Ingin Belajar Membatik? Inilah Alat dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis

0
127

Gamisjilbabsyari.com – Sudah kita ketahui Bersama bahwa batik merupakan hasil kebudayaan asli dari Indonesia, dimana di tanah air kita tercinta terdapat banyak sekali ragam dan macam hasil batik tradisional dan juga modern. Apalagi di hari jum’at instansi pemerintah dan beberapa perusahaan swasta juga menganjurkan pegawainya untuk menggunakan busana batik. Dan juga pemerintah juga menetapkan setiap tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Nah dengan fakta ini membuktikan bahwa batik merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang harus dilestarikan dan jangan sampai punah dari bumi tercinta ini. Oleh karena itu, melestarikan batik merupakan hal yang sangat dianjurkan. Salah satu cara melestarikannya adalah dengan mengetahui bagaimana cara membatik, dan juga harus mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membatik.

Apakah Batik Itu?

Sebelum melangkah lebih jauh tentang alat dan bahan untuk membuat batik terutama batik tulis, alangkah bagusnya pengertian batik ini kita kupas tuntas dahulu sebagai berikut.

Kata batik jika dilihat dari bahasa berasal dari dua kata Jawa yaitu “amba” (menulis) dan “nitik” (membuat titik). Sedangkan secara definisi, batik adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam sebagai perintang warna. Tujuan perintang warn aini adalah agar warna tidak masuk dalam kain (wax-resist dyeing). Kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut yang termasuk menggunakan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan disebut batik.

Batik Indonesia sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkandung di dalamnya, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Oleh karena itu setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional sebagaimana sudah dijelaskan diatas.

Teknik Membuat Batik Tulis

Batik jika dilihat dari cara pembuatannya dibagi menjadi beberapa teknik yaitu batik tulis, batik cap danbatik kombinasi tulis dan cap. Sebenarnya ada lagi teknik batik yaitu batik printing, namun jika dipelajari lebih dalam printing ini tidak masuk dalam teknik membatik karena dibuatk dengan mesin dan hamper tidak ada proses pengerjaan membatik dengan tangan atau manual. Sehingga banyak orang yang menyebutkan bahwa printing ini masuk ke kain motif batik saja.

Membuat batik tulis adalah seni melukis dengan tangan menggunakan peralatan membatik seperti canting dan juga hati. Maksudnya pada setiap goresan bersambungan erat dengan hati sanubari sang pembatiknya. Alangkah tinggi nilai seni batik tulis, mengingat betapa besar kearifan yang tersimpan di dalam kerumitan penciptaannya dan pemaknaan yang disiratkan. Namun, walau corak sama, dua karya batik tulis tidak akan pernah persis sama. Motif dan ornamentasi yang terkandung dalam batik memiliki tingkat kompleksitas yang sangat menarik. Batik merepresentasikan ornamentasi yang unik dan rumit dalam corak dan warna dan bentuk-bentuk geometris yang ditampilkannya. Terkadang saking rumitnya pola dan dalamnya makna yang terkandung dalam motif batik tulis tersebut, sang pembatik memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan satu kain batik saja, dan harganya juga bisa menjadi sangat mahal. Selain itu ada juga batik tulis yang hanya dibuat khusus untuk keluarga keraton atau bangsawan saja dan tidak dijual bebas ke masyarakat umum.

Baca Juga:  Tetap Tampil Gaya Dengan Gamis Syar'i Terbaru

Alat dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis

Sebagai teknik membatik yang paling tua yaitu batik tulis, berikut ini adalah alat dan bahan yang digunakan untuk membuat batik tulis yaitu:

1. Gawangan

Gawangan atau rangka adalah alat yang digunakan untuk menyangkutkan dan membentangkan kain saat sedang dibuat batik.

ilustrasi gawangan batik
ilustrasi gawangan batik. image:jnjbatik.com

Desain dari gawangan dibuat simpel, ringan dan kuat agar mudah dipindah-pindah. Bahannya terbuat dari dari kayu atau bambu sesuai dengan ketersediaan bahan baku dari pengrajin batik.

2. Bandul

Bandul atau biasa disebut dengan pemberat. Alat ini dibuat dari timah, kayu, atau batu yang diberi kantong.

ilustrasi bandul batik
ilustrasi bandul batik. image: blogger.com

Fungsi bandul ini adalah untuk menahan kain yang sedang dibatik agar tidak mudah tergesar karena tertiup angin atau karena tarikan si pembatik secara tidak sengaja.

3. Wajan

Wajan adalah alat yang digunakan untuk mencairkan malam. Wajan dibuat dari logam baja, aluminium atau bisa juga dari tanah liat.

contoh wajan batik dan kompornya
contoh wajan batik dan kompornya. image: bukalapak.com

Wajan sebaiknya bertangkai supaya mudah diangkat dan diturunkan dari perapian tanpa menggunakan alat lain.

4. Kompor

Kompor seperti pada umumnya adalah alat untuk membuat api. Biasanya para pembatik menggunakan kompor yang berbahan bakar minyak. Tapi ada juga lho yang menggunakankompor listrik dan kompor gas khusus untuk membatik. Hal ini tergantung dari selera masing-masing pembatik saja.

5. Taplak

Taplak adalah kain yang digunakan untuk menutupi paha si pembatik supaya tidak kena tetesan malam panas sewaktu canting ditiup, atau waktu membatik. Sahabat tidak mau kan jika tiba-tiba malam yang masih panas menetes ke paha atau kaki? Lumayan bisa membuat kulit agak gosong sedikit, dan juga bisa membuat kaget karena kepanasan. Selain menggunakan kain, taplak bisa juga menggunakan koran atau bahan lain seperti karet.

6. Saringan malam

Ini adalah salah satu alat yang sangat penting agar pola hasil batik terlihat bagus dan rapi. Saringan malam adalah alat untuk menyaring malam panas yang banyak kotorannya.

contoh saringan malam
contoh saringan malam. image:suaramerdeka.com

Jika malam disaring, maka kotoran dapat dibuang sehingga tidak mengganggu jalannya malam pada ujung canting sewaktu dipergunakan untuk membatik. Hal ini tentunya akan menambah kelancaran dan juga kerapian dalam proses membatik.

Baca Juga:  Inilah Tips Berhijab Untuk Pemula Agar Nyaman dan Istiqomah

7. Canting

Canting adalah alat yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan malam panas. Canting dapat dibuat dari tembaga dan bambu sebagai pegangannya. Canting ini dipakai untuk menuliskan pola batik dengan cairan lilin. Dunia mengakui canting sebagai alat yang lahir dari kearifan lokal asli Indonesia, bagian dari tradisi seni batik sebagai warisan budaya yang tak berujud. Canting dibuat dengan mempertimbangkan presisi agar malam yang keluar dari mulut canting dapat mengalir lancar sehingga hasil pembatikan dapat sesuai dengan yang diharapkan.

contoh canting batik
contoh canting batik. image:lazada.com

Berdasarkan kegunaannya ada 3 jenis canting yang harus disiapkan pada waktu membuat batik tulis yaitu: canting untuk menulis atau nglowong, canting untuk nembok, canting untuk isen-isen atau cecek. Ada juga canting cap dan canting listrik.

8. Kain Mori

Kain mori adalah kain yang dipakai untuk membuat batik. Kain mori ini umumnya terbuat dari katun. Kualitas kain mori bermacam-macam, dan jenisnya sangat menentukan baik buruknya kain batik yang dihasilkan.

contoh kain mori untuk batik
contoh kain mori untuk batik. image:bahankain.com

Mori yang dibutuhkan sesuai dengan panjang pendeknya kain yang dikehendaki. Jenis kain mori yang dipakai untuk membatik adalah: kain primissima (terbaik), prima (sedang), Belacu (rendah), Belacu Abu-abu (buruk).

9. Lilin atau Malam

Lilin atau malam adalah bahan yang dipergunakan untuk membatik. Sebenarnya malam tidak habis (hilang), karena akhirnya diambil kembali pada proses mbabar, proses pengerjaan dari membatik sampai batikan menjadi kain. Malam yang dipergunakan untuk membatik berbeda dengan malam atau lilin biasa.

contoh malam untuk batik
contoh malam untuk batik. image:tokopedia

Malam untuk membatik bersifat cepat menyerap pada kain tetapi dapat dengan mudah lepas ketika proses pelorotan. Kita juga bisa membuat malam sendiri lho, bahan-bahan yang digunakan gondorukem (sejenis resin dari pohon cemara), microwax, lemak binatang, lilin kote (dari sarang tawon), parafin, mata kucing (sejenis tanaman), lilin gladagan (malam hasil daur ulang dari proses nglorod). Malam mudah didapatkan di pasar tradisional. Komposisi malam bisa berbeda dari daerah satu dengan daerah lainnya.

10. Pola

Pola adalah sebuah motif batik dalam kain ukuran tertentu sebagai contoh motif batik yang akan dibuat.

contoh menggambar pola batik
contoh menggambar pola batik. image:tumpi.id

Pola bisa dibuat langsung pada kain dan bisa juga menyalin dari pola yang sudah ada.

11. Pewarna batik

Pewarna batik adalah zat warna tekstil yang dapat memberi warna pada batik. Biasanya pewarna yang digunakan adalah warna alam dan warna sintetis.

contoh pewarna batik
contoh pewarna batik. image:batikbumi.net

Zat warna sintetis biasanya berupa napthol, indigosol, procion,direk dan lain sebagainya. Zat warna alam berupa kulit kayu tingi, kulit kayu tegeran, kayu nangka, daun alpukat dan lain sebagainya.

Nah demikianlah sahabat gamisjilbabsyari.com bahan dan alat untuk membuat batik tulis yang dapat kami jelaskan dalam artikel ini, semoga dapat menambah pengetahuan tentang batik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply