Home Dunia Fashion Bingung Membedakan Bahan Kain Jersey dan Spandex? Bacalah Tulisan Berikut

Bingung Membedakan Bahan Kain Jersey dan Spandex? Bacalah Tulisan Berikut

2
66453

Bahan kain jersey dan spandex merupakan dua diantara bahan kain yang biasa digunakan oleh para produsen busana untuk membuat busana muslimah. Hal ini karena kedua bahan ini mempunyai karakteristik yang banyak disukai oleh para muslimah, dan sangat cocok untuk membuat model busana muslimah casual dan santai, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk penggunaan seragam formal dengan tambahan aksesoris atau model tertentu.

Dengan banyaknya model busana muslimah seperti baju gamis yang menggunakan bahan jersey dan spandex ini tentunya kita harus bisa membedakannya saat akan membeli busana tersebut. Sebab walaupun dilihat secara sepintas terdapat kemiripan diantara keduanya, namun jika kita perhatikan dengan teliti maka akan terdapat perbedaan yang nantinya akan berpengaruh kepada karakteristik, harga, dan kenyamanan dalam pemakaiannya. Selain itu nanti juga berpengaruh terhadap penampilan Sahabat. Oleh karena itu, Sahabat harus mengetahui perbedaan antara bahan kain jersey dan spandex sehingga tidak akan tertipu saat akan membeli busana muslim di butik atau toko busana muslim. Kalau misalkan membelinya lewat toko online yang tentunya kita tidak bisa melihat produknya secara langsung, Sahabat dapat membaca keterangan pada produk busananya atau menanyakannya langsung kepada penjualnya. Baik sekarang saatnya untuk membahas perbedaan antara kedua bahan tersebut. Inilah perbedaan bahan kain jersey dan spandex:

1.Bahan Jersey

Bahan kain jersey ini sangat terkenal antara tahun 2013 sampai dengan 2015, dan pamornya sudah mulai menyusut sekarang, namun masih tetap banyak muslimah yang menggunakan busana muslim dari bahan jersey ini.

bahan kain jersey dan spandex
Contoh bahan kain jersey

Kain jersey sendiri adalah kain dari jenis tekstil rajutan dan terbuat dari katun full atau bisa juga katun dengan campuran sintetis. Bahan jersey merupakan kain cotton strech, dengan permukaan yang halus, lebih tebal dari spandek rayon dan tidak berbulu. Beberapa penggunaan umum untuk kain jersey yaitu t-shirt dan selimut musim dingin. Kain hangat, fleksibel, elastis, dan sangat isolasi, menjadikannya pilihan populer untuk lapisan dikenakan paling dekat dengan tubuh. Untuk busana muslimah juga banyak yang menggunakan jenis bahan jersey ini, namun dengan grade yang bagus dan karekteristik yang lebih tebal dari jenis jersey biasanya.

Baca Juga:  Tips Memakai Khimar Syar’i Bagi Muslimah

Bahan Jersey banyak digunakan orang karena sifat jatuhnya enak, terlihat bagus melekat di lekuk tubuh dan sangat nyaman digunakan. Bahan kain jersey biasanya digunakan pada seragam sepak bola dan juga seragam olahraga lainnya. Namun sekarang ini banyak desainer muslim yang menggunakannya untuk membuat busana muslim seperti baju gamis syar’i, rok atau bawahan, baju atasan,dan juga jilbab instan. Jadi untuk Sahabat yang menyukai busana dengan bahan jersey ini, sebaiknya Sahabat pilih bahan jersey yang bahannya agak berat dan lebih tebal. Sedangkan untuk menghindari kesan pakaian yang melekat dan membentuk lekuk tubuh, pilihlah satu ukuran lebih besar. Selain tidak memperlihatkan lekuk tubuh, Sahabat akan terlihat lebih anggun dan syar’i. Anda juga bisa membaca postingan sebelumnya jika ingin mengetahui lebih lengkap pembahasan tentang bahan jersey dan jenisnya yang harus Anda ketahui.

2.Bahan Spandex

Hampir sama seperti bahan jersey, bahan spandex juga merupakan salah satu alternative sebagai bahan busana muslimah yang banyak dijual di pasaran, dengan berbagai model dan ukuran serta motif. Namun, apa sih sebenarnya bahan spandex itu?

Pengertian dari kain spandex adalah jenis serat sintetis yang tidak bisa berdiri sendiri untuk dijadikan bahan atau kain, tetapi harus digabungkan dengan serat lain agar bisa dibuat kain. Pencampurannya bisa dengan serat sintetis lain seperti poliester maupun dengan serat alam seperti katun. Spandex (Lycra) biasanya dipadukan dengan bahan pakaian lainya, karena kandungannya hanya beberapa persen saja, sehingga sebenarnya adalah suatu hal yang tidak benar bila menyebut suatu nama bahan sebagai bahan spandex. Yang ada adalah benang spandex yang biasa digunakan misalnya untuk bagian atas kaos kaki, atau benang elastis untuk membuat aksesori gelang. Namun karena sudah menjadi hal yang biasa maka tidak mengapa jika banyak yang menyebutnya sebagai bahan atau kain spandex.

Baca Juga:  Inilah Bahan dan Warna Populer Untuk Busana Muslim Syar’i 2017
Contoh bahan spandex
Contoh bahan spandex

Sifat dari bahan spandex ini adalah tidak terlalu tebal, ringan dan elastis sehingga mengikuti bentuk tubuh. Oleh karena itu banyak yang menggunakannya untuk busana senam atau seragam olahraga. Selain itu ada yang menggunakannya sebagai busana muslimah seperti gamis dan juga jilbab instan. Untuk lebih jelasnya dengan bahan ini silahkan baca artikel kami yang berjudul Inilah Bahan Spandek, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Penggunaan Kain Spandex

Perbedaan Bahan Kain Jersey Dengan Spandex

Perbedaan dari bahan kain jersey dan spandex akan mudah terlihat saat kita melihatnya dan juga memegangnya secara langsung. Secara umum ada beberapa perbedaan pada kedua jenis bahan kain ini yaitu:

a. Kain jersey lebih tebal dibandingkan dengan bahan spandex, oleh karena itu banyak yang menggunakan bahan jersey sebagai bahan busana muslimah seperti baju gamis, rok atau bawahan, dan juga jilbab instan. Sedangkan untuk bahan spandex banyak yang menggunakannya untuk bahan jilbab instan.

b. Bahan kain spandex lebih ringan dibandingkan bahan kain jersey. Hal ini menjadikan bahan spandex lebih banyak yang menggunakannya untuk jilbab instan terutama yang banyak dipakai oleh jilbabers, sedangkan bagi muslimah yang biasa menggunakan baju gamis dan jilbab jumbo akan lebih memilih bahan jersey.

c. Bahan kain jersey sifatnya jatuh karena lebih berat, sedangkan bahan spandex yang ringan akan mengikuti bentuk tubuh dan elastis. Bagi para jilbabers yang lebih menyukai kenyamanan (bahan yang ringan) maka akan memilih bahan spandex, sedangkan busana-busana muslim syar’i yang panjang lebih banyak menggunakan bahan jersey.

d. Bahan jersey relatif lebih mahal dibandingkan bahan spandex. Oleh karena itu busana muslimah yang dibuat dari bahan jersey harganya jauh diatas busana muslimah yang dibuat dari bahan spandex.

Demikianlah beberapa perbedaan antara bahan kain jersey dan spandex, sehingga Sahabat dapat mengetahuinya dengan baik, dan tidak mudah tertipu dengan penjual busana muslim yang menyamakan antara bahan jersey dengan spandex. Semoga bermanfaat.

 

2 COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: