Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Resep Masakan Resep dan Cara Membuat Es Cendol Dawet plus Nangka

Resep dan Cara Membuat Es Cendol Dawet plus Nangka

Inilah resep dan cara membuat es cendol dawet yang pastinya Sahabat Muslimah sudah biasa atau pernah minum. Ya hidangan es cendol yang satu ini memang sangat cocok jika diminum saat siang hari yang panas dan terik, atau juga saat berbuka puasa seperti sekarang.

es cendol dawet dengan nangka
es cendol dawet dengan nangka. images: phinemo dot com

Es dawet dengan cendol ini merupakan salah satu jenis minuman segar yang banyak dikenal di seluruh penjuru nusantara, bahkan di sebagian besar Asia Tenggara seperti di Myanmar, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia hingga Brunei. Minuman ini terbuat dari bahan dasar tepung hunkwe dan tepung beras yang diberi warna hijau. Warna hijau ini bisa diambilkan dari pasta pandan, atau juga jika Sahabat Muslimah menggunakan daun pandan asli. Biasanya es cendol dawet disajikan dengan sirup gula merah yang berfungsi sebagai penambah rasa manis. Nah agar rasanya semakin nikmat, Sahabat dapat menambahkannya dengan potongan buah nangka seperti resep di bawah ini.

resep dan cara membuat es cendol dawet
resep dan cara membuat es cendol dawet. images: youtube

Nah bagaimana Sahabat Muslimah apakah sudah siap untuk membuat minuman es dawet cendol ini? Mari kita siapkan semua bahan dan peralatannya yang dibutuhkan, sebagaimana yang dijelaskan di bawah ini.

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Es Cendol Dawet

1. Bahan Cendol:

Untuk bahan pembuat cendolnya adalah sebagai berikut:

– Tepung beras – 25 gram
– Tepung hunkwe – 120 gram
– Pasta pandan – 1 sdt
– Air – 700 ml
– Garam – 1 sdt
– Es batu – secukupnya

2. Bahan Saus Gula Merah

Sebagai pemberi rasa manis bagi es dawet ini adalah dari saus gula merah, bahannya adalah:

– Gula merah iris halus – 300 gram
– Gula pasir – 100 gram
– Daun pandan – 3 lembar
– Air – 500 ml

Baca Juga:  Resep dan Cara Membuat Kue Serabi Manis Spesial

3. Bahan Saus Santan

Santan berfungsi untuk membuat rasa gurih dan menambah nikmat minuman ini. Bahannya adalah sebagai berikut:

– Santan instan – 500 ml
– Garam – 1 sdt
– Daun pandan – 2 lembar
– Air – 300 ml

4. Bahan Opsional

Buah Nangka secukupnya yang diiris kecil-kecil untuk menambah campuran rasa.

Langkah dan Cara Membuat Es Dawet Cendol Plus Nangka

1. Membuat Saus Santan

Cara membuat saus santan adalah dengan mencampur santan instan, garam dan air sampai tercampur dengan sempurna, kemudian masukkan daun pandan dan masaklah hingga mendidih. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tercampur dengan merata. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan.

2. Membuat Saus Gula

Cara membuat saus gula ini hampir sama dengan saus santan diatas yaitu dengan mencampurkan gula merah yang sudah diiris tipis atau halus, gula pasir, air dan daun pandan sambal dimasak hingga mendidih. Aduk-aduk, kemudian saring sehingga kotoran dari gula merah tidak terbawa, setelah itu dinginkan.

3. Membuat Cendol

Cara membuat cendol dari es dawet ini adalah sebagai berikut:

cara membuat cendol
cara membuat cendol. images: lelong dot my
  • Campur tepung hunkwe, tepung beras, air, pasta pandan, dan garam. Setelah itu aduk hingga merata. Masak semua bahan sambil terus diaduk-aduk hingga adonan meletup-letup dan matang.
  • Siapkan air matang dingin dalam baskom kemudian beri bongkahan es batu di dalamnya. Masukkan adonan cendol yang sudah matang tadi ke dalam cetakan cendol.
  • Tekan pelan-pelan cetakannya. Jangan lupa posisikan cetakan cendol tepat di atas baskom sehingga cendol yang sudah jadi akan langsung masuk ke dalam baskom. Cendol yang keluar dari cetakan cendol akan masuk ke dalam air dingi sehingga akan mengeras.
  • Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Ambillah cendol yang sudah jadi dan tiriskan.
Baca Juga:  Resep Ayam Penyet Khas Jawa Timur

Cara Penyajian Es Dawet Cendol plus Nangka

Cara menyajikan minuman es cendol ini sangatlah mudah. Sahabat tinggal memasukkan beberapa sendok cendol atau sesuai dengan selera Sahabat ke dalam gelas saji. Setelah itu tuangkan saus gula merah dan santan secukupnya.

es cendol dawet plus nangka
es cendol dawet plus nangka. images: travelingyuk dot com

Kemudian masukkan irisan buah nangka secukupnya. Terakhir masukkan es batu. Nah es dawet cendol yang ditunggu pun sudah jadi dan siap dihidangkan pada siang hari yang panas, atau juga sebagai hidangan pelengkap berbuka puasa. Ngomong-ngomong, bagaimana dengan puasa Sahabat Muslimah, masih lengkap kan?

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: