keputihan ini. Oleh karena itu, hindarilah mengkonsumsi buah yang dikeringkan terlalu banyak atau sering.

buah kering penyebab keputihan
buah kering penyebab keputihan
  1. Mentimun

Makanan lain yang menjadi penyebab terjadinya keputihan adalah terlalu banyak mengkonsumsi mentimun. Kebanyakan memakan mentimun ini ternyata juga memiliki potensi untuk menimbulkan keputihan yang tidak wajar bagi wanita yang sedang hamil. Karena jika kita tahu secara pasti, mentimun sebenarnya merupakan larangan bagi ibu yang sedang hamil, karena dengan tingkat konsumsi yang berlebihan akan meningkatkan produksi hormon estrogen hingga naiknya volume lendir, sehingga bisa menyebabkan wanita dengan mudahnya menderita keputihan tidak normal saat sedang masa hamil.

mentimun pemicu keputihan pada wanita
mentimun pemicu keputihan pada wanita
  1. Buah Nanas

Buah nanas ini memang sudah terkenal sebagai buah yang tidak bagus dikonsumsi oleh wanita yang menginginkan keturunan, dan menjadi pantangan bagi wanita yang sedang hamil. Selain merupakan makanan yang menyebabkan keputihan, nanas juga merupakan makanan penyebab keguguran yang perlu dihindari oleh ibu hamil.

buah nanas penyebab keputihan pada wanita
buah nanas penyebab keputihan pada wanita

Beberapa alasan nanas merupakan salah satu makanan yang menyebabkan keputihan adalah kandungan asam dalam buah ini dapat meningkatkan asam lambung. Asam lambung yang meningkat dapat membuat reaksi pengaktifan bakteri. Jika hal ini terjadi tentu saja dapat menyebabkan makanan menjadi busuk di dalam lambung. Akibatnya makanan tersebut dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk lendir (keputihan).

  1. Keju

Penyebab terjadinya keputihan lainnya adalah terlalu bayak mengkonsumsi keju.  Keju biasa kita temukan di dalam makanan yang berasal dari barat atau western, seperti macaroni cheese atau yang lainnya. Keju memang mengandung banyak kalsium yang tentunya sangat baik untuk tulang, tapi jika seorang wanita mengkonsumsi keju secara berlebihan setiap harinya maka bisa menyebabkan keputihan.

keju dapat menyebabkan keputihan pada wanita
keju dapat menyebabkan keputihan pada wanita
  1. Makanan Dalam Kemasan / Kaleng

Makanan dalam kemasan atau kaleng ini ternyata juga banyak menmbulkan masalah kesehatan bagi manusia, terutama bagi sahabat muslimah, makanan ini banyak memicu terjadinya keputihan.

makanan kaleng penyebab keputihan
makanan kaleng penyebab keputihan

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini membuat manusia mampu mengolah dan mengawetkan makanan ke dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan menciptakan makanan kalengan. Dengan makanan yang disimpan dalam kaleng ini akan tahan lama sampai beberapa bulan, bahkan tahun. Namun ternyata makanan ini tidak terlalu baik bagi kesehatan, karena mengandung banyak pengawet dan juga tinggi kandungan gula yang akan menimbulkan masalah keputihan bagi sahabat muslimah yang terlalu sering mengkonsumsinya.

  1. Makanan Yang Mengandung Ragi

Makanan yang memiliki kandungan ragi merupakan makanan yang dibuat melalui proses fermentasi. Seperti yang Anda ketahui makanan yang difermentasi tentunya membutuhkan bakteri, dan bakteri merupakan salah satu penyebab munculnya keputihan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membatasi dan menghindari makanan yang mengandung ragi, seperti bir atau minuman beralkohol yang memang haram bagi orang Islam untuk mengkonsumsinya, jamur, keju dan juga pasta tomat.

makanan mengandung ragi pemicu keputihan
makanan mengandung ragi pemicu keputihan
  1. Gula

Jika sahabat muslimah ingin mencegah terjadinya keputihan pada area kewanitaan maka jauhilah makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Makanan dan minuman berkadar gula tinggi ini seperti minuman bersoda dan makanan-makanan yang manis, misalnya permen, donat dan buah-buahan yang mengandung glikemik atau kadar gula tinggi, di antaranya anggur dan pisang. Hal ini disebabkan karena ada istilah “makanan jamur adalah gula”. Jadi gula dapat menambah perkembangan jamur di tubuh kita. Jamur candida albicans bisa tumbuh menjadi tambah subur di vagina jika kita mengonsumsi gula dalam jumlah yang tinggi.

  1. Makanan Pedas

Bagi sahabat muslimah yang suka dengan makanan pedas rupanya harus ikut berhati-hati. Sebab makanan yang memakai bumbu pedas ternyata juga bisa menimbulkan keputihan. Agar daerah kewanitaan sahabat tidak terlalu berlendir, sahabat muslimah bisa menetralisir dengan meminum banyak air putih.

makanan pedas pemicu keputihan pada wanita
makanan pedas pemicu keputihan pada wanita
  1. Kentang, jagung, pisang, serta anggur adalah jenis bahan makanan yang mengandung glikemik tinggi. Bila sahabat muslimah mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara berlebihan dapat memicu terjadinya keputihan.

Demikianlah 10 makanan utama pemicu terjadinya keputihan di daerah kewanitaan sahabat muslimah. Dengan mengetahui makanan pemicu tersebut maka sahabat muslimah akan lebih berhati-hati dan menjaga pola makan sehari-hari. Dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan olahraga yang cukup maka sahabat insya Allah akan terhindar dari keputihan dan penyakit lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply