Home Kecantikan 5 Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Agar Bersih, Sehat dan Bebas Jerawat

5 Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Agar Bersih, Sehat dan Bebas Jerawat

3
1830

Sahabat muslimah, mempunyai wajah yang bersih berseri, sehat dan bebas jerawat merupakan dambaan setiap manusia. Dan untuk mendapatkan semua itu sebenarnya hal yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal, namun perlu kita melakukan kegiatan yang teratur untuk mencapainya. Salah satunya adalah jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, itu sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita.

Memang sahabat, banyak sekali beredar di pasaran produk perawatan kulit seperti krim kulit dan yang lainnya yang menjanjikan kesehatan dan kebersihan kulit serta bebas dari jerawat. Namun itu semua hanya akan bertahan sementara saja, dan banyak efek buruk yang menanti saat produk kecantikan itu ternyata tidak cocok bagi kulit kita. Yang paling penting adalah menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh serta gaya hidup yang menjadi penyebab timbulnya beberapa masalah pada kulit kita termasuk jerawat. Lalu bagaimana cara kita merawat kulit agar bersih dan bebas dari jerawat? Nah berikut ini beberapa tips mudah yang dapat kita lakukan, yaitu:

1.Banyak makan makanan yang mengandung vitamin A.
Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Fungsi utama dari vitamin A ini adalah untuk pertumbuhan sel yang optimal dan regenerasi kulit. Selain itu juga berfungsi sebagai antioksidan, yang menawarkan aktivitas anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan. Pigmen vitamin A yang sering disebut beta-karoten banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, sedangkan asam retinoat ditemukan dalam daging.

Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A ini memiliki ciri-ciri berwarna merah, orange dan kuning. Oleh karena itu, perbanyaklah mengkonsumsi buah yang bewarna merah, orange dan kuning serta sayuran hijau dan juga daging ya…

2.Perbanyak Makan makanan yang mengandung Seng atau Zinc
Salah satu mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kita adalah Zinc, yang lebih kita kenal dengan Seng. Zinc merupakan bagian dari ratusan reaksi enzimatik di dalam tubuh kita.

Baca Juga:  Tenyata Bawang Putih akan Menghindarkan Resiko Tekanan Darah Tinggi

Jika kulit wajah Sahabat terkena jerawat, maka mineral Zinc ini sangat bermanfaat karena dapat mengobati jerawat. Mineral Zinc Selain daging dan tiram, juga ditemukan dalam biji wijen, biji labu dan buncis.

3. Memakan makanan rendah Indeks Glikemik
Indeks Glikemik atau Glycemic Index (GI) adalah skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar gula darahnya,dan skala yg digunakan adalah 0-100. Makin tinggi indeks glikemik suatu makanan, makin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah.

Para peneliti telah menemukan bahwa memakan makanan rendah GI dapat membantu mengurangi hormon jerawat. Selain itu kalau kita rajin mengkonsumsi makanan rendah GI akan mengurangi produksi minyak pada kulit, sehingga kulit wajah bersih dan sehat. Manfaat yang lain adalah banyak peserta studi melihat manfaat tambahan dari diet rendah GI yaitu penurunan berat badan.

4. Gantilah Minuman Susu Sapi dengan Yoghurt
Sahabat Qorina, penelitian terakhir menunjukkan bahwa meminum susu sapi dapat meningkatkan potensi keluarnya jerawat pada wajah kita, akan tetapi sebaliknya penelitian juga menyebutkan bahwa rajin mengkonsumsi produk fermentasi susu (yoghurt) justru dapat mengurangi jerawat dan peradangan. Jadi banyak konsumsi yoghurt ya Sahabat…

5.Makan Makanan yang Kaya Probiotik
Tubuh manusia rata-rata berjumlah 1013 sel. Sel-sel epitel seperti sel kulit memiliki rambut dan bakteri, yang digolongkan sebagai mikrobiom, untuk melindungi tubuh dari adanya infeksi. Bakteri-bakteri tersebut beragam jenis dan jumlahnya sangat banyak, 10x lebih banyak dari jumlah sel manusia. Sebagian besar dari mikrobiom hidup di saluran pencernaan. Mereka memberikan manusia imunitas, vitamin/hormon, dan kesehatan maupun fitness secara keseluruhan.

Bakteri baik dalam usus kita perlu dipelihara untuk mendukung kesehatan. Probiotik dapat membantu menjaga microbiome yang sehat, yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Secara teratur makanlah makanan yang kaya probiotik seperti yoghurt plain, kefir, susu fermentasi, atau bahkan kombucha. Dapat juga memakan biji chia, biji rami, dan gandum yang menyediakan energi untuk bakteri baik.

Baca Juga:  7 Penyebab Rambut Kering Yang Sering Terjadi Pada Muslimah

Lengkapi perawatan dari dalam dengan perawatan dari luar dengan menggunakan lulur wajah atau bisa juga masker yang terbuat dari bahan-bahan alam. Banyak pilihan bahan alam yang bisa kita jadikan pilihan sebagai bahan dasar pembuat masker. Cara membuatnya pun cukup mudah. Misalnya; beras, kita cukup mencuci beras dan diamkan air bekas cucian beras tersebut selama kurang lebih 7 jam, nanti endapan air bekas cucian beras tersebut bisa kita pakai sebagai bahan dasar masker atau bisa juga langsung diaplikasikan sebagai masker.

Bahan yang lain bisa kita pilih buah pisang, alpukat, putih telur, bubuk kopi, yoghurt, dll. Cara membuatnya juga tidak kalah mudahnya dengan cara membuat masker beras. Untuk buah-buahan, lumat halus dan balurkan ke wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Namun, untuk sahabat yang ingin praktis dan tidak perlu repot, sekarang sudah cukup banyak produk perawatan wajah alami yang bisa kita pilih. Salah satu produk perawatan wajah alami yang kami rekomendasikan adalah lulur wajah kefir madre. Ada dua pilihan; bentuk cream dan bentuk serbuk. Silahkan apabila tertarik bisa menghubungi sales madre untuk mendapatkannya di nomor WA 085791728560.

Penutup

Demikianlah Sahabat, tips dari kami tentang 5 cara mudah merawat kulit wajah agar bersih, sehat dan bebas jerawat, semoga bermanfaat. Anda dapat membaca artikel lain tentang dunia muslimah hanya di gamisjilbabsyari.com

LULUR WAJAH KEFIR

3 COMMENTS

  1. tips yang bagus dan masuk akan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar mendapat kulit wajah yang bersih dan sehat

Leave a Reply

%d bloggers like this: