Sedang Diet? Inilah Makanan Enak nan Sehat Yang Patut Sahabat Coba!

0
85

Menjaga pola makan yang sehat saat sedang diet merupakan suatu tantangan yang harus dapat sahabat lalui agar proses diet dapat berlangsung dengan lancar. Apalagi jika sahabat hanya mengenal makanan yang biasa dikonsumsi saat diet adalah makanan yang itu-itu saja, maka diet terasa sangat membosankan dan menyedihkan.

Namun jangan bersedih, karena sebenarnya masih banyak makanan sehat yang enak dan dapat dikombinasikan ke dalam menu diet sahabat, sehingga sahabat tetap dapat menikmati makanan enak dan lezat tapi juga sekaligus menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh agar terjaga porsi den kandungan vitamin dan nutrisinya sesuai dengan yang sahabat inginkan.

Nah bagaimanakah menu makanan sehat yang pas untuk diet namun juga tetap enak bagi lidah sehingga sahabat tidak merasa jenuh dan bosan? Berikut ini adalah listnya, dimana selain sehat dan enak di lidah, kombinasi makanan ini juga tetap enteng di kantong alisa murah:

  1. Sushi dan Teh Hijau

Sudah dikenal luas bahwa sushi yang merupakan makanan asli dan berasal dari jepang ini merupakan makana yang kaya akan protein yang sangat kita butuhkan.

sushi dan teh hijau untuk diet
sushi dan teh hijau untuk diet. image: ahloo.com

Jika dikombinasikan dengan teh hijau yang dipercaya bagus untuk tubuh terutama berfungsi sebagai zat pembersih dari merkuri dan zat berbahaya lainnya yang kuatirnya terdapat pada ikan mentah  yang terdapat pada sushi. Maka kita akan mendapatkan protein tinggi dan bebas dari bahaya zat beracun dan kimia.

  1. Apel dan Semangka

Kalau kamu suka apel dan semangka, berbahagialah. Kamu bisa menjadikan keduanya sebagai menu wajib kala diet.

diet dengan buah apel dan semangka
diet dengan buah apel dan semangka. image: harianindo.com

Kandungan nutrisi pada apel sangat tinggi, ditambah zat pembakar lemak dari semangka. Dijamin, perut buncitmu akan cepat hilang.

  1.  Tomat dan Kacang-kacangan

Dari kedua jenis makanan ini kita akan mendapatkan banyak manfaat. Kandungan vitamin C pada tomat serta zat besi pada kacang-kacangan menjadi kunci kekuatan tubuh. Kombinasi ini juga membantu kinerja otak.

tomat dan kacang-kacangan sangat bagus untuk kesehatan
tomat dan kacang-kacangan sangat bagus untuk kesehatan. image: klikdokter.com

Selain berfungsi bagi kesehatan, tomat dan kacang-kacangan juga akan membantu sahabat merasa cepat kenyang.

  1. Ubi dan Yogurt

Sudah banyak yang mengetahui bahwa makanan enak yang terbuat dari ubi ini banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk yang sedang diet karena kegemukan, ubi mengandung insulin yang rendah. Hal ini bisa membantu membuat pinggang menjadi cepat mengecil. Sedangkan kandungan protein pada yoghurt sangat baik untuk tubuh. Tak hanya itu, yoghurt juga mengandung antioksidan untuk mengatur kadar gula dalam darah.

ubi dan yoghurt, selain enak juga mengehatkan
ubi dan yoghurt, selain enak juga mengehatkan. image: dreamer.id

Oleh karena itu, kombinasi antara ubi dan yogurt ini sangat baik untuk menjaga kadar gula darah terutama bagi orang yang menderita diabetes.

  1. Teh Hijau dan Lemon

Memang teh hijau banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Untuk menambah daya tahan tubuh dan juga melindungi dan membersihkan tubuh dari oksidan-oksidan yang didapatkan saat beraktifitas, sahabat dapat mencampurkan antara teh hijau dengan perasan air lemon dan dikonsumsi pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

teh hijau dan lemon untuk diet
teh hijau dan lemon untuk diet. image: vemale.com

Hal ini akan membantu membersihkan tubuh karena kandunagn keduanya akan bermanfaat sebagai anti oksidan dan menambah daya tahan tubuh.

  1. Pisang dan Yogurt

Mengkonsumsi pisang yang dikombinasikan dengan yoghurt ini, selain rasa makanan enak tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk pembentukan mass otot karena pada kedua makanan ini terdapat hormon insulin yang tinggi.

pisang dan yoghurt sangat baik untuk diet
pisang dan yoghurt sangat baik untuk diet. image: internet

Sahabat dapat mengkonsumsi keduanya saat setelah berolah raga atau melakukan fitnes.

  1. Telur dan Lemon

Air lemon memang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tak hanya bagus saat dicampur dengan teh hijau, lemon juga bagus dikombinasikan dengan telur. Hal ini terjadi karena protein dalam telur membantu memperlambat penyerapan glukosa dari air lemon.

kombinasi telur dan lemon untuk diet
kombinasi telur dan lemon untuk diet. image: cantikalamiah.com

Efeknya adalah kita akan merasa cepat kenyang dalam waktu yang cukup lama. Alhasil, kita terhindar dari nafsu makan yang berlebihan.

  1. Roti Gandum dan Kacang

Kacang dan roti gandung dipercaya bagus untuk memperkuat massa otot. Selai kacang mengandung asam amino dan protein yang membantu membentuk otot saat berolahraga.

kandungan roti gandum dan kacang sangat bagus untuk kesehatan saat diet
kandungan roti gandum dan kacang sangat bagus untuk kesehatan saat diet. image: okzone.com

Roti gandum juga akan membuat kita kenyang dalam waktu yang cukup lama.

  1. Salad dan Alpukat

Sahabat semua pasti sudah mengetahui bahwa salad merupakan salah satu jenis makanan enak yang sehat. Selain itu juga menjadi menu favorit saat diet. Salad dini tak melulu harus berisi sayuran semua, tapi sahabat juga bisa menambahkan alpukat dan cuka di dalamnya.

salad buah dan alpukat, selain enak juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh saat diet
salad buah dan alpukat, selain enak juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh saat diet. image: internet

Dengan demikian, tubuh kita akan menyerap lemak dengan lebih mudah. Apalagi kalau sahabat rajin berolahraga. Lemak akan mudah terserap dengan ramuan keduanya.

Demikianlah sahabat  muslimah  tentang makanan enak nan sehat yang patut sahabat coba saat sedang diet. Dengan diet yang menyenangkan maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply